1.Setelah membaca teks, siswa dapat menjelaskan simbol-simbol sila Pancasila yang ada di dalam gambar tameng pada lambang negara “Garuda Pancasila” dengan benar.
2. Setelah membaca, siswa dapat mengindentifikasi jenis lambang/simbol pramuka dari teks yang dibaca dengan benar serta menceritakannya.
3. Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi macam-macam bangun datar melalui gambar dan atau benda-benda konkret dengan benar serta mengelompokkannya.
4. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengidentifikasi kombinasi gerak kuat lemah tangan, kaki, dan kepala dalam tarian dengan benar serta memeragakannya.
Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini?
Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin
Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak dan jangan lupa untuk selalu mengisi jurnal ramadhan hari ini 💪
Apersepsi
tema 8 subtema 1 sudah kita pelajari anak soleh soleha, Hari ini kita masuk ke subtema 2 dan akan mempelajari pramuka siaga dan sila ke 4
Yuk Kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini 💪
Lambang gerakan pramuka berupa tunas kelapa. Buah kelapa disebut juga nyiur. Buah kelapa dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal. Arti cikal adalah penduduk asli yang pertama.
Pramuka menggunakan pohon kelapa sebagai lambang karena banyak manfaatnya. Buah, batang,
juga daun, dan akar semua bermanfaat. Anggota pramuka harus bisa bermanfaat bagi semua orang. Anggota pramuka dilatih memiliki banyak keterampilan dan mandiri. Anak mandiri selalu berusaha melakukan kegiatan tanpa bantuan orang lain.
Buah kelapa dapat dimanfaatkan dalam kegiatan menari dan berolahraga. Mari mengenal lebih lanjut pramuka dan lambangnya. Selain itu, kita juga akan berlatih untuk mandiri melalui kegiatan pramuka.
Ayo Membaca
Bacalah dengan nyaring! Perhatikan intonasi pada saat membaca!
Aku Anak Mandiri
Aku anggota pramuka yang mandiri. Anggota pramuka dilatih untuk dapat bekerja secara mandiri. Aku selalu berusaha bekerja tanpa bantuan orang lain. Aku selalu menyiapkan peralatan sendiri. Aku menyiapkan dan mengenakan seragam pramuka sendiri.
Aku mengenakan kelengkapan seragam pramuka secara mandiri. Seragam pramuka memiliki banyak kelengkapan. Diantaranya baju seragam lengkap dengan celana atau rok. Baju dilengkapi dengan tanda-tanda pramuka. Ada juga tutup kepala dan setangan leher. Dilengkapi dengan ikat pinggang, kaus kaki, dan sepatu.
Latihan pramuka membuatku menjadi mandiri. Aku sudah dapat mandiri melakukan kegiatan. Aku selalu menyiapkan perlengkapan sekolah secara mandiri. Aku mengerjakan tugas dan merapikan kamar secara mandiri. Untuk dapat mengerjakan kegiatan secara mandiri perlu berlatih. Latihan akan menyenangkan jika dikerjakan secara bersama-sama. Dalam pramuka, aku berlatih mengerjakan tugas secara mandiri bersama teman-teman.
Apa saja kegiatan yang sudah kamu lakukan secara mandiri?
Kegiatan yang bisa kita lakukan secara mandiri
-Memakai baju
-Memakai kaos kaki
-Memakai sepatu
-Memakai tali sepatu
-Memakai ikat pinggang
-Menyiapkan peralatan sekolah
Seragam yang dikenakan Udin dan Siti merupakan seragam pramuka siaga.
Perhatikan persamaan dan perbedaan di antara keduanya!
Ayo Berlatihh
Perhatikan pula tanda/atribut yang dikenakan seperti gambar berikut ini.
Perhatikan bentuk tanda pramuka tersebut. Bentuk tanda pramuka merupakan bentuk bangun datar.
Ada lingkaran, segitiga, persegi, dan persegi panjang.
Ayo Menari
Pernahkah kamu menari tari tempurung? Cobalah ikuti kegiatan berikut ini.
Siapkan dua buah tempurung kelapa. Benturkan kedua bagian punggung tempurung sehingga berbunyi.
Baca materi tepukan tangan pada buku Tema 8 Subtema 2 Halaman 60 - 62
Mandiri dalam Mengambil Keputusan
Anggota pramuka dilatih untuk mengambil keputusan secara mandiri. Misalkan mengambil keputusan dalam menentukan nama kelompok. Semua anggota kelompok akan ikut berdiskusi. Setiap anggota kelompok dapat menyampaikan pendapat. Diskusi kelompok dipimpin oleh ketua kelompok. Setelah selesai berdiskusi, semua anggota setuju. Nama kelompok telah ditetapkan.
Salah satu janji pramuka yaitu patuh dan suka bermusyawarah. Bermusyawarah artinya berdiskusi untuk membicarakan masalah. Bermusyawarah juga untuk menyelesaikan masalah.
Bermusyawarah juga merupakan salah satu pengamalan sila Pancasila. Bermusyawarah merupakan pengamalan sila keempat. Sila keempat berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Simbol sila keempat Pancasila berupa kepala banteng.
Berikut ini contoh-contoh pelaksanaan sila keempat Pancasila.
Vidio pembelajaran dapat disimak ya
Setelah anak-anak membaca dan memahami isi bacaan teks di atas, yuk kita jawab pertanyaan pada tugas di bawah ini.
Tugas !
Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan bacaan!
Tulislah menggunakan tulisan tegak bersambung.
1. Apa arti bermusyawarah?
2. Sebutkan 3 contoh kegiatan bermusyawarah!
3. Termasuk pengamalan sila keberapa kegiatan bermusyawarah?
4. Apa simbol dari sila Pancasila yang berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar