Kamis, 23 September 2021

Materi Ajar : Jumat, 24 September 2021

 MATERI AJAR


Kelas              : III
Tema 3           : Benda di Sekitarku 
Sub Tema 2    : Wujud Benda
Hari/Tanggal  : Jumat, 24 September 2021
Pembelajaran : 2


Tujuan Pembelajaran:

Siswa dapat menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari

Siswa dapat mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar ssatuan baku,untuk panjang , berat dan waktu



Assalamalaikum wr wb, good morning anak soleh soleha miss Puji, jangan lupa untuk selalu semangat, mengerjakan murojaah dan solat duha dan 5 waktunya...



kemarin ananda sudah mengerjakan tema 3 subtema 2 pembelajaran 1, hari ini kita masuk ke  tema 3 subtema 2 pembelajaran 2 , di pembelajaran kemarin ananda sudah mempelajari macam-macam wujud benda hari ini kita kan melakukan percobaan wujud benda.

Bahasa Indonesia 3.1

Ayo Membaca

Benda memiliki ciri-ciri yang dapat diamati. 
Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah mengetahui wujud benda. 
Wujud benda dibedakan menjadi tiga, yaitu padat, cair, dan gas.

Ciri-ciri benda antara lain memiliki massa dan ruang (volume). 
Apakah yang dimaksud massa dan volume? 
Siti memperhatikan bola basket dan bola plastik. 
Keduanya sama-sama bola, namun bahannya berbeda.

Menurutmu, bola manakah yang massanya lebih besar? Baca percakapan Siti dengan Ibu guru berikut ini!
Ibu Guru:Anak-anak perhatikan kedua bola di tangan ibu. Kedua bola mempunyai ukuran yang berbeda. Kedua bola bahannya juga berbeda. Menurutmu, bola manakah yang massanya lebih besar?
Siti:Massa, Bu? Apakah massa itu, Bu?
Ibu Guru:Yuk, lakukan percobaan bersama! Letakkan kedua bola pada timbangan. Apakah yang terjadi? Coba, lihatlah.
Udin:Bola basket lebih berat, Bu!
Ibu Guru:Benar, Udin. Bola basket bahan penyusunnya beda dengan bola plastik. Bola basket terbuat dari karet sintesis. Bola plastik terbuat dari plastik. Bola basket lebih berat daripada bola plastik. Banyaknya bahan penyusun yang terdapat dalam benda disebut massa.
Siti:Jadi, bola yang lebih berat memiliki massa lebih besar?
Ibu Guru:Benar, Siti! Massa umumnya diukur dengan satuan gram atau kilogram. Massa diukur dengan alat di bawah ini.
Alat Ukur Berat
Ayo Berlatih
Perhatikan pengukuran massa benda berikut ini! Lingkari pernyataan yang benar!

No.KeteranganGambar
aBalok Y mempunyai massa yang lebih besar dari Balok H.
Balok
bGelas ukur yang berisi air mempunyai massa yang lebih besar dari gelas ukur yang kosong.
Gelas
cBotol B mempunyai massa yang lebih besar dari botol A. Botol B mempunyai berat yang lebih besar dari botol A.
Botol
dBola yang kempes mempunyai massa yang lebih kecil dari bola yang tidak kempes.
Bola
eEnam apel mempunyai massa yang sama dengan satu semangka. Oleh sebab itu, tiga apel mempunyai berat sama dengan satu semangka.
Apel

Berat dan massa mempunyai perbedaan. Massa benda di manamana sama. Namun, berat benda dapat berubah-ubah tergantung gaya tarik bumi di tempat itu. 
  • Gaya tarik bumi disebut juga gaya gravitasi. 
  • Massa adalah banyaknya penyusun yang terdapat dalam benda.
  • Volume adalah ukuran ruang yang ditempati suatu benda.
Contohnya massa tubuh di bumi ataupun di bulan sama. Namun, berat tubuh di bumi dengan di bulan berbeda. Berat tubuh astronot di bulan lebih ringan daripada di bumi.

Dalam percakapan sehari-hari dan hitungan matematika, orang sering menyamakan istilah berat dengan massa. Seperti kita sering mendengar orang mengatakan, berapa beratmu? 
Adapun yang benar, berapa massamu?

Yang diukur pada timbangan adalah massa bukan berat. 
Namun, karena istilah berat sudah umum digunakan dalam bahasa sehari-hari. 
Gravitasi di permukaan bumi relatif sama, sehingga penggunaan kata berat untuk menggantikan massa masih dibolehkan.

Ayo Mengamati

Selain massa, benda mempunyai volume. 
Semua benda menempati ruang. 
  • Ukuran ruang yang ditempati oleh suatu benda disebut volume. Benda yang kecil menempati ruang yang lebih kecil dibandingkan benda yang besar. Hal ini berarti benda yang kecil memiliki volume yang kecil. Benda yang besar memiliki volume yang besar.
Volume Akuarium

Volume akuarium A lebih besar dari pada volume akuarium B. 
Agar lebih memahami materi pembelajaran hari ini simak video pembelajaran di bawah ini ya 


LATIHAN 
LAKUKAN PERCOBAAN DI BAWAH INI, DOKUMENTASIKAN  MENGGUNAKAN VIDEO ATAU MENGGUNAKAN FOTO DAN KIRIMKAN KE APLIKASI  CLASS ROOM /WA IBU GURU YA

Pelajarilah tentang volume benda! 
Lakukan percobaan berikut !

Alat dan Bahan
  1. Gelas ukur 
  2. Benda padat yang dapat dimasukkan ke dalam gelas ukur
  3. Air
  4. Balon (2 buah)

Langkah-Langkah Percobaan
  1. Isilah gelas ukur dengan air. Masukkan benda padat ke dalamnya.
  2. Perhatikan gambar untuk membuktikan volume benda padat!
Benda Padat
  1. Apa yang terjadi sebelum dan setelah benda padat dimasukkan ke dalam gelas ukur? Tuliskan pengamatanmu! Setelah benda padat dimasukan ke dalam gelas ukur volume air bertambah.
  2. Isilah gelas ukur dengan air sebanyak 300 mililiter. Kemudian tambahkan hingga 600 mililiter. Perhatikan gambar untuk membuktikan volume benda cair!
Volume Benda Cair
  1. Apa yang terjadi sebelum dan setelah air ditambahkan ke dalam gelas ukur? Tuliskan pengamatanmu! Setelah air ditambahkan ke dalam gelas volume air dalam gelas bertambah.
  2. Perhatikan gambar untuk membuktikan volume benda gas!
Volume Benda Gas

  1. Apa yang terjadi sebelum dan setelah udara ditiupkan ke dalam balon? Tuliskan pengamatanmu! Balon mengembang setelah ditiup karena udara mengisi seluruh ruang dalam balon.

TUGAS!

  • TULISKAN HASIL PERCOBAANMU 
  • DOKUMENTASIKAN PERCOBAANMU BOLEH MENGGUNAKAN VIDEO ATAU FOTO 
  • KIRIMKAN KE APLIKASI WA IBU GURU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI AJAR RABU, 15 MEI 2024   Tema 9        : Benda –benda di Sekitar Kita Subtema 3     : Manusia dan Benda Lingkungannya. Pembelajaran  ...