Pages

Rabu, 14 April 2021

Materi Ajar : Kamis, 15 April 2021

 

MATERI AJAR

 

Hari/Tanggal                : Kamis, 15 April 2021

Kelas/Semester            : II (Dua) / 2

Tema   8                      : Keselamatan di Rumah dan Perjalanan

Sub Tema 1                 : Keselamatan di Rumah

Pembelajaran               : 5

 

Tujuan Pembelajaran

1.      Dengan mengamati teks percakapan, siswa dapat membaca kalimat sederhana yang di dalamnya memuat aturan penggunaan tanda tanya dengan lafal dan intonasi yang tepat.

2.      Dengan tanya jawab, siswa dapat menceritakan pengalaman melakukankegiatan yang mencerminkan persatuan dalam keberagaman teman sekolah menggunakan gambar/poster dengan bahasa yang santun.

 

Asslamualaikum wr wb , Apa kabar anak soleh solehah? Semoga kita senantiasa selalu dalam lindungan Allah swt.

Untuk hari ini kita belajar kembali ya anak soleh solehah, Sebelum memulai pelajaran jangan lupa untuk sholat dhuha, murajaah harian dan membaca doa ya..

Hari ini kita masuk ke tema 8 subtema 1 pembelajaran 5

Sebelum masuk ke materi silahkan ditonton vidio penjelasan dibawah ini

 

Video pembelajaran


 

Materi ajar

Udin dan teman-teman bermain di halaman rumah. Mereka bermain gerakan dasar memutar. Mereka juga bermain gerakan dasar menekuk. Gerakan dasar dapat dilakukan di halaman rumah. Keadaan halaman rumah perlu diperhatikan ketika bermain. Oleh karena itu, halaman rumah harus bersih dan

tidak licin. Halaman rumah yang kotor harus dibersihkan. Air yang tergenang juga harus dikeringkan terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk keselamatan ketika bermain.

 

Bacalah kutipan percakapan Udin dan temanteman

berikut dengan benar!

1. Bagaimana ya cara kita mengeringkannya?

2. Bagaimana kalau kita gunakan alat pel karet

untuk mengalirkan airnya?

3. Di mana kita mendapatkan alat pel karet?

4. Siapa yang punya?

Kalimat-kalimat di atas merupakan kalimat tanya.

Kalimat tanya digunakan untuk menanyakan

sesuatu.

Di setiap akhir kalimat tanya, selalu dibubuhkan

tanda tanya (?).

Kita dapat menggunakan kata siapa, di mana, dan

bagaimana pada kalimat tanya.

 

TUGAS :



Amati gambar di atas, 

lalu buatlah pertanyaan yang sesuai dengan gambar menggunakan kata tanya :

mengapa, kapan, siapa, di mana, dan bagaimana!

1. Mengapa ..... 

2. Kapan .....

3. Siapa ....

4. Dimana ...

5. Bagaimana....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

    Hari / Tanggal : Jumat / 15 november 2024 Kelas / Fase : 5/C Capaian Pembelajaran P5: Dengan mengangkat tema “kearifan lokal ” dan menga...