Senin, 06 November 2023

MATERI AJAR SENIN, 06 NOVEMBER 2023


 


Tema 4          : Sehat itu Penting 

Sub tema 2    : Gangguan Kesehatan Pada Organ Peredaran Darah

Pembelajaran ke       :  3 & 4

Muatan Pelajaran     :  B.INDONESIA, PPKN & IPS


1. Tujuan Pembelajaran :

1. Peserta didik dapat memahami isi (makna) dan amanat pantun berdasarkan usia dan isi. 
2. Peserta didik dapat menjelaskan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam pengambilan keputusan. 
3. peserta didik dapat menyebutkan empat macam interaksi dalam bidang pendidikan menjelaskan tentang interaksi

2. Sapaan 




Hello, how are you my lovely student?
semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin Ya Robbalamin 
jangan lupa untuk mengerjakan solat dhuha dan murojaah ya nak...

3. Apersepsi 
adakah yang masih ingat materi yang kemarin? ....kemarin kita sudah belajar tentang pantun, hari ini kita akan mempelajari materi tema 4 subtema 2 pembelajaran 3 dan 4 tentang Tanggungjawab dan Interaksi sosial dalam pendidikan.
lets start our lesson today

Sebelumnya silahkan simak vidio pembelajaran dibawah ini ya..


4. MATERI AJAR

PPkN ( KD : 3.2, 4.2 )

Tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam pengambilan keputusan

Setiap manusia tidak bisa hidup sendiri, selalu bergantung dengan keberadaan manusia lainnya. Sehingga antarindividu harus melakukan komunikasi demi kesepakatan bersama. Sebagai makhluk sosial, manusia merupakan anggota masyarakat yang memiliki tanggung jawab kepada anggota masyarakat lainnya untuk melamgsungkan hidupnya di dalam masyarakat.

Tanggung jawab sebagai masyarakt tersebut harus diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat. berikut jenis-jenis tanggung jawab sebagai warga masyarakat:

1. Memelihara rasa persatuan dan kesatuan.

Karena terdiri dari berbagai individu, tentu banyak perbedaan di dalamnya. Sebagai anggota masyarakat yang bertanggung jawab, tidak menjadikan perbedaan tersebut menjadi suatu perpecahan. Kita harus tetap memelihara serta menjaga persatuan dan kesatuan di masyarakat. Prinsip-prinsip dasar untuk menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat adalah: Menciptakan lingkungan hidup yang seimbang dan selaras.

2. Saling mengasihi dan membina antar individu.

Tidak membuat perbedaan menjadi perpecahan, tetapi fokus pada tujuan yang sama Contoh perilaku memelihara rasa persatuan dak kesatuan masyarakat, yaitu: Rukun tetangga harus terus dilakukan Menyelesaikan permasalahan secara musyawarah dan mufakat bersama-sama.

3. Mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat.

Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar Tidak membedakan suku, ras, dan agama dalam bergaul di masyarakat Memelihara ketertiban dan keamanan bermasyarakat Ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat menjadi tanggung jawab setiap individu. Ketertiban dan keamanan di masyarakat daopat dilakukan dengan membuat aturan yang bisa dipahami dan dipatuhi ileh semua anggota masyarakat tersebut. Contohnya, membuat jadwal ronda malam yang dilakukan secara bergilir oleh anggota masyarakat. Jadwal dan aturan jam ronda malam harus menjadi tanggung jawab individu yang kebagian, sehingga harus dilaksanakan tujuan dan budaya antarwarga dalam masyarakat sama. Dengan kepentingan yang sama ini, setiap warga sebaiknya memperkuat hubungan antarwarga dengan mengesampingkan perbedaan yang ada.

4. Sikap solidaritas

Sikap solidaritas tersebut akan membuat setiap warga bisa menerima perbedaan yang ada, karena dapat saling bergaul dan memaklumi perbedaan yang ada. Solidaritas harus terus ditingkatkan di masyarakat, salah satunya dengan mengutamakan kepentingan bersama dibandingkan kepentingan pribadi. Contoh sikap solidaritas, yaitu saling membantu, peduli satu sama lain, kerja sama, serta berpartisipasi dalam membangun wilayah secara bersama-sama. Kegiatan gotong royong tentu menjadi kegiatan nyata untuk menciptakan solidaritas antarwarga. Bentuk kerja sama tidak hanya dilakukan di pedesaan, melainkan juga daerah perkotaan.

