Pages

Senin, 22 Februari 2021

Materi Ajar : Selasa 23 Februari 2021

Materi

Hari/Tanggal               : Selasa,  23 Februari 2021

Kelas/Semester            : II (Dua) / 2

Tema   6                      : Merawat Hewan dan Tumbuhan

Sub Tema 4                 : Merawat Tumbuhan

Pembelajaran               : 2

 

Tujuan Pembelajaran

 

  1. siswa dapat menyebutkan manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah
  2. siswa dapat membaca kalimat Tanya dengan lafal dan intonasi yang tepat

kemarin kita sudah mempelajari tema 6 subtema 4 yaitu merawat tumbuhan, hari ini kita akan masuk ke pembelajaran 2

Sebelum mulai belajar ada baiknya kita melihat video dibawah ini terlebih dahulu. Check it out!




Ringkasan Materi


 

Halaman sekolah sangat indah. Banyak tanaman hijau terawat. Semua siswa wajib menjaga dan merawat tanaman yang ada. Tanaman tidak boleh dirusak dan diinjak.

 

Ayo Membaca

Merawat tanaman di sekolah adalah hal yang harus dilakukan semua siswa.

Tanaman di halaman sekolah membuat sekolah tampak indah. Tanaman di halaman sekolah jangan diinjak. Jangan pula membuang sampah di halaman sekolah. Jika tanaman diinjak, tanaman akan rusak. Halaman sekolah tidak akan tampak indah lagi. Membuang sampah di halaman sekolah, membuat lingkungan tampak kotor. Membuat lingkungan sekolah bersih dan indah adalah kewajiban semua siswa.

 

jawablah pertanyaan berikut.

1. Apa saja tata tertib untuk merawat tanaman di sekolahmu!

2. Siapakah yang harus menaati tata tertib tersebut?

3. Apa yang terjadi jika kita tidak mematuhi tata tertib tersebut?

 

Jawaban:

      1.      Tata tertib merawat tanaman di sekolahku adalah Tanaman di halaman                   sekolah jangan diinjak.

       2.      Yang harus mematuhi tata tertib itu adalah siswa

       3.      Peraturan tersebut harus dipatuhi karena apabila tidak dipatuhi maka   

              lingkungan sekolah akan tampak kotor

 

Ayo Membaca

Bacalah percakapan Lina dan Dayu dengan nada dan intonasi yang tepat.

Lina     : Dayu, bunga matahari yang ku tanam sedang berbunga.

Dayu   : Pasti bagus sekali.! Bolehkah aku datang melihat?

Lina     : Tentu saja boleh. Dayu : Siapa yang merawatnya setiap hari, Lina?

Lina     : Aku dan ibuku bergantian menyiramnya setiap hari.

Dayu   : Dimana kamu menanamnya?

Lina     : Aku menanamnya di halaman belakang rumahku.

Dayu   : Apa saja yang dibutuhkan agar bunga matahari bisa tumbuh?

Lina     : Tanah yang subur, air, sinar matahari, dan pupuk. Kapan kamu mau datang ke

              rumahku?

Dayu   : Sore ini setelah pulang sekolah.

Lina     : Baiklah, sampai nanti, Dayu.

Ayo Berdiskusi Siapakah yang banyak bertanya pada percakapan di atas? _______________________________________________

Kata tanya apa saja yang digunakan dalam percakapan? _______________________________________________

Apa saja yang menandakan kalimat tanya? _______________________________________________

Awali kalimat tanya dengan kata tanya, dan akhiri dengan tanda tanya.

Tugas:

 Kapan                   Siapa                     Mengapa                             Berapa                  Apa

Lengkapilah kalimat tanya berikut dengan kata tanya yang ada di dalam kotak.

 Jawaban di bawah pertanyaan akan membantu kalian.

 

1. __________ yang menanam bunga matahari ini?

Jawab: Yang menanam bunga matahari ini adalah ibu Lina.

 2. __________ Lina menyiram tanaman di halaman?

Jawab: Lina menyiram setiap sore.

3. __________ batang bunga matahari yang tumbuh?

Jawab: Ada 4 batang bunga matahari yang tumbuh.

4. __________ yang dibutuhkan agar tanaman bisa tumbuh?

Jawab: Tanaman membutuhkan air dan sinar matahari.

 5. __________ bunga matahari harus disiram setiap hari?

Jawab: Bunga matahari harus disiram setiap hari agar tidak layu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

    Hari / Tanggal : Jumat / 15 november 2024 Kelas / Fase : 5/C Capaian Pembelajaran P5: Dengan mengangkat tema “kearifan lokal ” dan menga...