Pages

Minggu, 04 Juni 2023

Materi Ajar : Senin, 5 Juni 2023 kisi MATEMATIKA

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabaraakatuh 

Good morning my students 🤗 soleh soleha kelas 5

How are you this morning? Semoga semua dalam keadaan sehat ya. 

Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu ya, agar Allah senantiasa melancarkan pembelajaran kita hari ini dan Sholeh Sholehah mendapatkan hasil yang terbaik.

Untuk hari ini kita akan memulai Penilaian Akhir Semester (PAS) Genap, yaitu :

KISI-KISI dan latihan soal PAS Matematika

yang perlu dipelajari

RANGKUMAN MATERI MATEMATIKA KELAS 5 SEMESTER2

Bab 1 Bilangan Bulat

1. Penggunaan sifat-sifat operasi hitung.

a.  Penggunaan sifat komutatif (sifat pertukaran).

b.  Penggunaan sifat asosiatif (sifat pengelompokan).

c.   Penggunaan sifat distributif (sifat penyebaran).

 

2. Urutan pengerjaan operasi hitung campuran

a.  Kerjakan terlebih dahulu operasi dalam tanda kurung.

b.  Perkalian dan pembagian dikerjakan dahulu daripada penjumlahan dan pengurangan.

c.   Penjumlahan dan pengurangan dikerjakan secara urut dari sebelah kiri.

d.  Perkalian dan pembagian dikerjakan secara urut dari sebelah kiri.

3. Bilangan prima adalah bilangan yang hanya memiliki dua fakor, yaitu 1 dan bilanganitusendiri.

 4. Faktor prima adalah faktor-faktor suatu bilangan yang berupa bilangan prima.

5. KPK dari beberapa bilangan merupakan kelipatan bersama terkecil dari bilangan-bilangantersebut.

 6. FPB dari beberapa bilangan merupakan faktor bersama yang terbesar dari bilangan-bilangantersebut.

Bab 2 Pangkat dan Akar Bilangan Bulat

1. Bilangan kuadrat merupakan perkalian suatu bilangan dengan bilangan yang sama sebanyakdua kali. Bentuk 2 2 dibaca dua pangkat dua atau dua kuadrat.

 2. Pengakaran adalah kebalikan dari perpangkatan.

3. Pengerjaan operasi hitung yang melibatkan pangkat dan akar.

a.  Kerjakan operasi dalam tanda kurung.

b.  Kerjakan operasi pangkat dan akar pangkat.

c.   Kerjakan operasi perkalian dan pembagian.

d.  Kerjakan operasi penjumlahan dan pengurangan.

 

Bab 3 Pengukuran Waktu, Sudut, Jarak, dan Kecepatan

1. Notasi waktu 24 jam

a.  00.00 – 12.00 menunjukkan waktu dini hari sampai siang hari.

b.  12.00 – 24.00 menunjukkan waktu siang sampai malam hari.

 2. Pada operasi hitung satuan waktu, harus mengetahui hubungan:

a.  1 milenium = 10 abad = 100 dasawarsa = 1.000 tahun

b.  1 abad = 10 dasawarsa = 100 tahun

c.   1 dasawarsa = 10 tahun

d.  1 windu = 8 tahun

e.  1 lustrum = 5 tahun

f.    1 tahun = 12 bulan = 52 minggu = 365 hari

g.  1 bulan = 4 minggu = 30 hari

h.  1 minggu = 7 hari

i.     1 jam = 60 menit = 3.600 detik

j.     1 menit = 60 detik

 

3. Pengukuran sudut dilakukan dengan busur derajat.

a.  Besar sudut satu putaran penuh adalah 360

b.  Satu putaran pada jarum jam adalah 12 jam.

4. Hubungan jarak dan kecepatan dirumuskan.

 

Bab 4 Trapesium dan Layang-Layang

1. Berikut jenis-jenis trapesium.

a.  Trapesium sama kaki memiliki sepasang sisi sama panjang.

b.  Trapesium siku-siku memiliki sudut siku-siku.

c.   Trapesium sembarang memiliki sisi tidak sama panjang dan sudutnya tidak siku-siku.

