Pages

Jumat, 17 Mei 2024

MATERI AJAR JUM'AT, 17 MEI 2024

 

  

Tema 9        : Benda –benda di Sekitar Kita

Subtema 3     : Manusia dan Benda Lingkungannya.

Pembelajaran        : 4

Muatan               : Bahasa Indonesia, PPKN & IPS

1. Apersepsi 

Alhamdulillah kita kemarin sudah belajar tentang iklan elektronik, nah hari ini kita akan belajar tentang mata pencaharian masyarakat indonesia

Mari perhatikan video pembelajaran berikut ini


2. Tujuan Pembelajaran 

Tujuan Pembelajaran : 

1. Dengan membaca dan menyimak materi di blog peserta didik dapat memahami iklan berdasarkan jenisnya iklan elektronik

2. Dengan menyimak materi di blog guru peserta  didik dapat memahami sikap perilaku dalam persatuan dan kesatuan

3. Dengan menyimak materi di blog guru peserta  didik dapat memahami kegiatan usaha dalam mata pencaharian Indonesia


3. Materi Ajar

Bahasa Indonesia
Iklan elektronik adalah iklan yang menggunakan media berbasis perangkat elektronik. Secara spesifik, iklan elektronik dapat berupa:
1. Iklan Radio
Iklan radio memiliki karakteristik hanya dapat didengarkan melalui audio (suara) saja. Suara tersebut dapat berupa suara/kata-kata manusia yang teratur, musik, dan sound effect (suara-suara yang tidak beraturan maupun efek suara alam.
2. Iklan Televisi
Iklan televisi memiliki karakteristik mengandung suara, gambar, dan gerak. Oleh karena itu, pesan yang disampaikan sangat menarik perhatian dan impresif.
3. Iklan Media Digital Interaktif (Internet)
Iklan Media Digital Interaktif (internet) adalah iklan yang memanfaatkan media internet untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Iklan ini disampaikan dalam bentuk website, blog, maupun youtube. Iklan ini dapat berupa video maupun banner animasi.

PPKn
Persatuan dan kesatuan dalam hidup bermasyarakat dan berbangsa, harus tetap dijaga oleh semua warga masyarakat. Agar persatuan dan kesatuan tetap terjaga, semua warga masyarakat harus selalu mengembangkan sikap toleransi, rasa persatuan dan kesatuan, dan kekeluargaan. Tidak hanya warga masyarakat, pemimpin-pemimpin bangsa pun selalu berupaya untuk membina persatuan dan kesatuan hidup bermasyarakat dan berbangsa.
Usaha-usaha yang dilakukan pemimpin bangsa dalam membina persatuan dan kesatuan bermasyarakat dan berbangsa antara lain:
1. mengadakan festival budaya,
2. mewajibkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar di setiap acara resmi di mana pun berada,
3. menjalankan pemerintahan secara adil dan terbuka,
4. mengadakan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia,
5. menciptakan kebebasan masyarakat untuk memeluk agama dan melakukan ibadah sesuai agamanya masing-masing,
6. membina sikap saling menghormati dan menghargai antarpemeluk agama,
7. mengadakan peringatan hari-hari besar nasional dengan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.
Setiap warga masyarakat harus selalu menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan agar tercipta kerukunan hidup. Jika anggota masyarakat tidak memiliki rasa persatuan dan kesatuan, maka ia akan berbuat semaunya dan pada akhirnya menimbulkan permasalahan.

Beberapa contoh perilaku yang tidak menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan sehingga mengakibatkan tidak rukun, antara lain:
1. peserta didik bersikap sombong dan memilih-milih teman di sekolah,
2. pertengkaran antarwarga,
3. tawuran antarpelajar atau warga,
4. merendahkan atau mengejek agama lain sehingga terjadi perselisihan,
5. konflik antarsuku, dan lain-lain.
Perilaku-perilaku di atas, harus dihindari dan diupayakan tidak terjadi dengan cara memperbesar rasa teloransi.

IPS
Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa yang memiliki budaya masing-masing. Keanekaragaman budaya juga merupakan suatu kekayaan yang unik dan tidak dimiliki oleh negara lain. Kekayaan alam yang melimpah dan budaya yang beraneka ragam, memengaruhi mata pencaharian masyarakat Indonesia. Beragamnya budaya membuat mata pencaharian masyarakat Indonesia juga beraneka ragam.

Kita harus selalu menghargai keanekaragaman mata pencaharian masyarakat di lingkungan sekitar dan di Indonesia pada umumnya. Caranya, antara lain sebagai berikut.
• Tidak mencela dan merendahkan mata pencaharian orang lain.
Mata pencaharian masyarakat di Indonesia sangat beragam, mulai dari pedagang asongan, pengamen, pegawai, karyawan swasta, hingga pengusaha. Apa pun pekerjaan orang lain, kita tidak boleh merendahkan. Misalnya, kamu mendapati seorang pengamen yang mencari uang dengan berjalan dari rumah ke rumah sambil bernyanyi. Kamu harus tetap menghormatinya, tidak boleh mencela
bahkan merendahkan.
• Menghormati orang yang sedang bekerja.
Kamu harus menghormati orang yang sedang bekerja, tidak peduli pekerjaan itu bagus atau tidak menurut kamu. Misalnya, kamu sedang memasuki gerbang sekolah, kebetulan ada tukang kebun
yang sedang membersihkan halaman. Sebaiknya kamu menyapa atau setidaknya menganggukkan kepala.
• Menghargai pekerjaan orang lain.
Apa pun pekerjaan orang lain harus tetap dihargai. Jangan pernah membeda-bedakan orang hanya berdasarkan pekerjaan saja. Sebagai peserta didik, kamu harus menghargai pekerjaan siapa pun. Misalnya, dengan ibu penjaga kantin sekolah, pedagang kaki lima, pemulung, dan lain sebagainya.
• Membiasakan membeli produk-produk lokal.
Sebagai contoh, tetanggamu memiliki usaha produksi sandal dan tas. Jika kamu ingin membeli tas dan sandal, sebaiknya belilah produk dari tetanggamu. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk menghargai mata pencaharian masyarakat.
• Membiasakan mengonsumsi makanan dan buah-buahan dalam negeri.
Mengonsumsi makanan dan buah-buahan dalam negeri dapat mengangkat hasil pertanian masyarakat, sehingga secara tidak langsung dapat membantu menyejahterakan petani Indonesia.


4. Contoh Soal 
Apa makna dari bhineka tunggal ika?
Jawaban: Berbeda beda tetapi tetap satu

5. Latihan Soal
1) Indonesia sebagai sebuah bangsa yang kaya akan ras, suku, dan budaya memiliki konteks persatuan bangsa. Jelaskan makna persatuan tersebut?
Jawaban:

2) Sebutkan akibat yang akan timbul apabila tidak mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam lingkungan keluarga?
Jawaban:

3) Sebutkan akibat yang akan timbul apabila tidak mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam lingkungan sekolah.?
Jawaban:

4) Sebutkan akibat yang akan timbul apabila tidak mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam lingkungan masyarakat.?
Jawaban:

5) Sebutkan akibat yang akan timbul apabila tidak mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam lingkup negara?
Jawaban:



6. Penutup 
Demikian pembelajaran hari ini tentang iklan, persatuan dan kesatuan semoga ananda sholeh sholehah memahami penjelasan dari ibu/bapak guru, besok masuk ke tema 9 subtema 3 pembelajaran 5 tentang unsur unsur iklan televisi, apabila ada pertanyaan bisa langsung ditanyakan ke ibu guru ya..
Wassalamualaikum.wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

    Hari / Tanggal : Selasa/ 19 november 2024 Kelas / Fase : 5 / C Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan, IPAS, Matematika 👉👉Tujuan Pe...