Pages

Jumat, 04 Februari 2022

Materi ajar: Jumat, 4 Februari 2022

 Bahan Ajar Tema 6 Subtema 1 PB 5 dan 6

Hari/Tanggal        : Jumat, 4 Februari 2021

Kelas                    : 3 

Tema                    : 6 (Energi dan Perubahannya)

Subtema               : 1 (Sumber Energi)

Pembelajaran        : 5 dan 6

Alat Peraga           : Gambar 

Kompetensi Dasar :

Bahasa Indonesia: 3.2 Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

PPKN: 3.2 Mengidentifikasi kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan warga sekolah. 

Matematika: 3.6 Menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung.


Tujuan Pembelajaran :

1. Siswa dapat menemukan informasi tentang sumber energi

2. Siswa dapat mengetahui lamanya waktu kejadian

3. Siswa mengerjakan latihan soal


Assalamualaikum Wr Wb 

Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt amin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak... 

Pembahasan Soal Latihan hari Kamis pelajaran bahasa Indonesia:

Lengkapilah kalimat berikut ini dengan kata yang tersedia di atas dengan tepat !

1. Gerak air dapat menghasilkan energi listrik.
2. Kincir angin dapat menggerakkan generator yang akan membangkitkan energi listri
3. Air adalah contoh sumber energi.
4. Energi kinetik  air dapat  menggerakkan kincir air.
5. Saat bernapas manusia menghirup oksigen

vidio pembelajaran hari ini:



Ayo Mencoba

Hari ini, Siti pulang sekolah dijemput ibu. Mereka pulang naik angkutan umum. Siti senang pulang bersama ibu. Tiba-tiba, mobil yang mereka tumpangi mogok. Ternyata, mobil itu kehabisan bahan bakar. Para penumpang terpaksa turun. Mereka mencari kendaraan lain. Begitu pula dengan Siti dan ibunya. 

Setelah naik kendaraan lain, Siti dan ibunya asyik bercakap-cakap. Simaklah percakapan mereka!

Siti : Bu, mengapa ya angkot tadi mogok?
Ibu : Sebab bensinnya habis. Kalau bensinnya habis mesinnya tidak dapat hidup. Akibatnya mobil tersebut mogok.
Siti : Berarti bensin sumber energi mobil, ya Bu?
Ibu : Benar, Nak! Bensin adalah salah satu jenis bahan bakar minyak untuk kendaraan.
Siti : Bahan bakar minyak terbuat dari apa, Bu?
Ibu : Bahan bakar minyak (BBM) berasal dari fosil hewan. Fosil hewan adalah hewan yang mati dan tertimbun di dalam tanah, jutaan tahun yang lalu.
Siti : Berarti sulit ya Bu memperoleh BBM itu?
Ibu : Iya, Nak! Butuh waktu yang sangat lama.
Siti : Apakah BBM hanya untuk menghidupkan kendaraan, Bu?
Ibu : Oh, tidak! BBM itu bukan hanya untuk kendaraan. BBM juga dapat digunakan di dapur untuk menyalakan kompor. Di pabrik, untuk menghidupkan mesin-mesin pabrik. Jadi, di mana saja BBM banyak digunakan.
Siti : Lama kelamaan dapat habis ya Bu?
Ibu : Betul, Nak! Oleh karena itu kita harus menghemat penggunaan BBM. Mengapa? Karena cadangan BBM di bumi makin sedikit.
Siti : Oh begitu ya, Bu?
Ibu : Iya, Nak. Wah, kita sudah sampai. Ayo,  siap-siap turun!
Siti : Oh, iya Bu!

Ayo Berdiskusisi

Berdasarkan percakapan di atas, kita dapat mengetahui tentang BBM. Untuk menghasilkan BBM membutuhkan butuh waktu yang lama. Penduduk dunia semakin padat, sehingga kebutuhan terhadap BBM semakin banyak. BBM dipakai setiap hari oleh manusia. Untuk menghasilkannya dibutuhkan waktu jutaan tahun. Itulah sebabnya, kita berkewajiban untuk melakukan penghematan BBM agar tidak cepat habis.

Kalian adalah warga negara yang baik, kita harus peduli terhadap hal ini. Sekarang diskusikan cara untuk menghemat BBM. Lakukan dengan temanmu secara berpasangan.

Ayo Mengamati

Sesampainya di rumah, Siti melihat jam dinding. Siti bertanya kepada ibu pukul berapakah sekarang. Ibu menjelaskan bahwa sekarang pukul 11.00.

Lihatlah gambar berikut! Gambar ini menunjukkan pukul 11.00.

15 menit kemudian Siti makan siang. Berarti Siti makan pada pukul 11.15. Bagaimana cara menggambarkan pukul 11.15 pada jarum jam?

Lihatlah gambar berikut!

Lima belas menit kemudian, Siti telah selesai makan. Jarum jam dinding di rumahnya menunjukkan pukul 11.30.

Lihat gambar berikut ini!


Kalian harus mengetahui bahwa dalam satu hari ada 24 jam. Pukul 00.00 sampai pukul 12.00 dimulai dari tengah malam sampai tengah hari.

Setelah pukul 12.00 siang adalah pukul 13.00. Pukul 13.00 dapat disebut pukul 01.00 siang. 

 Dengan demikian pukul 14.00 sama dengan pukul 02.00 siang. 


Guru menjelaskan pentingnya melestarikan sumber energi. Setelah mendengar penjelasan guru, Siti memahami. Kini Siti menyadari kewajiban menghemat energi. Siti tidak lagi membiarkan keran air terbuka setelah selesai dipakai. Siti tidak lagi menghambur-hamburkan air saat mandi. Siti juga mulai membiasakan diri mematikan lampu yang tidak diperlukan.

Siti telah melaksanakan kewajibannya di rumah. Orang tuanya memberikan hak untuk memanfaatkan energi. Berikut ini contoh hak yang diperoleh Siti.

1. Mendapatkan makanan dan minuman sebagai sumber energi. 

2. Menggunakan lampu saat belajar.

3. Menyalakan kipas angin saat kepanasan.

4. Menyalakan televisi untuk hiburan.

Kita boleh menuntut hak setelah melaksanakan kewajiban. Jadi kewajiban harus didahulukan daripada hak. Hak dan kewajiban harus  dilaksanakan secara seimbang.

Hari ini kita akan mengambil penilaian harian tema 6 subtema 1 

Silahkan klik l9nk dibawah ini ya..

https://forms.gle/x5TzfVwccPRJJkMN8


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

    Hari / Tanggal : Jumat / 22 november 2024 Kelas / Fase : 5/C Capaian Pembelajaran P5: Dengan mengangkat tema “kearifan lokal ” dan menga...