Pages

Minggu, 02 Februari 2025

materi ajar: senin, 3 februari 2025


Hari / Tanggal : Senin / 3 Februari 2025

Fase/Kelas : C/5A

Mata Pelajaran :
Pkn
Matematika (Penilaian Harian)
Metode: Penugasan
 

CP Matematika

Pada akhir fase C, peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya. Mereka dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut.

CP PANCASILA

Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil identifikasi bentuk-bentuk sederhana norma, aturan, hak, dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai anggota keluarga, warga sekolah dan bagian dari masyarakat

Tujuan pembelajaran hari ini 

peserta didik  dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan sudut, menemukan ide pokok pada sebuah teks dan mengenal keragaman di Indonesia

MEDIA

Apa kabar anak sholih sholihah.........

semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
     Adapun tujuan pembelajaran hari ini peserta didik  dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan sudut, menemukan ide pokok pada sebuah teks dan mengenal keragaman di Indonesia

      Matematika
     



1. Jarum jam yang menunjukan pukul 13.10 merupakan contoh dari sudut ...
             a. tumpul             b. lancip                c. siku-ciku            d. lurus
      2. Sekarang jarum jam menunjukan tepat pukul 09.00. Sudut yang terbentuk oleh jarum jam tersebut yaitu ...

a. tumpul                    b. lancip                 c. siku-ciku                d. lurus

3. Sebuah roda sepedah yang berputar ketika sepedah dikayuh menunjukan sudut ...

a. lurus                        b. refleks                c. siku-siku                d. tumpul

4. Sudut yang terbentuk oleh Jarum jam yang menunjukan pukul 08.00 adalah ...

a. lurus                        b. refleks                c. siku-siku                d. tumpul

Sudut yang terbentuk pada jarum jam yang menujukan pukul 06.00 tepat yaitu ...

 a. lurus                    b. lancip                   c. siku-siku                d. tumpul 

6. Jarum jam yang menunjukan pukul 13.10 merupakan contoh dari sudut lancip karena besar sudut yang dibentuk yaitu ...

a. tepat 90 derajat        b. 0 - 90 derajat        c. 90 - 180 derajat        d. 180 - 360 derajat

7. Sudut yang terbentuk oleh jarum jam yang menunjukan pukul 09.00 tepat adalah sudut siku-siku karena besar sudutnya ...

a. tepat 90 derajat        b. 0 - 90 derajat        c. 90 - 180 derajat        d. 180 - 360 derajat

8. Sebuah roda sepedah yang berputar ketika sepedah dikayuh menunjukan sudut refleks karena besar sudutnya ...

 tepat 90 derajat            b. 0 - 90 derajat            c. 90 - 180 derajat        d. 180 - 360 derajat

9. Adit menggunakan gunting untuk memotong kertas. Gunting tersebut terbuka dan membentuk sudut yang besarnya lebih dari 0° dan kurang dari 90°. Sudut tersebut dinamakan. 

a. lurus                    b. lancip                   c. siku-siku                d. tumpul 

10. Umar menggambar sebuah sudut yang besarnya lebih dari 90° dan kurang dari 180°. Sudut yang digambar Komang dinamakan. . .

 a. lurus                    b. lancip                   c. siku-siku                d. tumpul 


 Pendidikan Pancasila


Kerjakan soal berikut!

1. Faktor yang paling dominan mempengaruhi keberagaman masyarakat Indonesia adalah…
A. letak geografis                    B. iklim                C. agama                D. sejarah

2. Kondisi geografis Indonesia yang berbentuk kepulauan menyebabkan perbedaan …
A. bahasa daerah            B. suku bangsa            C. agama                   D. budaya

3. Perbedaan kondisi alam di berbagai daerah dapat memengaruhi perbedaan budaya masyarakat Indonesia. Faktor ini disebut faktor…
A. letak geografis            B. iklim                        C. agama                      D. sejarah


