Hari/Tanggal : Jumat/27 Agustus 2021
Kelas : IIITema 2 : Menyayangi Tumbuhan dan Hean
Sub Tema 2 : Manfaat Hewan Bagi Kehidupan Manusia
Pembelajaran : 3
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia , Matematika, SBdP
Sub Tema 2 : Manfaat Hewan Bagi Kehidupan Manusia
Pembelajaran : 3
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia , Matematika, SBdP
Tujuan Pembelajaran :
1. siswa dapat menemukan pesan yang terdapat dalam dongeng yang didengar
dengan tepat.
2. siswa dapat menemukan sifat pertukaran pada
perkalian
3. siswa dapat memeragakan gerak
cepat tangan dalam suatu tari.
Assalaamualaikum...
Vidio sapaan miss Puji
Di pembelajaran yang lalu kita sudah mempelajari pesan-pesan yang terkandung dalam cerita AYAM JAGO BARU
Hari ini kita masuk ke tema 2 subtema 2 pembelajaran 3, kita akan membahas tentang dongeng KISAH PETANI DAN ANAK HARIMAU, perkalian dan menirukan gerak kucing
Mari kita mulai pembelajarannnya....
Bahasa Indonesia
Anak soleh soleha bisa membuka buku tematik tema 2 halaman 75, bila sudah sekarang kalian baca DONGENG yang berjudul “KISAH PETANI DAN ANAK HARIMAU” supaya kalian tau pesan yang disampaikan dari dongeng tersebut.
Kisah Petani dan Anak Harimau
Pengarang: Anonim
Suatu hari Ki Maulaya pulang dari sawah. Di tengah-tengah perjalanan menuju rumahnya, Ki Maulaya terhenti oleh suara yang didengarnya. Ia pun mencari dari mana suara itu berasal. Dia menemukan sebuah lubang jebakan. Dilihatnya ada tiga ekor anak harimau yang terjebak dan tak bisa keluar.
Melihat bahwa binatang yang dia temukan bisa membahayakannya, dia pun tertegun sejenak. Setelah beberapa saat terpaku, Ki Maulaya dapat menekan rasa takutnya. “Aku percaya.. bahwa kebaikan pasti dibalas dengan kebaikan pula.”
Dikeluarkanya satu persatu anak harimau itu. Setelah semua terangkat, dia pun naik keluar dari lubang itu. Baru saja dia sampai di atas, tiba-tiba dari semak belukar keluar seekor harimau yang sangat besar. Harimau itu adalah induk dari tiga anak harimau yang dia tolong.
Ki Maulaya pun gemetar dan berkeringat dingin. Namun, dia mencoba mengendalikan rasa takutnya. Ia hanya pasrah pada kehendak Sang Pencipta. Harimau itu mendekatinya sambil mengendus-endus Ki Maulaya, lalu dia pergi membawa anak-anaknya.
Konon setelah kejadian itu, Ki Maulaya dan harimau menjadi sahabat. Harimau itu sering menunggui Ki Maulaya ketika di sawah dan menjaganya dari bahaya hewan-hewan buas. Dan apa yang diyakini Ki Maulaya terbukti. “Kebaikan pasti dibalas dengan kebaikan pula”.
SBDP 3.3
Ayo Mencoba
Kucing adalah hewan jinak yang dipelihara manusia. Banyak manfaat dari memelihara kucing. Kucing sebagai teman bermain, dapat menghilangkan stres, dan menghalau tikus. Ibu Beni suka kucing, namun tidak memelihara kucing. Kucing-kucing liar sering berkumpul di rumah Beni, sebab ibu sering memberi makan kucing-kucing yang datang ke rumah.
Beni sering memperhatikan tingkah kucing-kucing. Ada kalanya mereka bermain-main dengan tirai yang tertiup angin. Seringnya mereka bertengkar saat makan. Gerakan kucing-kucing itu lucu dan menggemaskan.
Kita menirukan gerakan kucing, yuk!
1. Gerakan kucing mencakar-cakar
2. Gerakan kucing menangkap tikus
3. Menggabungkan gerakan mencakar-cakar dan menangkap tikus.
Matematika
Ayo Berlatih
Sore hari Beni memasukkan ayam-ayamnya ke kandang. Ia menemukan beberapa telur di dalam kandang. Ia sedang berpikir bagaimana jika telur itu ia simpan dalam beberapa tempat.
Kita bantu Beni menyelesaikan masalahnya, yuk! Caranya dengan menyelesaikan soal-soal di bawah ini.
Beni juga memelihara kelinci. Kelinci makan sayuran, salah satunya wortel. Beni membeli 14 batang wortel. Gambarlah wortel pada kotak yang tersedia!
Jika wortel diberikan kepada 2 kelinci, berapa wortel yang didapatkan tiap kelinci?
Jika wortel diberikan kepada 2 kelinci maka tiap kelinci mendapatkan 7 batang wortel.
Kita dapat menuliskannya dalam lambang bilangan.
2 x 7 = 14
Jika wortel diberikan kepada 7 kelinci, berapa wortel yang didapatkan tiap kelinci?
Jika wortel diberikan kepada 7 kelinci maka tiap kelinci mendapatkan 2 batang wortel.
Kita dapat menuliskannya dalam lambang bilangan
7 x 2 = 14
Maka kita dapat menuliskan bentuk perkalian dari pemberian wortel kepada kelinci.
2 x 7 = 7 x 2
Naah kalian sudah mempelajari pembelajaran hari ini, Ibu guru harap semua dapat memahami materi pembelajaran hari ini,
Sore hari Beni memasukkan ayam-ayamnya ke kandang. Ia menemukan beberapa telur di dalam kandang. Ia sedang berpikir bagaimana jika telur itu ia simpan dalam beberapa tempat.
Kita bantu Beni menyelesaikan masalahnya, yuk! Caranya dengan menyelesaikan soal-soal di bawah ini.
Beni juga memelihara kelinci. Kelinci makan sayuran, salah satunya wortel. Beni membeli 14 batang wortel. Gambarlah wortel pada kotak yang tersedia!
Jika wortel diberikan kepada 2 kelinci, berapa wortel yang didapatkan tiap kelinci?
Jika wortel diberikan kepada 2 kelinci maka tiap kelinci mendapatkan 7 batang wortel.
Kita dapat menuliskannya dalam lambang bilangan.
2 x 7 = 14
Jika wortel diberikan kepada 7 kelinci, berapa wortel yang didapatkan tiap kelinci?
Jika wortel diberikan kepada 7 kelinci maka tiap kelinci mendapatkan 2 batang wortel.
Kita dapat menuliskannya dalam lambang bilangan
7 x 2 = 14
Maka kita dapat menuliskan bentuk perkalian dari pemberian wortel kepada kelinci.
2 x 7 = 7 x 2
Naah kalian sudah mempelajari pembelajaran hari ini, Ibu guru harap semua dapat memahami materi pembelajaran hari ini,
Hari ini kita akan latihan menulis ya.. supaya tulisannya lebih rapih lagi,
Latihan :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar