Good morning my students 🤗 soleh soleha kelas 5
How are you this morning? Semoga semua dalam keadaan sehat ya.
Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa untuk sholat dhuha dan murojaah terlebih dahulu ya, agar Allah senantiasa melancarkan pembelajaran kita hari ini dan Sholeh Sholehah mendapatkan hasil yang terbaik.
Untuk hari ini kita akan memulai Penilaian Akhir Semester (PAS) Genap, yaitu :
KISI-KISI dan latihan soal PAS Matematika
yang perlu dipelajari
RANGKUMAN MATERI
MATEMATIKA KELAS 5 SEMESTER2
Bab 1 Bilangan Bulat
1. Penggunaan
sifat-sifat operasi hitung.
a. Penggunaan sifat komutatif (sifat
pertukaran).
b. Penggunaan sifat asosiatif (sifat
pengelompokan).
c.
Penggunaan
sifat distributif (sifat penyebaran).
2. Urutan pengerjaan
operasi hitung campuran
a. Kerjakan terlebih dahulu operasi dalam
tanda kurung.
b. Perkalian dan pembagian dikerjakan
dahulu daripada penjumlahan dan pengurangan.
c.
Penjumlahan
dan pengurangan dikerjakan secara urut dari sebelah kiri.
d. Perkalian dan pembagian dikerjakan
secara urut dari sebelah kiri.
3. Bilangan prima adalah bilangan yang hanya memiliki dua fakor, yaitu 1 dan bilanganitusendiri.
4. Faktor prima adalah faktor-faktor suatu bilangan yang berupa bilangan prima.
5. KPK dari beberapa bilangan merupakan kelipatan bersama terkecil dari bilangan-bilangantersebut.
6. FPB dari beberapa bilangan merupakan faktor
bersama yang terbesar dari bilangan-bilangantersebut.
Bab 2 Pangkat dan Akar Bilangan Bulat
1. Bilangan kuadrat
merupakan perkalian suatu bilangan dengan bilangan yang sama sebanyakdua kali.
Bentuk 2 2 dibaca dua pangkat dua atau dua kuadrat.
2. Pengakaran adalah kebalikan dari perpangkatan.
3. Pengerjaan operasi
hitung yang melibatkan pangkat dan akar.
a. Kerjakan operasi dalam tanda kurung.
b. Kerjakan operasi pangkat dan akar
pangkat.
c.
Kerjakan
operasi perkalian dan pembagian.
d. Kerjakan operasi penjumlahan dan
pengurangan.
Bab 3 Pengukuran
Waktu, Sudut, Jarak, dan Kecepatan
1. Notasi waktu 24
jam
a. 00.00 – 12.00 menunjukkan waktu dini
hari sampai siang hari.
b. 12.00 – 24.00 menunjukkan waktu siang
sampai malam hari.
2. Pada operasi hitung satuan waktu, harus
mengetahui hubungan:
a. 1 milenium = 10 abad = 100 dasawarsa =
1.000 tahun
b. 1 abad = 10 dasawarsa = 100 tahun
c.
1
dasawarsa = 10 tahun
d. 1 windu = 8 tahun
e. 1 lustrum = 5 tahun
f.
1 tahun =
12 bulan = 52 minggu = 365 hari
g. 1 bulan = 4 minggu = 30 hari
h. 1 minggu = 7 hari
i.
1 jam =
60 menit = 3.600 detik
j.
1 menit =
60 detik
3. Pengukuran sudut
dilakukan dengan busur derajat.
a. Besar sudut satu putaran penuh adalah
360
b. Satu putaran pada jarum jam adalah 12 jam.
4. Hubungan jarak dan
kecepatan dirumuskan.
Bab 4 Trapesium dan Layang-Layang
1. Berikut
jenis-jenis trapesium.
a. Trapesium sama kaki memiliki sepasang
sisi sama panjang.
b. Trapesium siku-siku memiliki sudut
siku-siku.
c.
Trapesium
sembarang memiliki sisi tidak sama panjang dan sudutnya tidak siku-siku.
2. Bagian-bagian
trapesium.
a. Trapesium terdiri atas empat sisi. Dua
sisi alas sejajar.
b. Trapesium memiliki tinggi.
3. Luas trapesium
dirumuskan: L = ½ x (jumlah dua sisi yang sejajar) x t L = ½ x (a + b) x t
4. Layang-layang
merupakan segi empat yang dua pasang sisi berdekatan samapanjang.
5. Layang-layang
terdiri atas empat sisi dan dua diagonal.
6. Luas layang-layang
dirumuskan: L =
Bab 5 Kubus dan Balok
KUBUS
1. Kubus adalah bangun ruang yang semua sisinya sama panjang.
2. Berikut bagian-bagian kubus.
a. Titik sudut kubus ada 8 buah.
b. Rusuk kubus ada 12 buah.
c. Sisi kubus ada 6 buah
3. Volum kubus
dirumuskanV = s x s x s
4. Jaring-jaring
kubus
BALOK
1. Balok adalah
bangun ruang yang dua sisi berhadapan sama panjang.
2. Berikut bagian-bagian balok.
a. Titik sudut balok ada 8 buah
b. Rusuk balok ada 12 buah.
c. Sisi balok ada 6 buah
2. Volum balok dirumuskanV = p x l x t
3. Jaring-jaring balok
Bab 6 Pecahan
1. Bentuk persen ditulis ”%”. Bentuk persen
adalah bentuk perseratus.
2. Mengubah pecahan ke bentuk persen adalah
mengalikan pecahan dengan 100%.
3. Mengubah persen ke
pecahan dilakukan dengan mengganti bentuk a % dengan .
4. Mengubah pecahan
ke desimal, yaitu dengan membagi pembilang dengan penyebut.
5. Mengubah desimal
ke pecahan, yaitu dengan disederhanakan.
a. Penjumlahan pecahan:
b. Pengurangan pecahan:
c.
Penjumlahan
dan pengurangan pecahan dengan penyebut berbeda dilakukan denganmenyamakan
penyebutnya.
d. Penjumlahan dan pengurangan bilangan
campuran, yaitu dengan mengubahnya menjadi pecahan.
e. Penjumlahan dan pengurangan bilangan
desimal , yaitu dengan menyamakan angkadi belakang koma.
7. a. Perkalian
pecahan: b. Pembagian pecahan:
8. Skala merupakan
perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya.
Bab 7 Bangun Datar dan Bangun Ruang
1. Sifat-sifat persegi panjang.
a. Panjang sisi yang berhadapan samaAB = DC
dan BC = AD
b. Keempat titik sudutnya sama besar, yaitu
90°–A = –B = –C = –D
c.
Persegi
panjang mempunyai 2 buah diagonal yang berpotongan di satutitik(O). Titik O
membagi dua diagonal yang sama. AO = OC dan BO = OD
d. Persegi panjang mempunyai 2 sumbu simetri, 2 simetri lipat, dan 2 simetri putar.
2. Sifat-sifat
persegi.
a. Panjang semua sisinya samaAB = BC = CD =
AD
b. Keempat titik sudutnya sama besar, yaitu
90°∠A = ∠B = ∠C = ∠D
c.
Diagonal
persegi membagi sudut-sudutnya menjadi 2 sama besar.
d. Persegi mempunyai 4 sumbu simetri.
3. Jenis-jenis segitiga.
a. Segitiga sama sisi adalah segitiga yang
ketiga sisinya sama panjang. Sisi-sisi yangsamapanjang adalah AB = BC = AC.
b. Segitiga sama kaki adalah segitiga yang
dua sisinya sama panjang. Sisi-sisi yangsamapanjang adalah RP = RQ.
c.
Segitiga
sembarang adalah segitiga yang ketiga sisinya berbeda.
d. Segitiga lancip adalah segitiga yang
ketiga sudutnya kurang dari 90°.
e. Segitiga siku-siku adalah segitiga yang
salah satu sudutnya 90°.
f.
Segitiga
tumpul adalah segitiga yang salah satu sudutnya lebih dari 90°.
4. Sifat-sifat
jajargenjang.
a. Panjang sisi yang sejajar AB = DC dan BC
= AD
b. Sudut yang berhadapan sama besar ∠A = ∠C dan ∠B = ∠D
c.
Mempunyai
dua diagonal yang berpotongan di satu titik. Diagonal tersebut salingmembagi
dua sama panjang. AP = PC dan BP = PD.
d. Mempunyai dua simetri putar dan tidak
memiliki simetri lipat.
5. Sifat-sifat belah ketupat.
a. Panjang semua sisi samaAB = BC = CD = AD
b. Sudut yang berhadapan sama besar ∠A = ∠C = ∠B = ∠D
c.
Belah
ketupat mempunyai dua sumbu simetri.
d. Diagonalnya merupakan sumbu simetri.
Diagonal tersebut saling membagi duasamapanjang dan saling tegak lurus.
6. Sifat-sifat
layang-layang.
a. Panjang sisi yang berdekatan samaAB = CB
dan AD = DC
b. Memiliki sepasang sudut yang sama besar ∠A = ∠C dan ∠B = ∠D
7. Sifat-sifat trapezium
a. Memiliki sepasang sisi yang sejajar.
Sisi AB sejajar dengan CD.
b. Memiliki empat buah sudut.
8. Sifat-sifat kubus adalah sebagai berikut.
a. Semua rusuk kubus sama panjangAB = BC =
CD = AD = AE = BF = CG = DH = EF = FG = GH = EH
b. Semua titik sudut kubus sama besar ∠A = ∠B = ∠C = ∠D = ∠E = ∠F = ∠G = ∠H = 90°
c.
Semua
sisi kubus berbentuk persegi yang samaABCD = EFGH = ADHE = BCGF = ABFE = DCGH
9. Sifat-sifat balok
adalah sebagai berikut.
a. Rusuk-rusuk balok yang berhadapan sama
panjang. AB = DC = EF = HGBC = AD = FG = EHAE = BF = CG = DH
b. Semua titik sudut balok sama besar ∠A = ∠B = ∠C = ∠D = ∠E = ∠F = ∠G = ∠H = 90°
c.
Sisi
balok yang berhadapan sama dan berbentuk persegi panjangABCD = EFGHADHE =
BCGFABEF = DCGH
10. Sifat-sifat prisma segi empat adalah
sebagai berikut
a. Rusuk-rusuk prisma segi empat yang
berhadapan sama panjang. AB = DC = EF = HGBC = AD = FG = EHAE = BF = CG = DH
b. Semua titik sudut prisma segi empat sama
besar. ∠A = ∠B = ∠C = ∠D = ∠E = ∠F = ∠G = ∠H = 90°
c.
Sisi
prisma segi empat yang berhadapan sama. ABCD = EFGHADHE = BCGFABFE = DCGH
11. Sifat-sifat prisma segitiga adalah
memiliki sisi berhadapan yang sama, yaituABC = DEF dan BEFC = ADFC. Prisma
memiliki 9 rusuk, 6 sudut, dan 5 sisi.
12. Sifat-sifat limas
segi empat adalah sebagai berikut.
a. Sisi alas limas segi empat berbentuk
segi empat (ABCD).
b. Sisi tegak limas segi empat berbentuk
segitiga sama kaki (DABT, DBCT, DCDT, DADT).
c.
Limas
memiliki 8 buah rusuk, 5 sudut, dan 5 sisi.
13. Benda dikatakan sebangun, jika:
a. memiliki sudut seletak sama besar, dan
b. perbandingan sisi seletaknya sama.
14. Bangun dikatakan
simetris apabila dilipat atau diputar sisi dan sudut-sudutnya saling berimpit.