 

2. Bagian-bagian trapesium.

a.  Trapesium terdiri atas empat sisi. Dua sisi alas sejajar.

b.  Trapesium memiliki tinggi.

 

3. Luas trapesium dirumuskan: L = ½ x (jumlah dua sisi yang sejajar) x t L = ½ x (a + b) x t

4. Layang-layang merupakan segi empat yang dua pasang sisi berdekatan samapanjang.

5. Layang-layang terdiri atas empat sisi dan dua diagonal.

6. Luas layang-layang dirumuskan: L =


Bab 5 Kubus dan Balok

KUBUS

1.  Kubus adalah bangun ruang yang semua sisinya sama   panjang.

 2. Berikut bagian-bagian kubus.

a.  Titik sudut kubus ada 8 buah.

b.  Rusuk kubus ada 12 buah.

c.   Sisi kubus ada 6 buah

3. Volum kubus dirumuskanV = s x s x s

4. Jaring-jaring kubus

 



 BALOK

1. Balok adalah bangun ruang yang dua sisi berhadapan sama panjang.

 2. Berikut bagian-bagian balok.

a.  Titik sudut balok ada 8 buah

b.  Rusuk balok ada 12 buah.

c.   Sisi balok ada 6 buah

2.  Volum balok dirumuskanV = p x l x t

3.  Jaring-jaring balok

 


Bab 6 Pecahan

 1. Bentuk persen ditulis ”%”. Bentuk persen adalah bentuk   perseratus.

 2. Mengubah pecahan ke bentuk persen adalah mengalikan pecahan dengan 100%.

3. Mengubah persen ke pecahan dilakukan dengan mengganti bentuk a % dengan .

4. Mengubah pecahan ke desimal, yaitu dengan membagi pembilang dengan penyebut.

5. Mengubah desimal ke pecahan, yaitu dengan disederhanakan.

a.  Penjumlahan pecahan:

b.  Pengurangan pecahan:

c.   Penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan penyebut berbeda dilakukan denganmenyamakan penyebutnya.

d.  Penjumlahan dan pengurangan bilangan campuran, yaitu dengan mengubahnya menjadi pecahan.

e.  Penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal , yaitu dengan menyamakan angkadi belakang koma.

 

7. a. Perkalian pecahan: b. Pembagian pecahan:

8. Skala merupakan perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya.

 

 Bab 7 Bangun Datar dan Bangun Ruang

 1. Sifat-sifat persegi panjang.

a.  Panjang sisi yang berhadapan samaAB = DC dan BC = AD

b.  Keempat titik sudutnya sama besar, yaitu 90°–A = –B = –C = –D

c.   Persegi panjang mempunyai 2 buah diagonal yang berpotongan di satutitik(O). Titik O membagi dua diagonal yang sama. AO = OC dan BO = OD

d.  Persegi panjang mempunyai 2 sumbu simetri, 2 simetri lipat, dan 2 simetri putar.

2. Sifat-sifat persegi.

a.  Panjang semua sisinya samaAB = BC = CD = AD

b.  Keempat titik sudutnya sama besar, yaitu 90°A = B = C = D

c.   Diagonal persegi membagi sudut-sudutnya menjadi 2 sama besar.

d.  Persegi mempunyai 4 sumbu simetri.

 

3. Jenis-jenis segitiga.

a.  Segitiga sama sisi adalah segitiga yang ketiga sisinya sama panjang. Sisi-sisi yangsamapanjang adalah AB = BC = AC.

b.  Segitiga sama kaki adalah segitiga yang dua sisinya sama panjang. Sisi-sisi yangsamapanjang adalah RP = RQ.

c.   Segitiga sembarang adalah segitiga yang ketiga sisinya berbeda.

d.  Segitiga lancip adalah segitiga yang ketiga sudutnya kurang dari 90°.

e.  Segitiga siku-siku adalah segitiga yang salah satu sudutnya 90°.

f.    Segitiga tumpul adalah segitiga yang salah satu sudutnya lebih dari 90°.

 

4. Sifat-sifat jajargenjang.

a.  Panjang sisi yang sejajar AB = DC dan BC = AD

b.  Sudut yang berhadapan sama besar A = C dan B = D

c.   Mempunyai dua diagonal yang berpotongan di satu titik. Diagonal tersebut salingmembagi dua sama panjang. AP = PC dan BP = PD.

d.  Mempunyai dua simetri putar dan tidak memiliki simetri lipat.


 5. Sifat-sifat belah ketupat.

a.  Panjang semua sisi samaAB = BC = CD = AD

b.  Sudut yang berhadapan sama besar A = C = B = D

c.   Belah ketupat mempunyai dua sumbu simetri.

d.  Diagonalnya merupakan sumbu simetri. Diagonal tersebut saling membagi duasamapanjang dan saling tegak lurus.

 

6. Sifat-sifat layang-layang.

a.  Panjang sisi yang berdekatan samaAB = CB dan AD = DC

b.  Memiliki sepasang sudut yang sama besar A = C dan B = D

 

7. Sifat-sifat trapezium

a.  Memiliki sepasang sisi yang sejajar. Sisi AB sejajar dengan CD.

b.  Memiliki empat buah sudut.

 

 8. Sifat-sifat kubus adalah sebagai berikut.

a.  Semua rusuk kubus sama panjangAB = BC = CD = AD = AE = BF = CG = DH = EF = FG = GH = EH

b.  Semua titik sudut kubus sama besar A = B = C = D = E = F = G = H = 90°

c.   Semua sisi kubus berbentuk persegi yang samaABCD = EFGH = ADHE = BCGF = ABFE = DCGH

 

9. Sifat-sifat balok adalah sebagai berikut.

a.  Rusuk-rusuk balok yang berhadapan sama panjang. AB = DC = EF = HGBC = AD = FG = EHAE = BF = CG = DH

b.  Semua titik sudut balok sama besar A = B = C = D = E = F = G = H = 90°

c.   Sisi balok yang berhadapan sama dan berbentuk persegi panjangABCD = EFGHADHE = BCGFABEF = DCGH

 10. Sifat-sifat prisma segi empat adalah sebagai berikut

a.  Rusuk-rusuk prisma segi empat yang berhadapan sama panjang. AB = DC = EF = HGBC = AD = FG = EHAE = BF = CG = DH

b.  Semua titik sudut prisma segi empat sama besar. A = B = C = D = E = F = G = H = 90°

c.   Sisi prisma segi empat yang berhadapan sama. ABCD = EFGHADHE = BCGFABFE = DCGH

 11. Sifat-sifat prisma segitiga adalah memiliki sisi berhadapan yang sama, yaituABC = DEF dan BEFC = ADFC. Prisma memiliki 9 rusuk, 6 sudut, dan 5 sisi.

12. Sifat-sifat limas segi empat adalah sebagai berikut.

a.  Sisi alas limas segi empat berbentuk segi empat (ABCD).

b.  Sisi tegak limas segi empat berbentuk segitiga sama kaki (DABT, DBCT, DCDT, DADT).

c.   Limas memiliki 8 buah rusuk, 5 sudut, dan 5 sisi.

 13. Benda dikatakan sebangun, jika:

a.  memiliki sudut seletak sama besar, dan

b.  perbandingan sisi seletaknya sama.

14. Bangun dikatakan simetris apabila dilipat atau diputar sisi dan sudut-sudutnya saling berimpit.

15. Untuk menentukan bangun itu simetri atau tidak yang dilakukan adalah

a.  menentukan sumbu simetri,

b.  melipat bangun, dan

c.   memutar bangun.

 16. Simetri lipat tidak bisa lepas dengan sumbu simetri. Sumbu simetri adalah garis di tengah-tengah bangun yang apabila dilipat saling berimpit.

17. Simetri putar adalah keadaan bangun datar apabila:

a.  diputar sisi-sisi dan sudutnya saling berimpit, dan

b.  dapat menempati bingkainya kembali


       LATIHAN SOAL

    1.  Diketahui sebuah kardus/ balok mempunyai panjang 30 cm , lebar 20 cm, tinggi 15 cm dan sebuah kubus/ kotak yang berisi mainan mempunyai rusuk 10 cm

Berapa banyak maianan yang dapat dimasukkakn ke dalam kardus

Jawab

Dik:

P= 30 cm

L = 20 cm

T = 15 cm

S=10 cm

Volume BALOK= p x l x t = 30 cmx 20cmx 15cm= 9000 cm 3

Volume Kubus/kotak = s x s x s = 10cm x10cm x10cm= 9 cm 3

Banyaknya mainan 9000 cm 3 : 9 cm= 9 buah

Jadi, mainan yang bias dimasukkan kedalam kardus adalah 9

Latihan soal pilihan ganda

1.    Sebuah kubus memiliki panjang sisi 3 cm . Berapa luas permukaan kubus tersebut?
a. 18 cm²
b. 27 cm²
c. 36 cm²
d. 54 cm²
Jawaban: d
2.    Jarak dua kota sesungguhnya adalah 50km. Skala 1:2.000.000 di peta. Maka jarak pada peta adalah …
a.    2,5 cm
b.    2,2 cm
c.     2,7 cm
d.    2,0 cm
e.    2,1 cm
Jawaban: (a) 2,5 cm
3.    Jika terdapat murid di kelas 5 SD sebanyak 40 murid, sementara hari ini 4 murid tidak masuk sekolah karena berhalangan, maka persentase murid yang tidak masuk adalah …
a.       23%
b.       30%
c.       10%
d.       13%
Jawaban: (c) 10%
4.       Jika terdapat kertas dengan panjang sisinya secara keseluruhan 4 cm, maka kertas tersebut berbentuk bangun …
a.       Kubus
b.       Lingkaran
c.       Persegi
d.       Persegi panjang
e.       Segitiga
Jawaban: (c) Persegi
 
5.        4. 0,5 + 0,7 =
a.       0,0000012
b.       0,000012
c.       0,12
d.       0,12
e.    1,2
Jawaban: (e) 1,2  
6. 5 2/5  x 6 = 5
A. 30  2/5
B. 32  2/5
C. 32/5
D. 127/5
Jawab : b
.
7. 236 – √ 196 x √ 256 = …
Berapa hasil akhirnya …
a. 712
b. 5012
c. 4912
d. 5432
Jawab : b
Berapa hasil akhirnya …
a. 712
b. 5012
c. 4912
d. 5432
Jawab : b
8. 352; – √ 625 x √ 1.024 = …
Berapa hasil akhir atas operasi ini …
a. 375
b. 475
c. 525
d. 425
Jawab : d
Berapa hasil akhir atas operasi ini …
a. 375
b. 475
c. 525
d. 425
Jawab : d
9. Ada 10 pena. 7 pensil biru. Persentase dari pensil biru adalah.
a. 80 persen
b. 70 persen
c. 60 %
d. 50 %
a. 80 persen
b. 70 persen
c. 60 %
d. 50 %
Jawab: b
10. Bentuk persen dari angka 35 adalah.
a. 3,5 %
b. 35 %
c. 350 %
d. 3.500 %
a. 3,5 %
b. 35 %
c. 350 %
d. 3.500 %
Jawab: d
11. Bentuk pecahan yang lebih sederhana dari 15/75 adalah ….
A. 3/5
B. 5/25
C. 1/3
D. 1/5
Jawab : b
12. 347 x 425 = ... hasil dari perkalian di samping adalah ....
A. 174.475
B. 147.475
C. 147.745
D. 174.745
A. 174.475
B. 147.475
C. 147.745
D. 174.745
Jawab : d
13. Volume sebuah tabung yang diameter alasnya 14 cm dan tingginya 20 cm adalah . . . .
A. 2.380 cm2
B. 1.340 cm2
C. 3.080 cm3
D. 3680 cm
A. 2.380 cm2
B. 1.340 cm2
C. 3.080 cm3
D. 3680 cm
Jawab : c
14. 4 bulan + 6 minggu = . . . hari
A. 162
B. 143
C. 126
D. 136
A. 162
B. 143
C. 126
D. 136
Jawab : d
15. Jika 3 tahun yang lalu umur adikku 9 tahun, 1 windu yang akan datang umur adikku
adalah ... tahun.
A. 24
B. 21
C. 20
D. 26
adalah ... tahun.
A. 24
B. 21
C. 20
D. 26
Jawab : a
16. 4 jam + 2 menit + 8 detik = ... detik.
A. 13.528
B. 16.528
C. 14.528
D. 12.528
A. 13.528
B. 16.528
C. 14.528
D. 12.528
Jawab : a
17. (6 + 5)2 + 102 = ….
A. 241
B. 215
C. 221
D. 224
A. 241
B. 215
C. 221
D. 224
Jawab : c
18. 5 km + 3,2 hm = … m
A. 532
B. 53,20
C. 5.032
D. 5.320
A. 532
B. 53,20
C. 5.032
D. 5.320
Jawab : d
19. Jika umur adik dibanding umur kakak 2 : 3. Jumlah umur keduanya 40 tahun. Umur adik adalah ….
A. 16
B. 24
C. 30
D. 23
A. 16
B. 24
C. 30
D. 23
Jawab : a
20. Kelipatan persekutuan terkecil dari 36 dan 48 adalah . . . .
A. 144
B. 164
C. 154
D. 170
A. 144
B. 164
C. 154
D. 170
Jawab : a
21. 5 persen dari 600 adalah ….
A. 35
B. 40
C. 30
D. 45
A. 35
B. 40
C. 30
D. 45
Jawab : c
22. Nilai ulangan matematika Aldi adalah 6,7,8,9,9. Nilai rata-rata Matematika Aldi adalah . . . .
A. 7,4
B. 7,6
C. 7,8
D. 7,9
A. 7,4
B. 7,6
C. 7,8
D. 7,9
Jawab : c
23. Jika luas sebuah persegi panjang 54 cm dan lebar persegi panjang 6 cm. Maka keliling persegi panjang itu …. cm.
A. 30
B. 28
C. 7,8
D. 7,9
A. 30
B. 28
C. 7,8
D. 7,9
Jawab : a
24. 4,3 ton + 5 kuintal + 12 kg = ….
A. 4.542
B. 5.432
C. 5.243
D. 4.812
A. 4.542
B. 5.432
C. 5.243
D. 4.812
Jawab : d
25. Jarak dua buah kota yang sebenarnya 50 km. Dalam suatu peta di gambar. Skala 1 : 2.000.000. Jarak pada peta adalah . . . .
A. 1,5 cm
B. 3,5 cm
C. 2 cm
D. 2,5 cm
A. 1,5 cm
B. 3,5 cm
C. 2 cm
D. 2,5 cm
Jawab : d
26. 12,34 + 325,6 + 25,113 = ….
A. 336,503
B. 363,053
C. 336,053
D. 363,503
A. 336,503
B. 363,053
C. 336,053
D. 363,503
Jawab : b
27. Banyak rusuk yang terdapat pada limas segi empat adalah ....
A. 4
B. 5
C. 8
D. 10
A. 4
B. 5
C. 8
D. 10
Jawab : c
28. Menuliskan hasil pengamatan langsung termasuk kegiatan pengumpulan data dengan cara ....
A. pencatatan langsung
B. lembar pertanyaan
C. lembar isian
D. pencatatan tidak langsung
Jawaban: A
29. Sebuah balok dengan panjang 20 cm, lebar 8 cm dan tinggi 5 cm. Luas jaring – jaring balok adalah .....
A. 480 cm2
B. 560 cm2
C. 600 cm2
D. 640 cm2
Jawaban: C 14.
30.Jika diketahui panjang sisi kubus 14 cm. Berapa luas jaring – jaring kubus?
A. 876 cm2
 B. 976 cm2
C. 1.076 cm2
D. 1.176 cm2
Jawaban: D






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

    Hari / Tanggal : Senin / 18 november 2024 Kelas / Fase : 5 / C Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan, IPAS, Matematika 👉👉Tujuan Pe...