Minggu, 30 Juli 2023

Materi Ajar : senin, 31 Juli 2023

 

 

TEMA  1                : Organ Gerak Hewan dan Manusia

SUBTEMA 2          : Manusia dan Lingkungannya

PEMBELAJARAN 1: IPA & Bahasa Indonesia

HARI/TANGGAL   : Senin, 31 Juli 2023

1. Sapaan 

Hello, how are you my lovely student?
semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin Yarobbalamin 
jangan lupa untuk mengerjakan solat duha dan murojaah ya nak...

2. Apersepsi 
Alhamdulillah kita kemarin sudah belajar tentang perbandingan hewan verterbrata dan avertebrata, hari ini kita akan belajar tentang menuliskan ide pokok dalam teks bacaan.

lets start our lesson today
Sebelumnya silahkan simak vidio pembelajaran dibawah ini ya..
pembelajaran 1
3. Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengetahui aktivitas-aktivitas manusia yang memanfaatkan organ manusia secara rinci.
  2. Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan secara percaya diri.
  3. Dengan menulis, siswa dapat mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf secara tanggung jawab.
4. Materi Ajar
  • Materi IPA

Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak. Gerak adalah berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari tubuh. Makhluk hidup akan bergerak apabila ada rangsangan yang mengenai sebagian atau seluruh bagian tubuhnya. 

Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak. Ada dua macam alat gerak yang dimiliki manusia, yaitu alat gerak aktif dan alat gerak pasif. 

Alat gerak aktif berupa otot sedangkan alat gerak pasif berupa tulangOtot dikatakan sebagai alat gerak aktif karena otot dapat berkontraksi sehingga menimbulkan gerakan pada rangka. Sedangkan tulang dikatakan alat gerak pasif karena tulang dapat bergerak dengan bantuan otot, jika tidak ada otot, tulang tidak dapat bergerak. Kedua alat gerak ini (aktif dan pasif) akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan. Kerja sama antara kedua alat gerak tersebut membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak

Contoh aktivitas yang terjadi pada manusia adalah berjalan, berlari, melompat, bermain, belajar, berolahraga dan sebagainya.


  • Materi Bahasa Indonesia

Ide merupakan rancangan yang tersusun di dalam pikiran dapat juga disebut sebagai gagasan.  Ide pokok sering disebut juga sebagai gagasan pokok, gagasan utama atau pikiran utama, teman-teman.  Ide pokok adalah sebuah ide yang disampaikan oleh penulis dalam sebuah pokok bahasan dalam di dalam paragraf. 

Di dalam sebuah kalimat, biasanya hanya ditemukan satu ide pokok. Biasanya ide pokok terletak di awal kalimat.  Namun ada pula ide pokok yang terletak di akhir paragraf yang kemudian dinamakan sebagai paragraf induktif.  Ide pokok ini menjadi inti utama dari suatu bacaan, kemudian kalimat selanjutnya bisa memberi pengembangan informasi. 

Ide pokok merupakan hal yang sangat penting dan harus ada dalam suatu paragraf. Dengan adanya ide pokok, maka akan memudahkan pembaca mengetahui inti atau pokok dari apa yang disampaikan dalam paragraf.  Hal ini berguna supaya inti dari apa yang disampaikan dalam paragraf ini dapat cepat dan tepat tersampaikan.  Selain itu, ide pokok juga akan membantu penulis untuk mengembangkan sebuah alur tulisan. 

5.Contoh soal
Soal
1.Apakah yang dimaksud dengan ide pokok?
2.Sebutkan istilah lain dari ide pokok?

Jawaban:
1.de pokok adalah sebuah ide yang disampaikan oleh penulis dalam sebuah pokok bahasan dalam di dalam paragraf. 
2.Ide pokok sering disebut juga sebagai gagasan pokok, gagasan utama atau pikiran utama

6. Evaluasi 
Perhatikan teks bacaan dibawah ini!

1. Tuliskan ide pokok pada paragraf 1 dan 2......
2. Sebutkan manfaat dari aktivitas gerakan pada teks bacaan diatas....
3. Sebutkan macam macam alat gerak .....
4. Manakah aktivitas gerakan yang menyehatkan dari gambar dibawah ini....
5. Paragraf yang ide pokoknya terdapat di akhir paragraf disebut paragraf ....

Teks bacaan berikut ini untuk soal nomor 6-7.
Menjaga tulang tetap sehat tentu menjadi hal yang perlu kita utamakan. Hal itu karena tulang sebagai organ yang mempunyai banyak fungsi bagi tubuh manusia. Fungsi tulang di antaranya adalah berperan penting sebagai organ gerak pasif bagi tubuh, sebagai penopang tubuh agar tetap tegak, tempat melekatnya otot-otot dan sebagai pelindung bagi organ-organ vital dalam tubuh. Berbagai fungsi tersebut tentu membuat kita harus selalu menjaga kesehatan tulang kita. Agar kita bisa tetap menjalani kehidupan sehari-hari dengan enak dan nyaman.

6. Kalimat utama pada paragraf tersebut berada pada ....
7. Ide pokok pada paragraf diatas adalah....
8. Apa yang dimaksud dengan hewan vertebrata....
9. Sebutkan salah satu hewan vertebrata....
10. Bagaimana cara merawat alat gerak pada tubuh kita....

7. Penutup

Demikian pembelajaran hari ini tentang alat gerak manusia dan menentukan ide pokok dalam teks bacaan, semoga ananda sholeh sholeha memahami penjelasan dari ibu guru. Untuk pembelajaran selanjutnya, besok kita akan masuk tema 1 subtema 2 pembelajaran 2 tentang macam macam tulang, apabila ada pertanyaan bisa langsung ditanyakan ke ibu/bapak guru ya..

Wassalamualaikum.wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI AJAR SELASA, 14 MEI 2024     Tema 9        : Benda –benda di Sekitar Kita Subtema 3     : Manusia dan Benda Lingkungannya. Pembelajar...