Pages

Rabu, 08 November 2023

 

Wednesday, November 8, 2023

MATERI AJAR KAMIS, 09 NOVEMBER 2023

 


Tema 4          : Sehat itu Penting 

Sub tema 3    : Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia

Pembelajaran ke       :  3 dan 4

Muatan Pelajaran     :  PPKN, IPS & B.INDONESIA


1. Tujuan Pembelajaran :

1. Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat menjelaskan pantun yang disajikan secara lisan dan runtut
2. Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat membandingkan pola aktivitas ekonomi social budaya yang dipengaruh oleh keadaan lingkungan antara masyarakat yang satu dengan yang lainnya.
3. Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat membandingkan pola aktivitas ekonomi, social, dan budaya yang dipengaruhi oleh keadaan lingkungan antara masyarakat yang satu dengan yang lain.

2. Sapaan 


Hello, how are you my lovely student?
semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin Ya Robbalamin 
jangan lupa untuk mengerjakan solat dhuha dan murojaah ya nak...

3. Apersepsi 
adakah yang masih ingat materi yang kemarin? ....kemarin kita sudah belajar tentang pantun, hari ini kita akan mempelajari materi tema 4 subtema 3 pembelajaran 3 & 4 tentang pola aktivitas ekonomi
lets start our lesson today
Sebelumnya silahkan simak video pembelajaran dibawah ini ya...


4. Materi Ajar

Bahasa Indonesia (KD 3.6, 4.6)

Pantun yang disajikan dalam sebuah prosesi pernikahan termasujenis 

pantun tua. Pantun tuadalah pantun yang berhubungan dengan orang tua. 

Biasanya, pantun tua berisi tentang adat, budaya, agama, dan nasihat. Karena pantun tersebut disajikan dalam prosesi pernikahan yang merupakan adat dan budaya suatu daerah, pantun tersebut berjenis pantun tua.


PKn (KD 3.2, 4.2)

Hak dan kewajiban bersifat kodrati, yaknimelekat bersama kelahiran manusia. Hak dan kewajiban tersebut harus dilaksanakan sec ara bertanggung jawab oleh pihak yang bersangkutan. Orang yang tidak melaksa- nakan hak dan kewajibannya dapat dikatakan sebagai orang yang tidak bertanggung jawab. Jadi, ketiganya mempunyai hubungan yang erat

Bentuk hak warga masyarakat seperti berikut.

a.    Mendapatkan perlindungan hukum.

b.    Mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak.

c.    Menikmati lingkungan bersih.

d.   Hidup tenang dan damai.

e.    Bebas memilih, memeluk, dan menjalankan agama.

f.     Berpendapat dan berorganisasi.

g.    Mengembangkan kebudayaan daerah.


Bentuk kewajiban warga masyarakat seperti berikut.

a.    Mematuhi aturan atau norma yang belingkunganngan tempat tinggal.

b. Membantu tetangga yang terkena musibah.

c. Menjaga kebersihalingkungan tempat tinggal.

IPS

Manusia hidup  dalam  lingkungan tertentu.  Lingkungan adalah  ruang yang   ditempati  oleh   makhluk hidup  dan  benda  tidak  hidup. 

Secara kodratnya, setiap manusia akan berinteraksi. Intersaksi antar indivisi, individu dengan  kelompok.  Interaksi tersebut  dinamakan  interaksi sosial.

Interaksi antarindividu
- Seorang siswa bertanya kepada gurunya tentang materi  pembelajaran.

- Seorang anak menolong temannya yang jatuh.
- Seorang anak menyapa teman saat bertemu di jalan.

Interaksi antara individu dengan kelompok
- Orang berpidato di depan khalayak pada suatu acara.
- Presiden dengan rakyatnya.
- Ketua kelompok dengan anggotanya saat berdiskusi.

Interaksi antarkelompok
- Pertandingan basket antarsekolah.
- Suatu kelompok melakukan presentasi di depan kelompok lain  saat pembelajaran di kelas.

Interaksi sosial penting dilakukan oleh setiap individu. Mengapa demikian? Karena dengan melakukan interaksi sosial, individu dapat mencukupi semua kebutuhan hidupnya.
interaksi sosial dibedakan menjadi dua (2)  yaitu: i
nteraksi yang  mengarah ke persatuan dan interaksi yang mengarah ke perpecahan.

Budaya dan sosial diantaranya adalah sebagai berikut.
1. Membiasakan   musyawarah   mufakat   dalam   mengambil   keputusan bersama.
2.    Membiasakan tolong-menolong antarwarga masyarakat.
3.    Ikut serta dalam kegiatan kerja bakti atau gotong-royong dalam masyarakat.


Berikut contoh  aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan sosial budaya.
1.    Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang  telah dicanangkan oleh  pemerintah.
2.  Mengikuti pelatihan  keterampilan seperti  menjahit, membatik, dan membuat karya kerajinan lainnya.
3.    Turut serta dalam organisasi masyarakat.

5. Contoh Soal

Ada berapa jenis interaksi sebutkan?

Interaksi individu-individu, interaksi individu-kelompok, dan interaksi antar kelompok


6. Tugas Latihan :

1. Salah satu upaya menciptakan lingkungan sehat adalah …
A. mengotori tembok dengan tanah
B. membuang sampah ke sungai
C. kerja bakti
D. tidak menggosok gigi
2. Sesuatu yang mutlak menjadi milik kita disebut …
A. kejujuran
B. hak
C. kewajiban
D. tanggung jawab

3. Pantun biasanya terdiri dari … baris
Kata yang tepat melengkapi bagian titik-titik adalah ...
A. enam
B. empat
C. tiga
D. lima
4. Salah satu cara yang tepat untuk menyampaikan nasihat adalah …
A. dongeng
B. bercerita
C. syair
D. pantun

5. Dua baris dalam setiap bait pantun adalah …
A. sampiran
B. penutup
C. isi
D. pembuka

7. Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu laksanakan sholat 5 waktu ya nak

8. Kesimpulan
Dalam pertemuan sebelumnya yaitu tema 4  subtema 3 pembelajaran1 dan 2 pada hari rabu, dapat disimpulkan, 11,5% siswa yaitu sebanyak 5 orang siswa dari total 24 siswa kelas 5A masih belum memahami tentang penyebab pada penyakit jantung.

Wassalamualaikum.wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

    Hari / Tanggal : Senin / 18 november 2024 Kelas / Fase : 5 / C Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan, IPAS, Matematika 👉👉Tujuan Pe...