Pages

Rabu, 24 Februari 2021

Materi ajar : Kamis, 25 Februari 2021

 

MATERI AJAR

 

Hari/Tanggal               : Kamis , 25 Februari 2021

Kelas/Semester            : II(Dua) / 2

Tema   6                      : Merawat Hewan dan Tumbuhan

Sub Tema 4                 : Merawat Tumbuhan

Pembelajaran               : 5

 

FOKUS PEMBELAJARAN : B.Indonesia, Pkn

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

1.  siswa dapat menyebutkan manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.

2. siswa dapat menemukan penggunaan tanda tanya dengan benar.



Kemarin kita sudah melaksananakn ulangan ketiga di tema 6 subtema 3, yaitu tumbuhan disekitarku.Alhamdulillah hasil yang didapatkan memuaskan,, Hari ini kita akan masuk ke subtema 4 pembelajaran 5

Sebelum mulai belajar ada baiknya kita melihat video dibawah ini terlebih dahulu. 


VIDEO PEMBELAJARAN




RINGKASAN MATERI


Di halaman sekolah siti, terdapat banyak tanaman.

Tanaman itu dirawat dengan baik oleh tukang kebun sekolah.

Setiap siswa mendapat tugas merawat tanaman di dalam pot yang terdapat di dekat kelas.

Siti, beni, dan dayu sedang mengamati tukang kebun bekerja.

 

AYO MEMBACA

 

Bacalah percakapan berikut dengan intonasi yang tepat.

Beni                             : permisi, pak. Apa yang sedang bapak kerjakan?

Tukang kebun             :  bapak sedang mencabuti rumput liar disekitar tanaman nak.

Siti                               : mengapa rumput liar harus dicabuti, pak?

Tukang kebun             :  rumput liar harus dicabuti supaya tidak mengganggu pertumbuhan tanaman disekitarnya

Dayu                           :  bagaimana cara agar rumput liar tidak tumbuh lagi pak

Tukang kebun             :  caranya, cabutlah rumput liar hingga ke akarnya.

Beni                             : bolehkah kami membantu, pak?

Tukang kebun             :  boleh, beni. Jangan lupa cuci tanganmu setelah selesai.

Siti, beni, dan dayu     : baik, pak.

 

1. Kata tanya apa saja yang digunakan dalam percakapan di atas? Mengapa dan bagaimana

2. Kata tanya apakah yang digunakan untuk menanyakan sebab dan alasan? mengapa

3. Kata tanya apakah yang digunakan untuk menanyakan cara? Bagaimana

 

AYO BERLATIH

 

Isilah titik-titik pada kalimat tanya berikut, dengan kata tanya “mengapa” dan “bagaimana”. Gunakan huruf tegak bersambung!

1.Mengapa tanaman harus disiram secra teratur?                 

2.Bagaimana cara merawat tanaman tomat?             

3.Bagaimana cara menyiram tanaman yang baik?                

4.Mengapa tanaman membutuhkan sinar matahari?             

5.Mengapa tanaman harus diberi pupuk?

 

AYO BERDISKUSI

 

Setiap siswa kelas 2 ditugaskan untuk merawat tanaman yang ada di sekolah.

Hal itu dilakukan di pagi hari sebelum masuk kelas. Siti dan Beni ditugaskan pada hari Senin.

Dayu dan Lani ditugaskan pada hari Selasa. Lina dan Niko ditugaskan pada hari rabu. Pada hari Rabu, Niko datang terlambat.Lina harus mengerjakan tugasnya sendirian.

 

1. Bagaimana pendapatmu mengenai Niko yang terlambat? Berusaha untuk hari berikutnya tidak dating terlambat

2. Apakah yang dilakukan Niko sesuai dengan tata tertib?diberi teguran

3. Apa yang terjadi jika Niko datang tepat waktu? Lani tidak akan mengerjakan sendirian

4.Apa yang akan kalian lakukan jika ada teman kalian yang melakukan hal seperti Niko? ditegur

                       

TUGAS

Mengerjakan modul tematik halaman halaman 45 Pkn dan halaman 46 Bahasa Inonesia

tetap semangat anak soleh soleha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

    Hari / Tanggal : Jumat / 15 november 2024 Kelas / Fase : 5/C Capaian Pembelajaran P5: Dengan mengangkat tema “kearifan lokal ” dan menga...