4. Faktor yang mempengaruhi keberagaman masyarakat Indonesia dari segi ekonomi adalah…

A. sejarah                        B. iklim                            C. warna kulit            D. pekerjaan

5. Suku bangsa yang paling banyak di Indonesia adalah …
A. Jawa                            B. Sunda                        C. Madura                   D. Bali

6. . Suku bangsa yang mendiami wilayah Nusa Tenggara Barat adalah …

A. Jawa                    B. Melayu                    C. Sasak                                D. Batak

7 Pakaian adat wanita Jawa Tengah disebut …
A. kebaya                B. batik         C. surjan            D. lurik

8.Upacara adat yang dilakukan oleh masyarakat Bali untuk menyambut kelahiran bayi adalah…

A. ngaben                                   B. mepandes             

 C. upacara Galungan                D. upacara Kuningan

9. Upacara adat yang dilakukan oleh masyarakat Jawa Tengah untuk menyambut bulan suci Ramadan adalah…
A. ngaben          B. mepandes     C. sekaten         D. dugderan

10. Suku bangsa yang mendiami Pulau Kalimantan adalah Suku …

A. Batak           B. Sasak           C. Dayak                D. Badui

11. Makanan khas Jawa Tengah yang terbuat dari ayam yang dimasak dengan santan dan dibungkus daun pisang adalah…

A. garang asem           B. rawon       

C. soto ayam                D. pecel tumpang

12. Makanan khas Papua yang terbuat dari sagu, ikan, dan sayuran adalah…
A. bika ambon                B. rawon                     

C. rendang                  D. papeda

13. Senjata tradisional asal Nanggroe Aceh Darussalam yang memiliki bentuk seperti huruf S adalah…
A. rencong                    B. piso surit                    

C. kujang                       D. keris

14. Senjata tradisional asal Kalimantan Timur yang memiliki bentuk seperti pedang pendek dan memiliki hiasan ukiran burung enggang adalah…
A. rencong                    B. clurit                            

C. keris                        D. mandau

15. Senjata tradisional asal Sumatera Barat yang berbentuk pisau kecil dengan ujung yang runcing dan tajam adalah…
A. clurit                        B. piso surit                   

 C. kerambit                D. badik

16. Tari tradisional dari Aceh yang terkenal dengan gerakannya yang dinamis dan menghentak adalah
A. Tari Saman            B. Tari Tor-Tor                           

C. Tari Piring            D. Tari Kecak

17. Tari tradisional dari Sumatera Utara yang awalnya dikaitkan dengan ritual dan roh adalah
A. Tari Serampang Dua Belas            B. Tari Tor-Tor
C. Tari Serimpi                                    D. Tari Maengket            

18. Tari tradisional dari Sumatera Barat yang menggunakan piring sebagai propertinya adalah
A. Tari Yapong                    B. Tari Gambyong
C. Tari Piring                       D. Tari Jaipong

19. Tari tradisional dari Bali yang menggambarkan cerita Ramayana adalah

A. Tari Saman                B. Tari Maengket               

C. Tari Zapin                   D. Tari Kecak

20. Keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia dapat menjadi sarana untuk saling mengenal dan menghargai antarsuku bangsa. Hal ini karena setiap suku bangsa memiliki adat istiadat dan budaya yang berbeda-beda. Manfaat keberagaman tersebut adalah ….
A. memperkaya khasanah budaya bangsa
B. memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa
C. meningkatkan kesejahteraan masyarakat
D. meningkatkan rasa cinta tanah air
KESIMPULAN
  • Aalhamdulillah siswa siswi kelas 5a sudah memahami macam-macam sudut
  • p PENUTUP
  • Demikian lah pembelajaran hari ini semoga solehsoleha sudah memahami pembelajaran kita hari ini
  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

        Hari / Tanggal : Jumat / 7 februari 2025 Kelas / Fase : 5/C Capaian Pembelajaran: Mengembangkan kreativitas dan bakat dalam mendesain Me...