IPS ( KD : 3.2 dan 4.2

Interaksi dalam Bidang Pendidikan

4 macam interaksi dalam bidang pendidikan yaitu :

1. interaksi siswa dengan siswa. misalnya dedi dan jonas bediskusi materi pelajaran yg di sampaikan oleh guru
2. interaksi siswa dengan guru. misalnya guru menjawab pertanyaan yg diajukan oleh siswa
3. interaksi siswa dengan sumber belajar. wujud interaksi antara siswa dan sumber pelajar dapat bermacam-macam
4. interaksi siswa dengan lingkungan. misalnya siswa SD mentari melakukan karyawisata ke pantai, dan lain-lain
Contoh interaksi dalam bidang pendidikan :
 

upaya pembangunan di bidang sosial budaya dapat dilakukan melaluipendidikan, baik pendidikan formal maupun informal.
 Melalui pendidikan,maka akan tercapai kesejahteraan masyarakat.
 Berikut contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan sosial budaya :
1) Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah.
2) Mengikuti pelatihan keterampilan seperti menjahit, membatik, danmembuat karya kerajinan lainnya.
3) Turut serta dalam organisasi masyarakat.
 Contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan socialbudaya melalui pendidikan.
1) Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telah dicanangkan olehpemerintah.
2) Mengikuti pelatihan keterampilan, seperti menjahit, membatik, danmembuat karya kerajinan lainnya.
 

Bahasa Indonesia ( KD : 3.6 dan 4.6 )

Isi (makna) dan amanat pantun berdasarkan usia. Berdasarkan usia, pantun dibedakan menjadi pantun anak anak, pantun orang muda, dan pantun orang tua. Contoh pantun anak anak : 

Pergi ke warung membeli Koran 
Sekalian membeli benang 
Ayo bermain kejar kejaran 
Badan sehat hati senang 
Isi (makna) pantun : bermain kejar kejaran membuat badan sehat dan hati senang.

    Amanat pantun : Anak anak sebaiknya bermain agar hati senang.
Contoh Pantun Orang Muda :
Mengangkat batu setinggi bahu
Batu diangkat berat rasanya
Jikalah boleh aku tahu
Baju biru siapa namanya ?
Isi (makna) pantun : Keinginan seseorang untuk berkenalan.
Amanat pantun : Saat berkenalan, sebaiknya dilakukan dengan santun
Pantun di atas memiliki ciri-ciri :
1.    1.Bersajak a-b-a-b
2.    2. Satu bait terdiri dari atas empat baris
3.    3. Setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata
4.    4. Terdiri atas sampiran dan isi  

    5. Evaluasi

 
Sebutkan jenis-jenis tanggung jawab sebagai warga masyarakat?
Contoh Jawaban:
Memelihara rasa persatuan dan kesatuan

    6. Latihan Soal

1. Dalam memecahkan sebuah masalah bersama maka masyarakat Indonesia biasanya menggunakan cara ….
a. Voting
b. Musyawarah
c. Pemungutan suara
d. Undian

2.. Keputusan bersama yang telah ditetapkan oleh masyarakat sebaiknya kita ….
a. Laksanakan dengan terpaksa
b. Laksanakan dengan kecewa
c. Laksanankan dengan syarat
d. Laksanakan dengan tanggung jawab

3. Tanggung jawab seorang warga dalam kegiatan pemilihan kepala desa antara lain adalah ….
a. Ikut mencalonkan diri
b. Melakukan kampanye terhadap calon yang disukai
c. Turut serta dalam memberikan pilihan
d. Wajib menjadi panitia pemilihan

4. Andi dan Bayu maju mengikuti pemilihan ketua kelas, keduanya ingin menjadi ketua kelas. Setelah diadakan pemilihan ketua kelas, ternyata para siswa sepakat memilih Bayu sebagai ketua kelas. Sikap yang tidak tepat dilakukan oleh Andi adalah ….
a. Tidak menerima karena merasa lebih baik dari Bayu
b. Menerima keputusan dengan lapang dada
c. Protes kepada gurunya karena merasa tidak adil
d. Mengucapkan selamat kepada Bayu

5. Pergi ke toko beli kedondong

Buahnya matang dibeli dua
Jadi anak jangan berbohong
Agar disayang orang tua

Amanat dari pantun di atas adalah ….
a. Jika pergi ke toko jangan lupa beli dua buah kedondong
b. Jika ingin di sayang orang tua harus pandai berbohong
c. Agar disayang orang tua maka harus membeli kedondong
d. Agar disayang orang tua maka ketika bicara jangan suka berbohong

7. Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu laksanakan sholat 5 waktu ya nak

8. Kesimpulan
Dalam pertemuan sebelumnya yaitu tema 4  subtema 2 pembelajaran 2 pada hari jum'at, dapat disimpulkan, 12,5% siswa yaitu sebanyak 3 orang siswa dari total 24 siswa kelas 5B masih belum memahami tentang properti tari.

Wassalamualaikum.wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI AJAR SELASA, 14 MEI 2024     Tema 9        : Benda –benda di Sekitar Kita Subtema 3     : Manusia dan Benda Lingkungannya. Pembelajar...