15. Untuk menentukan
bangun itu simetri atau tidak yang dilakukan adalah
a. menentukan sumbu simetri,
b. melipat bangun, dan
c.
memutar
bangun.
16. Simetri lipat tidak bisa lepas dengan
sumbu simetri. Sumbu simetri adalah garis di tengah-tengah bangun yang apabila
dilipat saling berimpit.
17. Simetri putar
adalah keadaan bangun datar apabila:
a. diputar sisi-sisi dan sudutnya saling
berimpit, dan
b. dapat menempati bingkainya kembali
LATIHAN SOAL
1. Diketahui sebuah kardus/ balok mempunyai panjang 30 cm , lebar 20 cm,
tinggi 15 cm dan sebuah kubus/ kotak yang berisi mainan mempunyai rusuk 10 cm
Berapa
banyak maianan yang dapat dimasukkakn ke dalam kardus
Jawab
Dik:
P= 30 cm
L = 20 cm
T = 15 cm
S=10 cm
Volume
BALOK= p x l x t = 30 cmx 20cmx 15cm= 9000 cm 3
Volume
Kubus/kotak = s x s x s = 10cm x10cm x10cm= 9 cm 3
Banyaknya
mainan 9000 cm 3 : 9 cm 3
= 9 buah
Jadi,
mainan yang bias dimasukkan kedalam kardus adalah 9
Latihan soal pilihan ganda
a. 18 cm²
b. 27 cm²
c. 36 cm²
d. 54 cm²
Jawaban: d
2. Jarak dua kota sesungguhnya adalah 50km. Skala 1:2.000.000 di peta. Maka jarak pada peta adalah …
a. 2,5 cm
3. Jika terdapat murid di kelas 5 SD sebanyak 40 murid, sementara hari ini 4 murid tidak masuk sekolah karena berhalangan, maka persentase murid yang tidak masuk adalah …
b. 30%
c. 10%
d. 13%
Jawaban: (c) 10%
4. Jika terdapat kertas dengan panjang sisinya secara keseluruhan 4 cm, maka kertas tersebut berbentuk bangun …
a. Kubus
b. Lingkaran
c. Persegi
d. Persegi panjang
e. Segitiga
Jawaban: (c) Persegi
a. 0,0000012
b. 0,000012
c. 0,12
d. 0,12
e. 1,2
6. 5 2/5 x 6 = 5
B. 32 2/5
C. 32/5
D. 127/5
Jawab : b
.
7. 236 – √ 196 x √ 256 = …
Berapa hasil akhirnya …
a. 712
b. 5012
c. 4912
d. 5432
Jawab : b
a. 712
b. 5012
c. 4912
d. 5432
Jawab : b
8. 35⊃2; – √ 625 x √ 1.024 = …
Berapa hasil akhir atas operasi ini …
a. 375
b. 475
c. 525
d. 425
Jawab : d
a. 375
b. 475
c. 525
d. 425
Jawab : d
9. Ada 10 pena. 7 pensil biru. Persentase dari pensil biru adalah.
a. 80 persen
b. 70 persen
c. 60 %
d. 50 %
b. 70 persen
c. 60 %
d. 50 %
Jawab: b
10. Bentuk persen dari angka 35 adalah.
a. 3,5 %
b. 35 %
c. 350 %
d. 3.500 %
b. 35 %
c. 350 %
d. 3.500 %
Jawab: d
11. Bentuk pecahan yang lebih sederhana dari 15/75 adalah ….
B. 5/25
C. 1/3
D. 1/5
Jawab : b
12. 347 x 425 = ... hasil dari perkalian di samping adalah ....
