Pages

Selasa, 25 Juli 2023

Materi Ajar: Rabu , 26 Juli 2023

 

TEMA 1                                  : Organ Gerak Hewan dan Manusia

SUB TEMA 1                        : Organ Gerak Hewan

PEMBELAJARAN 3            :  PKn KD 3.1, IPS KD 3.1 , Bahasa Indonesia

HARI/TANGGAL                 : Rabu, 26 Juli 2023

1. Sapaan 



Hello, how are you my lovely student?
semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin Yarobbalamin 
jangan lupa untuk mengerjakan solat duha dan murojaah ya nak...

2. Apersepsi 
Alhamdulillah kita kemarin sudah belajar tentang organ gerak pada hewan, beserta fungsinya , hari ini kita akan belajar tentang Pancasila

lets start our lesson today
Sebelumnya silahkan simak vidio pembelajaran dibawah ini ya..






  3.Tujuan Pembelajaran              

Tujuan Pembelajaran :

1.    Siswa mampu mengidentifikasi sikap-sikap  yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila secara tepat.

2.    Siswa mampu menganalisa sikap-sikap yang sesuai dengan sila-sila Pancasila dengan percaya diri.

3.    siswa menemukan contoh perubahan alam yang diakibatkan karena perilaku manusia secara benar.

4.    Siswa mampu menentukan ide pokok dari teks secara benar.



4.MATERI AJAR

MAPEL PKN 

Ø  Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Sila-Sila Pancasila. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia bukan lagi suatu hal yang baru bagi masyarakat Indonesia. Dari zaman dahulu, nilai-nilai Pancasila memang sudah terkandung dalam kehidupan sosial budaya masyarakat kita. Nilai-nilai tersebut telah meliputi berbagai aspek kehidupan dan masih tetap dipelihara sampai saat ini. Nilai-nilai Pancasila perlu sekali kita kembangkan dalam kehidupan sosial budaya. Hal ini dimaksudkan agar tercipta suasana yang tenang, sejahtera, damai, dan aman. Tanpa nilai-nilai tersebut, kita tidak akan dapat mencapai semua itu.

ü  Nilai Ketuhanan Yang Maha Esa. Beriman kepada Tuhan yang Maha Esa sesuai dengan agama dan keyakinan yang dianutnya. Nilai yang terkandung dalam sila ini juga mengharuskan kita untuk saling menghormati dan bekerja sama antarpemeluk agama yang berbeda-beda. Kita tidak boleh memaksakan suatu agama dan keperyaaan kepada orang lain, kita harus saling menghormati kebebasan dalam menjalankan ibadah.

ü  Nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Setiap warga negara hendaklah mengakui persamaan derajat, persamaan kewajiban antara sesama manusia sebagai asas kebersamaan bangsa Indonesia, dan persamaan hak. Dengan menjunjung tinggi persamaan derajat, hak, dan kewajiban, maka seluruh bangsa Indonesia bersama- sama akan mampu menegakkan dan juga memelihara kebersamaan. Penerapan nilai ini dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan mengembangkan rasa saling mencintai sesama manusia, sikap tenggang rasa, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, gemar melakukan kegiatan kemanusiaan, serta berani menegakkan kebenaran dan keadilan.

ü  Persatuan Indonesia. Makna dan nilai yang terkandung dalam sila ini adalah menjaga persatuan dan kesatuan negara Republik Indonesia. Dengan menerapkan sikap cinta tanah air, rela berkorban demi bangsa dan negara, serta memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa yang ber-Bhineka Tunggal Ika.

ü  Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan. Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama. Kedudukan yang sama tersebut hendaknya digunakan secara sadar dengan mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat. Selain itu, warga negara Indonesia harus selalu mengutamakan musyawarah untuk mufakat dalam menyelesaikan suatu persoalan bersama. Penerapan dalam sikap sehari-hari adalah dengan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi dan golongan, tidak memaksakan kehendak kepada orang lain, serta mengutamakan budaya musyawarah dalam menyelesaikan masalah dengan diliputi oleh semangat kekeluargaan.

ü  Nilai-nilai Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Kita harus menghindarkan diri dari sifat pemborosan, selalu bergaya hidup mewah, dan perbuatan-perbuatan yang merugikan kepentingan umum. Bekerja keras dan meuuuuunghargai hasil kerja keras orang lain sangat dibutuhkan dalam mewujudkan sikap kebersamaan. Di samping itu, harus dikembangkan pula sikap adil terhadap sesama, menghormati hak orang lain, serta menolong dan menghargai orang lain. 

45 butir -butir pancasila yamg baru sesuai dengan Tap MPR NO I/MPR/2003

👉  Sila pertama: Ketuhanan Yang Maha Esa

1      Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaannya dan ketaqwaanya terhadap Tuhan Yang Maha Esa

2.      Manusia Indonesia percaya dan takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.

3.      Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama antara pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

4.      Membina kerukunan hidup di antara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

5.      Agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah masalah yang menyangkut hubungan pribadi manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa.

6.      Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

7.      Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kepada orang lain.

👉 Sila kedua: Kemanusiaan yang adil dan beradab.

1.      Mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa.

2.      Mengakui persamaan derajat, persamaan hak, dan kewajiban asasi setiap manusia, tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, warna kulit dan sebagainya.

3.      Mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia.

4.      Mengembangkan sikap saling tenggang rasa dan tepa selira.

5.      Mengembangkan sikap tidak semena-mena terhadap orang lain.

6.      Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

7.      Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan.

8.      Berani membela kebenaran dan keadilan.

9.      Bangsa Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia.

10.  Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama dengan bangsa lain.

👉 Sila ketiga: Persatuan Indonesia

1.      Mampu menempatkan persatuan, kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara sebagai kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.

2.      Sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa apabila diperlukan.

3.      Mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa.

4.      Mengembangkan rasa kebanggaan berkebangsaan dan bertanah air Indonesia.

5.      Memelihara ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

6.      Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika.

7.      Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa.

        👉  Sila keempat: Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam                                                 permusyawaran / perwakilan

1.      Sebagai warga negara dan warga masyarakat, setiap manusia Indonesia mempunyai kedudukan, hak, dan kewajiban yang sama.

2.      Tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain.

3.      Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama.

4.      Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan.

5.      Menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil musyawarah.

6.      Dengan iktikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah.

7.      Di dalam musyawarah diutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.

8.      Musyawarah dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur.

9.      Keputusan yang diambil harus dapat dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, nilai-nilai kebenaran dan keadilan mengutamakan persatuan dan kesatuan demi kepentingan bersama.

10.  Memberikan kepercayaan kepada wakil-wakil yang dipercayai untuk melaksanakan pemusyawaratan.

        👉  Sila kelima: Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

1.      Mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotong-royongan.

2.      Mengembangkan sikap adil terhadap sesama.

3.      Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.

4.      Menghormati hak orang lain.

5.      Suka memberi pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri sendiri.

6.      Tidak menggunakan hak milik untuk usaha-usaha yang bersifat pemerasan terhadap orang lain.

7.      Tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bersifat pemborosan dan gaya hidup mewah.

8.      Tidak menggunakan hak milik untuk bertentangan dengan atau merugikan kepentingan umum.

9.      Suka bekerja keras.

10.  Suka menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama.

11.  Suka melakukan kegiatan dalam rangka mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial.


MAPEL : IPS

Ø  Pengertian Letak Astronomis

Letak astronomis adalah letak suatu wilayah dilihat dari posisi garis bujur dan garis lintang. Garis bujur merupakan garis khayal/imajiner yang menghubungkan Kutub Selatan dan Kutub Utara bumi (secara vertikal). Garis bujur membagi bumi menjadi 2 bagian besar yaitu belahan bumi bagian Barat biasa disebut dengan Bujur Barat dan belahan bumi bagian Timur biasa disebut dengan Bujur Timur.

Ø  Pengertian Letak Geografis

Letak geografis adalah posisi keberadaan sebuah wilayah berdasarkan letak dan bentuknya di muka bumi. Letak geografis biasanya di batasi dengan berbagai fitur geografi yang ada di bumi dan nama daerah yang secara langsung bersebelahan dengan daerah tersebut. Fitur geografi bumi yang dimaksud disini contohnya seperti benua, laut, gunung, samudera, gurun, dan lain sebagainya.

ü  Letak Astronomis Indonesia: 6° LU – 11° LS dan 95° BT – 141° BT

ü  Indonesia berada di kawasan iklim tropis dan terletak di belahan timur bumi.

ü  Letak Geografis Indonesia: terletak antara 2 benua (Asia dan Australia) dan 2 samudra (Samudra Hindia dan Samudra Pasifik

Bahasa Indonesia (KD 3. 1)


Ide Pokok


Ide pokok adalah gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf atau inti suatu bacaan baik dalam bentuk paragraf atau wacana. Istilah lain dari ide pokok antara lain gagasan utama, gagasan pokok, pokok pikiran, pokok masalah, pikiran utama, inti paragraf, inti masalah, masalah utama dan lain-lain.Ide pokok disajikan ke dalam bentuk kalimat utama. Kalimat utama yang memuat ide pokok ini bisa berada di awal paragraf, di tengah paragraf, atau di akhir paragraf. Dalam satu paragraf hanya ada satu ide pokok.


     5. Contoh soal

AApakah perbedaan dari letak astronomis dan letak geografis?

Jawab ;

Ø  Pengertian Letak Astronomis

Letak astronomis adalah letak suatu wilayah dilihat dari posisi garis bujur dan garis lintang. Garis bujur merupakan garis khayal/imajiner yang menghubungkan Kutub Selatan dan Kutub Utara bumi (secara vertikal). Garis bujur membagi bumi menjadi 2 bagian besar yaitu belahan bumi bagian Barat biasa disebut dengan Bujur Barat dan belahan bumi bagian Timur biasa disebut dengan Bujur Timur.

Ø  Pengertian Letak Geografis

Letak geografis adalah posisi keberadaan sebuah wilayah berdasarkan letak dan bentuknya di muka bumi. Letak geografis biasanya di batasi dengan berbagai fitur geografi yang ada di bumi dan nama daerah yang secara langsung bersebelahan dengan daerah tersebut. Fitur geografi bumi yang dimaksud disini contohnya seperti benua, laut, gunung, samudera, gurun, dan lain sebagainya.


   6. EVALUASI

1. Di bawah ini yang bukan termasuk nilai luhur yang terkandung dalam sila pancasila adalah ….
a. menghormati pemeluk agama lain menjalankan ibadah sesuai dengan agama yang diyakini
b. menolong orang lain yang sedang tertimpa musibah
c. membantu teman dalam mengerjakan soal ulangan
d. mengutamakan musyawarah dalam menyelesaikan permasalahan bersama
Jawaban: membantu teman dalam mengerjakan soal ulangan.

2. Nilai pancasila perlu ditumbuhkembangkan di dalam kehidupan sosial dan budaya dengan harapan ….
a. tercipta suasana yang meriah penuh hiburan di tiap hari
b. negara dapat hidup sendiri tanpa berhubungan dengan negara lain
c. terciptanya kehidupan masyarakat yang adil, makmur, aman, dan sejahtera
d. menjadi negara yang kaya meskipun tanpa beragama.
Jawaban: terciptanya kehidupan masyarakat yang adil, makmur, aman, dan sejahtera.

3. Melaksanakan hasil keputusan bersama dalam sebuah musyawarah merupakan bentuk pengamalan pancasila sila yang ….
a. pertama
b. kedua
c. keempat
d. kelima
Jawaban: keempat.

4. Keputusan yang diambil dalam musyawarah harus dapat dipertanggung jawabkan secara moral kepada ….
a. pemerintah yang berkuasa
b. Tuhan Yang Maha Esa
c. ketua musyawarah
d. pengurus rapat
Jawaban: Tuhan Yang Maha Esa.

5. Ikut serta dalam gotong royong di masyarakat merupakan bentuk pengamalan pancasila sila ke ….
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
Jawaban: ketiga.

6. Sikap saling membantu dan tolong menolong di tengah masyarakat merupakan salah satu bentuk pengamalan pancasila, yang dilambangkan ….
a. bintang
b. padi dan kapas
c. rantai
d. pohon beringin
Jawaban: rantai.

7. Berikut ini contoh sikap yang mencerminkan pengamalan pancasila sila kelima adalah ….
a. beribadah menurut agama dan kepercayaan masing masing
b. menolong orang lain yang membutuhkan
c. berlaku sederhana dan hemat
d. mengikuti upacara dengan penuh khidmat
Jawaban: berlaku sederhana dan hemat.

8. Setiap hari Aqila sholat 5 waktu tanpa ada paksaan dari siapapun. Tindakan yang dilakukan Aqila merupakan bentuk pengamalan pancasila sila …..
a. pertama
b. kedua
c. keempat
d. kelima
Jawaban: pertama.

9. Berikut ini yang tidak boleh dilakukan saat mengikuti musyawarah adalah ….
a. menyampaikan pendapat dengan sopan dan jelas
b. menghormati peserta lain yang sedang menyampaikan pendapat
c. memaksakan kehendak pada peserta musyawarah yang lain
d. menerima dengan lapang dada saat pendapatnya tidak diterima
Jawaban: memaksakan kehendak pada peserta musyawarah yang lain.

10. Makna dari sila kedua Pancasila adalah ….
a. menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya masing masing tanpa ada paksaan
b. menjalin hubungan yang baik dengan orang lain tanpa memandang pangkat dan derajatnya.
c. mencintai dan memakai produk dalam negeri
d. berlaku hemat sederhana dalam segala hal
Jawaban: menjalin hubungan yang baik dengan orang lain tanpa memandang pangkat dan derajatnya.

6.Penutup

Demikian pembelajaran hari ini tntang jenis-jenis usaha dalam masyarakat semoga soleh soleha memahami penjelasan dari ibu/bapak guru, besok masuk ke tema 1 subtema 1 pembelajaran 4 tentang PETA, apabila ada pertanyaan bisa langsung ditanyakan ke ibu/bapak guru ya..
 Wassalamualaikum.wr.wb.

a


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

    Hari / Tanggal : Senin / 18 november 2024 Kelas / Fase : 5 / C Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan, IPAS, Matematika 👉👉Tujuan Pe...