Pages

Kamis, 11 Agustus 2022

Materi Ajar : Matematika (penjumlahan Desimal)

 


Tema 1                        :  Organ Gerak Hewan Dan Manusia

Sub Tema 3                :  Lingkungan dan Manfaatnya

Pembelajaran ke       :  4 (Mapel PKn KD 3.1, IPS KD 3.1 dan Bahasa Indonesia KD 3.1)

 Assalamualaikum soleh soleha kelas 5

Apa kabar hari ini, semoga selalu dalam keadaan sehat, dipembelajaran kemarin kita sudah belajar tentang penerapan Pancasila, hari ini kita akan belajar tentang Penjumlahan Desimal

jangan lupa sebelum nya untuk melakukan murojaah dan solat duha ya..


Mari kita mulai pembelajaran hari ini

Sebelum memulai pembelajaran simak dulu vidio dibawah ini ya



Pembelajaran Penjumlahan Desimal di Kelas 5 


#1. Apakah Pecahan Desimal itu ?


Pecahan desimal adalah pecahan yang dituliskan dengan tanda koma (,) misalnya dalam contoh sebagai berikut 

a. 0,7 dibaca nol koma tujuh.
b. 0,92 dibaca nol koma sembilan dua.

Siswa diminta untuk mengamati gambar berikut.
Gambar ilustrasi pecahan
Bagian yang diarsir menunjukkan pecahan 4/10. Pecahan 4/10 dapat ditulis  dalam bentuk pecahan desimal, yaitu 0,4 dimana  0,4 dibaca nol koma empat atau empat persepuluh.

Selanjutnya, agar dapat memahami pecahan desimal, siswa diminta untuk perhatikan uraian berikut.




#2.Mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal


Agar siswa paham cara mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal, lakukan kegiatan berikut.

Lakukan pembagian antara pembilang dengan penyebut pada pecahan 1/2  Jika siswa  memperoleh nilai 0,5 maka jawaban siswa benar.

Selain dengan membagi pembilang dengan penyebutnya, untuk mengubah  pecahan biasa menjadi pecahan desimal dapat dilakukan dengan mengubah penyebut  pecahan menjadi 10, 100, atau 1.000.












Catatan:   Jika suatu pecahan mempunyai penyebut 10, 100, atau 1.000, maka pecahan itu disebut pecahan desimal, dengan banyaknya angka di belakang koma sama dengan jumlah nol pada penyebutnya
















Dari uraian di atas, dapat dikatakan bahwa untuk mengubah pecahan desimal menjadi pecahan biasa sebagai berikut.
- Ubah bilangan menjadi bentuk pecahan berpenyebut 10, 100, atau 1.000.
- Sederhanakan pecahan dalam bentuk paling sederhana.


#3.Contoh Langkah Pembelajaran Penjumlahan




1. Langkah pertama yang harus dilakukan guru adalah meminta siswa untuk mengamati beberapa bentuk bilangan desimal sejenis, misalnya  1,52  16,35  108,21  9,68

  

2. Setelah melakukan pengamatan, guru meminta siswa untuk menuliskan tujuh bilangan desimal sejenis lainnya. 

Guru meminta siswa untuk mengamati beberapa bentuk bilangan desimal tidak sejenis.

1,2                 0,45              40,362          106,2517

3.Setelah melakukan pengamatan, guru meminta siswa untuk menuliskan tujuh bilangan desimal tidak sejenis lainnya. 

4. Guru meminta siswa membuat kesimpulan tentang bilangan desimal  sejenis dan bilangan desimal tak sejenis.
5. Guru meminta siswa untuk mengamati proses penjumlahan bilangan desimal.

Selesaikan penjumlahan berikut.

a. 4,38 + 15,76 = ...


b. 18,437 + 125,07 + 36,8 = ...


Latihan soal












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

    Hari / Tanggal : Jumat / 15 november 2024 Kelas / Fase : 5/C Capaian Pembelajaran P5: Dengan mengangkat tema “kearifan lokal ” dan menga...