A. 174.475
B. 147.475
C. 147.745
D. 174.745
B. 147.475
C. 147.745
D. 174.745
Jawab : d
13. Volume sebuah tabung yang diameter alasnya 14 cm dan tingginya 20 cm adalah . . . .
A. 2.380 cm2
B. 1.340 cm2
C. 3.080 cm3
D. 3680 cm
B. 1.340 cm2
C. 3.080 cm3
D. 3680 cm
Jawab : c
14. 4 bulan + 6 minggu = . . . hari
A. 162
B. 143
C. 126
D. 136
B. 143
C. 126
D. 136
Jawab : d
15. Jika 3 tahun yang lalu umur adikku 9 tahun, 1 windu yang akan datang umur adikku
adalah ... tahun.
A. 24
B. 21
C. 20
D. 26
A. 24
B. 21
C. 20
D. 26
Jawab : a
16. 4 jam + 2 menit + 8 detik = ... detik.
A. 13.528
B. 16.528
C. 14.528
D. 12.528
B. 16.528
C. 14.528
D. 12.528
Jawab : a
17. (6 + 5)2 + 102 = ….
A. 241
B. 215
C. 221
D. 224
B. 215
C. 221
D. 224
Jawab : c
18. 5 km + 3,2 hm = … m
A. 532
B. 53,20
C. 5.032
D. 5.320
B. 53,20
C. 5.032
D. 5.320
Jawab : d
19. Jika umur adik dibanding umur kakak 2 : 3. Jumlah umur keduanya 40 tahun. Umur adik adalah ….
A. 16
B. 24
C. 30
D. 23
B. 24
C. 30
D. 23
Jawab : a
20. Kelipatan persekutuan terkecil dari 36 dan 48 adalah . . . .
A. 144
B. 164
C. 154
D. 170
B. 164
C. 154
D. 170
Jawab : a
21. 5 persen dari 600 adalah ….
A. 35
B. 40
C. 30
D. 45
B. 40
C. 30
D. 45
Jawab : c
22. Nilai ulangan matematika Aldi adalah 6,7,8,9,9. Nilai rata-rata Matematika Aldi adalah . . . .
A. 7,4
B. 7,6
C. 7,8
D. 7,9
B. 7,6
C. 7,8
D. 7,9
Jawab : c
23. Jika luas sebuah persegi panjang 54 cm dan lebar persegi panjang 6 cm. Maka keliling persegi panjang itu …. cm.
A. 30
B. 28
C. 7,8
D. 7,9
B. 28
C. 7,8
D. 7,9
Jawab : a
24. 4,3 ton + 5 kuintal + 12 kg = ….
A. 4.542
B. 5.432
C. 5.243
D. 4.812
B. 5.432
C. 5.243
D. 4.812
Jawab : d
25. Jarak dua buah kota yang sebenarnya 50 km. Dalam suatu peta di gambar. Skala 1 : 2.000.000. Jarak pada peta adalah . . . .
A. 1,5 cm
B. 3,5 cm
C. 2 cm
D. 2,5 cm
B. 3,5 cm
C. 2 cm
D. 2,5 cm
Jawab : d
26. 12,34 + 325,6 + 25,113 = ….
A. 336,503
B. 363,053
C. 336,053
D. 363,503
B. 363,053
C. 336,053
D. 363,503
Jawab : b
27. Banyak rusuk yang terdapat pada limas segi empat adalah ....
A. 4
B. 5
C. 8
D. 10
B. 5
C. 8
D. 10
Jawab : c
28. Menuliskan hasil pengamatan langsung termasuk kegiatan pengumpulan data dengan cara ....
A. pencatatan langsung
B. lembar pertanyaan
C. lembar isian
D. pencatatan tidak langsung
Jawaban: A
29. Sebuah balok dengan panjang 20 cm, lebar 8 cm dan tinggi 5 cm. Luas jaring – jaring balok adalah .....
A. 480 cm2
B. 560 cm2
C. 600 cm2
D. 640 cm2
Jawaban: C 14.
30.Jika diketahui panjang sisi kubus 14 cm. Berapa luas jaring – jaring kubus?
A. 876 cm2
B. 976 cm2
C. 1.076 cm2
D. 1.176 cm2
Jawaban: D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar