Pages

Rabu, 09 Oktober 2024

 


 Hari / Tanggal : Rabu / 9 oktober 2024

Kelas / Fase : 5 / C

Mata Pelajaran : IPAS, B. Indonesia

👉👉Tujuan Pembelajaran (TP) :

Tujuan Pembelajaran :

1.Siswa dapat memahami isi dari cover buku

2. Siswa dapat memahami jaring-jaring makanan dan piramida makanan

  • Media yang digunakan

  • LCD proyektor

  • Assalamualaikum wr.wb

    Apa kabar anak sholih/Sholihah?
    Sudah siap belajar hari ini ?

    Sebelum kita belajar jangan lupa berdoa terlebih dahulu yaa..

    B.INDONESIA

    Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia

    Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak 

    IPAS

    Capaian Pembelajaran IPAS

    Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya; hubungan antar komponen biotik dan abiotik serta pengaruhnya terhadap ekosistem; siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air; gelombang bunyi dan cahaya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari; krisis energi dan upaya penghematan energi serta pemanfaatan sumber energi alternatif dari sumber daya yang ada di sekitarnya; sistem tata surya dan kaitannya dengan rotasi dan revolusi bumi; letak dan kondisi geografis negara Indonesia melalui peta konvensional/digital; sejarah di provinsi tempat tinggalnya; keragaman budaya nasional yang dikaitkan dengan konteks kebinekaan berdasarkan pemahamannya terhadap nilai-nilai kearifan lokal yang berlaku di wilayahnya; serta kegiatan ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif di lingkungan sekitar

    BAHASA INDONESIA



    Sebuah cover harus memenuhi beberapa unsur. Apa saja? Simak informasi berikut ini, yuk!

    Unsur Cover Buku

    Yap, ada beberapa unsur yang harus ada pada sampul cover buku agar menarik minat calon pembaca, berikut penjelasannya:

    1. Judul Buku

    Hal pertama yang harus ada pada cover buku adalah judul. Bagian ini harus lebih dominan dari yang lain.

    Sebuah judul dari buku hendaknya ditulis dengan pemilihan jenis huruf yang menarik dan juga mencolok.

    Dengan begitu, para pembeli bisa melihat dan menemukan buku yang akan dibeli dengan mudah. 

    Judul juga harus dibuat menarik dan menggambarkan keseluruhan isi yang ada di buku untuk menarik pembaca.

    2. Kalimat Penjelas

    Tidak hanya judul, dalam sebuah sampul cover buku, juga harus tercantum kalimat penjelas judul.

    Kalimat penjelas untuk menjelaskan sedikit tentang judul ini sebaiknya singkat dan mudah dipahami sekali baca.

    3. Nama Penulis

    Bagian penting selanjutnya yang harus ada pada sampul cover buku adalah nama dari penulis buku itu.

    Nama penulis harus ditulis benar dan jelas, bisa juga mencantumkan gelar yang penting digunakan untuk buku nonfiksi.

    Nama penulis ini jadi hal penting karena para pembeli perlu tahu pengarang buku yang bertanggung jawab pada isi.

    Selain itu, nama penulis juga bisa jadi nilai jual karena tidak sedikit orang yang membeli buku karena penulisnya terkenal.

    4. Identitas Penerbit

    Unsur selanjutnya yang harus ada atau tercantum pada sampul cover buku adalah nama penerbit buku.

    Biasanya, nama penerbit ini dicantumkan di bagian sampul belakang dan berdekatan dengan nomor iSBN.

    Namun, kalau ingin meletakkannya di bagian sampul depan, jangan sampai lebih dominan dari judul, ya.


    IPAS

    Ekosistem adalah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem terdiri dari 2 komponen, yaitu komponen biotik yang beranggotakan makhluk hidup dan komponen abiotik yang isinya makhluk tidak hidup. Contoh : ekosistem sawah, ekosistem pantai, ekosistem air tawar, ekosistem padang rumput, dll.

    PIRAMIDA MAKANAN

    L      LATIHAN 

             1. Makhluk hidup yang memperoleh energi dari cahaya matahari dalam jaring-jaring makanan yaitu ....

    A.      A. produsen        B. konsumen tingkat 1        C. konsumen tingkat 2        D. pengurai 

             2. Perhatikan gambar di bawah!

          Pada piramida makanan di atas, makhluk hidup yang menerima paling sedikit energi ditunjukkan oleh nomor....
          A. 1                  B. 2            C. 3            D. 4
                  
           3.  Komponen rantai makanan berikut yang tidak terdapat pada piramida makanan yaitu ....

              A. produsen            B. konsumen tingkat 1            C. konsumen tingkat 2    D. dekomposer 

            4.   Siswa kelas 5 melaksanakan percobaan agar lebih mudah memahami transfer energi pada jaring-jaring makanan. Berdasarkan gambar di atas, banyaknya batu pada toples yang berlabelkan konsumen 1 yaitu....
           A. 10                B. 12                C. 14                D. 15 

  • KESIMPULAN :



    PENUTUP
  • Bagaimana sudah paham dengan pembelajaran hari ini? Apakah anak sholeh sholehah senang belajar hari ini? Alhamdulillah kalau sudah paham semua, Miss Puji akhiri pembelajaran hari ini.
  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

        Hari / Tanggal : Selasa/ 19 november 2024 Kelas / Fase : 5 / C Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan, IPAS, Matematika 👉👉Tujuan Pe...