Pages

Rabu, 24 Juli 2024

MAteri Ajar: Kamis, 25 Juli 2024

 

Kelas / Fase : 5 / C

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Capaian Pembelajaran :

1.      Elemen Menyimak

Peserta didik mampu menganalisis informasi dengan mengidentifikasikan ciri objek, urutan proses kejadian dan nilai-nilai dari berbagai tipe teks nonfiksi dan fiksi yang disajikan dalam bentuk lisan, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan audio.

2.      Elemen Membaca dan Memirsa

Peserta didik mampu membaca kata-kata dengan berbagai pola kombinasi huruf dalam kata dengan fasih dan indah.. Peserta didik mampu memahami informasi dan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan untuk mengidentifikasi objek, fenomena, dan karakter. Peserta didik mampu menganalisis informasi dari berbagai tipe teks serta nilai-nilai yang terkandung dalam teks sastra dari teks visual dan/atau audiovisual. Peserta didik mampu membaca hasil pengamatan.

3.      Elemen Berbicara dan Mempresentasikan

Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.

4.      Elemen Menulis

Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.


Tujuan Pembelajaran :

Siswa memahami informasi dalam teks bacaan


Assalamualaikum wr wb

Selamat pagi anak sholeh dan sholehah, bagaimana kabarnya pagi ini? Semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT ya aamiin, yuk kita mulai pembelajaran hari ini dengan membaca doa, shalat dhuha dan murojaah ya..

       

Apakah kalian mempunyai keluarga atau teman yang bersaudara kembar? Apakah rupa mereka sama? Bagaimana cara kalian membedakan mereka? Bacalah teks singkat di bawah ini tentang dua bersaudara Rana dan Rani.

Rana dan Rani
Rana dan Rani adalah dua bersaudara.
Mereka memiliki rupa yang sama.
Wajah, mata, dan alis mereka mirip.
Mereka berhidung mancung dan berdagu lancip.

Rana dan Rani adalah kembar identik. 
Membedakan rupa mereka sangatlah sulit.
Kelahiran mereka berjarak tujuh menit.
Rana adalah kakak dan Rani adalah adik.

Rana dan Rani memiliki sifat yang berbeda.
Rana pendiam, tetapi Rani periang.
Hobi mereka juga tidak sama.
Rana suka olahraga senam, sedangkan Rani suka merangkai kembang.

Rana dan Rani bercita-cita mulia.
Mereka ingin mengabdi pada negara tercinta Indonesia.
Rana menjadi atlet dan Rani menjadi pengusaha ternama.
Belajar rajin dan tekun menjadi ikhtiar mereka.

Contoh soal :

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1. Siapakah saudara kembar pada teks di samping?
Rana dan Rani
2. Apakah yang dimaksud dengan kembar identik?
Kembar identik adalah kembar identik berasal dari satu sel telur yang membelah menjadi dua.
3. Berapa lama jarak kelahiran si Kembar?
Kelahiran mereka berjarak tujuh menit.
4. Jika kalian menjadi teman mereka, bagaimana kalian dapat membedakan keduanya?
Rana dan Rani memiliki sifat yang berbeda. Rana pendiam sementara Rani periang.
5. Apa sajakah persamaan dan perbedaan pada si Kembar Rana dan Rani? 
Perbedaan
Rana : Sifatnya Pendiam, Hobinya olahraga senam, Cita-citanya menjadi atlet
Rani : Sifatnya periang, Hobinya merangkai kembang, Cita-citanya menjadi pengusaha
Persamaan : Hidung mancung, Dagu lancip, Wajah, mata, alis yang mirip

Gunakan Diagram Venn di bawah ini sebagai panduan penulisan jawaban. Tuliskan persamaan keduanya pada daerah tengah diagram. Tuliskan perbedaan atau ciri khusus masing-masing pada bagian kiri dan kanan diagram.
Rana dan Rani
      
    Contoh soal:
  
     
    Nia adalah anak yang lucu karena suka membuat temannya tertawa.
Kata sifat dalam kalimat tersebut adalah...


A. Nia
B. Adalah
C. Anak
D. Lucu


2. Sikap hemat harus kita lakukan. Lawan kata dari 'hemat' adalah...

A. Boros
B. Tabung
C. Belanja
D. Irit


3. Kata "lupa" jika diberi awalan pe- akan menjadi...

A. Perlupa
B. Pemlupa
C. Pelupa
D. Perupa



4. Salah satu kata hubung dalam kalimat majemuk setara adalah...

A. Jika
B. Maka
C. Apabila
D. Dan


5. Pak Roim adalah seorang...sapi.
Kalimat rumpang di atas akan tepat jika dilengkapi dengan...

A. Perternak
B. Peternak
C. Penanak
D. Peternakan



6. Salah satu jenis teks non fiksi adalah...

A. Novel
B. Puisi
C. Fabel
D. Ensiklopedia


7. Suatu bacaan memiliki latar belakang. Berikut ini bukan latar dari suatu bacaan, yaitu...

A. Waktu
B. Tempat
C. Arah
D. Keadaan



8. Nasihat yang akan disampaikan penulis dalam sebuah bacaan merupakan salah satu unsur intrinsik dari suatu bacaan, yaitu...

A. Judul
B. Tema
C. Amanat
D. Tokoh



9. Di bawah ini kalimat yang menggunakan majas metafora, yaitu...

A. Rambut Maira semakin ikal
B. Ika memakai Pepsodent
C. Anjingnya membentuk sang tamu
D. Jangan membatu, ayo bergerak!


10. Penulis menggunakan majas dengan tujuan..

A. Agar nasihatnya diterima pembaca
B. Agar tulisannya menjadi menarik
C. Agar banyak yang membaca
D. Agar penulis bersemangat


      Bagaimana sudah paham dengan pembelajaran hari ini? Apakah anak sholeh sholehah senang belajar hari ini? Alhamdulillah kalau sudah paham semua, Miss Dwi akhiri pembelajaran hari ini.

Wassalamualaikum wr wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi : pts hari keempat, rabu,16 oktober 2024

  PENILAIAN TENGAH SEMESTER Kelas/Semester : 5/ 1 SD AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG Assalamualaikum wr wb Good morning my students.  How are you ...