Pages

Senin, 28 Oktober 2024

 


 Hari / Tanggal : Senin / 28 oktober 2024

Kelas / Fase : 5 / C

Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Matematika

👉👉Tujuan Pembelajaran (TP) :

Tujuan Pembelajaran :

1.Peserta didik dapat memahami norma disekitar kita

2.Peserta didik dapat memahami perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai dengan 100.000

  • Media yang digunakan
  • LCD proyektor

  • Assalamualaikum wr.wb

    Apa kabar anak sholih/Sholihah?
    Sudah siap belajar hari ini ?

    Sebelum kita belajar jangan lupa berdoa terlebih dahulu yaa..

    Capaian Pembelajaran Matematika

    apaian Pembelajaran : Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang.
    Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB.
    Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)
    Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat melakukan operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000


    pendidikan pancasila

    Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.

    Sebelum ke materi yuk simak vidio dibawah ini





    Materi norma dan aturan di masyarakat
    Norma adalah pedoman, patokan, atau aturan yang berasal dari bahasa Yunani nomos atau norm dalam bahasa Inggris. Dalam bahasa Arab, norma berarti kaidah. 
    Beberapa jenis norma, di antaranya: 
    • Norma agama, mengatur hubungan manusia dengan manusia dan manusia dengan Tuhan  
    • Norma kesopanan, mengatur tindakan yang dianggap sopan dan tidak sopan dalam masyarakat  
    • Norma kesusilaan, peraturan sosial yang berasal dari suara hati nurani manusia  
    • Norma hukum, peraturan hukum yang berlaku 
    Beberapa contoh norma, di antaranya:
    • Berperilaku dan menggunakan bahasa yang sopan kepada orang yang lebih tua
    • Menaati peraturan lalu lintas
    • Mengikuti dan menaati peraturan hukum yang berlaku
    • Selalu mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru  

    Latihan


    Soal Pilihan Ganda:


    Norma yang bersumber dari hati nurani manusia disebut norma...

    a. Hukum

    b. Agama

    c. Kesopanan

    d. Kebiasaan


    Contoh perilaku yang melanggar norma kesopanan adalah...

    a. Menyapa guru dengan hormat

    b. Membantu teman yang kesulitan

    c. Menggoda teman

    d. Berterima kasih kepada orang tua


    Norma yang memiliki sanksi paling tegas adalah norma...

    a. Kesopanan

    b. Hukum

    c. Agama

    d. Kebiasaan


    Tujuan utama dari adanya norma dalam masyarakat adalah...

    a. Membuat aturan yang kaku

    b. Menciptakan ketertiban dan keamanan

    c. Membatasi kebebasan individu

    d. Membuat perbedaan antara satu orang dengan yang lain


    Perilaku berikut yang menunjukkan kepatuhan terhadap norma agama adalah...

    a. Berbohong kepada teman

    c. Mencuri barang teman

    b. Sholat lima waktu

    d. Membuang sampah sembarangan


    Soal Uraian:


    Jelaskan perbedaan antara norma agama, norma hukum, dan norma kesopanan! Berikan contoh masing-masing!

    Mengapa kita perlu mematuhi norma yang berlaku di masyarakat? Jelaskan dengan alasanmu!

    Sebutkan 3 contoh perilaku yang melanggar norma di sekolah dan jelaskan sanksi yang mungkin diterima!

    Bagaimana cara kamu menerapkan norma kesopanan dalam kehidupan sehari-hari? Berikan contoh konkret!

    Apa yang akan terjadi jika tidak ada norma dalam masyarakat? Jelaskan pendapatmu!

    MATEMATIKA

    C

    Minggu kemarin kita sudah belajar tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah. Hari ini kita akan belajar perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000

    Yuk simak video berikut ini :
    Yuk kita coba kerjakan soal dibawah ini dengan susun kebawah ya..
    1. 18.000 x 12 =
    2. 23.534 x 16 =
    3. 45. 789 x 18 = 
    4. 56.734 x 19 =


    KESIMPULAN :


    PENUTUP
  • Bagaimana sudah paham dengan pembelajaran hari ini? Apakah anak sholeh sholehah senang belajar hari ini? Alhamdulillah kalau sudah paham semua, Miss Puji akhiri pembelajaran hari ini.
  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

        Hari / Tanggal : Jumat / 22 november 2024 Kelas / Fase : 5/C Capaian Pembelajaran P5: Dengan mengangkat tema “kearifan lokal ” dan menga...