Materi IPAS Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka: Mengenal Bagian-Bagian Telinga dan Fungsinya
Materi IPAS Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka: Mengenal Bagian-Bagian Telinga dan Fungsinya

- Membantu melindungi genda telinga dari debu dan kotoran dengan rambut halus yang dimilikinya.

- Menghantarkan gelombang suara dari daun telinga ke gendang telinga.

2. Telinga Bagian Tengah

Telinga bagian tengah memiliki fungsi untuk menerima gelombang suara, mengubahnya menjadi getaran suara, kemudian meneruskannya ke telinga bagian dalam.

a) Gendang telinga

Gendang telinga berada di antara telinga luar dan bagian telinga tengah lainnya.

Gendang telinga akan bergetar saat menerima gelombang suara. Kemudian, gelombang tersebut akan dilanjutkan ke telinga bagian dalam melalui tiga tulang osikel.

b) Osikel


Osikel tersusun dari tiga tulang terkecil yang ada di dalam tubuh manusia dan memiliki fungsi untuk meneruskan getaran yang diterima oleh gendang telinga ke telinga bagian dalam. Tiga tulang yang menyusun osikel adalah:


- Tulang martil yang menempel dengan gendang telinga.


- Tulang landasan yang berada di tengah rangkaian tulang pendengaran.


- Tulang sanggurdi yang menghubungkan telinga tengah dengan telinga dalam.



c) Saluran Eustachius


Saluran eustachius merupakan saluran yang menghubungkan telinga dengan hidung dan memiliki fungsi untuk menjaga tekanan udara di dalam telinga agar tetap seimbang.

3. Telinga Bagian Dalam


Telinga bagian dalam memiliki fungsi untuk mengubah getaran suara menjadi sinyal yang akan dihantarkan ke otak dan membuat kita menjadi bisa mendengarkan suara.


Selain itu, telinga bagian dalam juga memiliki fungsi untuk mengatur keseimbangan tubuh.


a) Koklea atau Rumah Siput


Koklea merupakan organ yang memiliki saraf pendengaran dan berfungsi sebagai pengubah getaran suara menjadi sinyal yang diteruskan ke otak.


b) Saluran Semisirkular atau Saluran Setengah Lingkaran


Saluran semisirkular memiliki fungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh

Saluran ini terdiri dari tiga saluran yang berisi cairan dan sel rambut. Cairan dalam saluran ini akan bergerak saat tubuh kita melakukan gerakan. Kemudian, cairan yang bergerak itu akan menggoyangkan rambut-rambut halus dan mengirimkan sinyal melalui saraf vestibular.


c) Saraf Vestibular


Dalam sistem pendengaran, saraf vestibular berperan untuk meneruskan sinyal keseimbangan ke otak.

MATERI

PENDIDIKAN PANCASILA

Tentu, dengan senang hati aku akan bantu buatkan rangkuman materi kelas 5 Kurikulum Merdeka tentang sejarah Pancasila. Berikut rangkuman yang bisa kamu pelajari:

Apa itu Pancasila?

Pancasila adalah dasar negara Indonesia. Istilah ini berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu "Panca" yang berarti lima dan "Sila" yang berarti asas atau prinsip. Jadi, Pancasila adalah lima asas atau prinsip dasar negara kita.


Sejarah Lahirnya Pancasila

Pancasila lahir dalam situasi Indonesia yang sedang berjuang merebut kemerdekaan dari penjajah. Pada tanggal 1 Juni 1945, Bung Karno menyampaikan pidato penting yang berisi gagasan-gagasan awal tentang Pancasila.


Perumusan Pancasila: Setelah itu, para tokoh bangsa seperti Bung Karno dan Mohammad Hatta bersama anggota BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) merumuskan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Penetapan Pancasila: Pancasila kemudian ditetapkan sebagai dasar negara Indonesia dalam sidang PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945.

Isi dari Pancasila

Pancasila terdiri dari lima sila, yaitu:


Ketuhanan Yang Maha Esa: Mengajarkan kita untuk percaya dan menyembah Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Kemanusiaan yang Adil dan Beradab: Mengajarkan kita untuk menghargai sesama manusia, tanpa memandang perbedaan.

Persatuan Indonesia: Mengajarkan kita untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan: Mengajarkan kita untuk bermusyawarah dalam mengambil keputusan dan memilih pemimpin.   

Matematika
Penjumlahan merupakan operasi dasar aritmatika yang menjumlahkan dua buah bilangan menjadi sebuah bilangan. Sedangkan pengurangan merupakan kebalikan dari pertambahan.

perhatikan soal berikut!
  

Cara kedua:

  Kerjakan soal berikut!




SENI  RUPA

Soal IPAS!

jelaskan fungsi bagian-bagian telinga

KESIMPULAN

Alhamdulillah dari keseluruhan siswa kelas 5A, hanya 2 orang yang masih kurang paham tentang bagian -bagian telinga, dan siswa tersebut akan diberikan bimbingan tentang materi tersebut


  • PENUTUP
  • Bagaimana sudah paham dengan pembelajaran hari ini? Apakah anak sholeh sholehah senang belajar hari ini? Alhamdulillah kalau sudah paham semua, Miss Puji akhiri pembelajaran hari ini.

  • Wassalamualaikum wr wb