Kelas / Fase : 5 / C
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Capaian Pembelajaran :
1. Elemen Menyimak
Peserta didik mampu menganalisis informasi dengan mengidentifikasikan ciri objek, urutan proses kejadian dan nilai-nilai dari berbagai tipe teks nonfiksi dan fiksi yang disajikan dalam bentuk lisan, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan audio.
2. Elemen Membaca dan Memirsa
Peserta didik mampu membaca kata-kata dengan berbagai pola kombinasi huruf dalam kata dengan fasih dan indah.. Peserta didik mampu memahami informasi dan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan untuk mengidentifikasi objek, fenomena, dan karakter. Peserta didik mampu menganalisis informasi dari berbagai tipe teks serta nilai-nilai yang terkandung dalam teks sastra dari teks visual dan/atau audiovisual. Peserta didik mampu membaca hasil pengamatan.
3. Elemen Berbicara dan Mempresentasikan
Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menyampaikan informasi dengan fasih dan santun. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.
4. Elemen Menulis
Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.
Tujuan Pembelajaran :
Siswa memahami informasi dalam teks bacaan
Assalamualaikum wr wb
Selamat pagi anak sholeh dan sholehah, bagaimana kabarnya pagi ini? Semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT ya aamiin, yuk kita mulai pembelajaran hari ini dengan membaca doa, shalat dhuha dan murojaah ya..
Rana dan Rani
Kembar identik adalah kembar identik berasal dari satu sel telur yang membelah menjadi dua.
Kelahiran mereka berjarak tujuh menit.
Rana dan Rani memiliki sifat yang berbeda. Rana pendiam sementara Rani periang.
PerbedaanRana : Sifatnya Pendiam, Hobinya olahraga senam, Cita-citanya menjadi atletRani : Sifatnya periang, Hobinya merangkai kembang, Cita-citanya menjadi pengusahaPersamaan : Hidung mancung, Dagu lancip, Wajah, mata, alis yang mirip
A. Nia
B. Adalah
C. Anak
D. Lucu
2. Sikap hemat harus kita lakukan. Lawan kata dari 'hemat' adalah...
A. Boros
B. Tabung
C. Belanja
D. Irit
3. Kata "lupa" jika diberi awalan pe- akan menjadi...
A. Perlupa
B. Pemlupa
C. Pelupa
D. Perupa
4. Salah satu kata hubung dalam kalimat majemuk setara adalah...
A. Jika
B. Maka
C. Apabila
D. Dan
5. Pak Roim adalah seorang...sapi.
Kalimat rumpang di atas akan tepat jika dilengkapi dengan...
A. Perternak
B. Peternak
C. Penanak
D. Peternakan
6. Salah satu jenis teks non fiksi adalah...
A. Novel
B. Puisi
C. Fabel
D. Ensiklopedia
7. Suatu bacaan memiliki latar belakang. Berikut ini bukan latar dari suatu bacaan, yaitu...
A. Waktu
B. Tempat
C. Arah
D. Keadaan
8. Nasihat yang akan disampaikan penulis dalam sebuah bacaan merupakan salah satu unsur intrinsik dari suatu bacaan, yaitu...
A. Judul
B. Tema
C. Amanat
D. Tokoh
9. Di bawah ini kalimat yang menggunakan majas metafora, yaitu...
A. Rambut Maira semakin ikal
B. Ika memakai Pepsodent
C. Anjingnya membentuk sang tamu
D. Jangan membatu, ayo bergerak!
10. Penulis menggunakan majas dengan tujuan..
A. Agar nasihatnya diterima pembaca
B. Agar tulisannya menjadi menarik
C. Agar banyak yang membaca
D. Agar penulis bersemangat
Wassalamualaikum wr wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar