Pages

Kamis, 19 September 2024

Materi ajar: kamis, 19 september 2024

 


Mata Pelajaran : 

B.INDONESIA

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia

Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi. Peserta didik mampu menuliskan hasil pengamatan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak 


👉👉Tujuan Pembelajaran (TP) :


Peserta didik dapat memahami unsur instristik suatu cerita

Hello how are you today, semoga hari ini soleh soleha tetap bersemangat ya...
  • Tujuan pembelajaran hari ini  anak-anak Bu Guru dapat  mengidentifikasi unsur instristik suatu cerita,
  • Sebelumnya perhatikan vidio dibawah ini


  • Media yang digunakan
  • LCD proyektor


  • Bahasa  Indonesia

    Unsur intrinsik adalah unsur pembangun dari dalam cerpen. Unsur intrinsik adalah unsur penting yang tidak boleh dilewatkan dalam karya sastra. Komponen-komponennya terdiri dari tema, tokoh atau penokohan, alur cerita, latar, gaya bahasa, sudut pandang, dan amanat.

    Salah satu unsur intrinsik cepen adalah tokoh. Tokoh utama cerita dapat berupa manusia, hewan, atau benda yang mengalami permasalahan di dalam cerita. Plot adalah rangkaian kejadian dalam sebuah cerita yang mempunyai hubungan sebab-akibat. Plot menggambarkan bagaimana tokoh cerita menyelesaikan permasalahannya. Tindakan atau perbuatan tokoh dipengaruhi oleh watak atau sifatnya.

    Pada cerita “Aku Anak Indonesia”, kalian mengetahui bahwa tokoh Juna memiliki sifat ramah, senang berteman, dan menikmati menjadi pusat perhatian. Ia mencairkan keraguan Hana dengan komentar-komentar lucunya. Nah, bagaimana sifat tokoh yang lain? Apa yang mereka lakukan dalam cerita? 
    Cerpen
    Semua tindakan tokoh ini membangun adegan-adegan yang terangkai dalam plot cerita. Hubungan antara sifat tokoh dan apa yang dilakukannya dalam cerita membantumu menyimpulkan runtutan alur cerita.

    Plot cerita “Aku Anak Indonesia” menggambarkan cara Hana mengatasi permasalahannya. Tindakan Hana merupakan bagian dari plot. Tindakan Hana juga menunjukkan sifatnya. Akhir cerita menggambarkan penyelesaian masalah Hana.
    No.Nama TokohSifat TokohTindakannya
    1.HanaMandiri, berani, dan terbuka, tetapi kadang suka cemasCemas menghadapi hari pertama sekolahnya, tetapi dia berangkat sekolah sendiri, berani berpendapat dan memperkenalkan dirinya secara terbuka.
    2.JunaCeria, ramah, suka menjadi pusat perhatianMengacungkan tangan dan bertanya kepada Hana di depan kelas.
    3.Ibu PertiwiPenuh perhatian dan berwawasan luasMembesarkan hati dan memberikan penjelasan yang baik.
    4.SalimAktif dan percaya diriMenanggapi pertanyaan guru secara cepat dan berteriak spontan saat melihat sesuatu yang mengejutkannya

    Soal :Sekarang, tentukan permasalahan yang dihadapi Hana dan akhir permasalahan di akhir cerita “Aku Anak Indonesia”. 

    1.Permasalahan Hana
    Hana cemas menghadapi menghadapi hari pertama sekolahnya karena ia baru pindah dari luar negeri.
    2. Tindakan Hana
    Secara terbuka Hana memperkenalkan diri dan berbagi dengan teman-temannya.
    3. Penyelesaian Masalah Hana
    Ibu guru membantu Hana mengatasi kekhawatirannya dengan memperkenalkannya kepada teman-temannya sebagai anak Indonesia. Hana juga mau belajar memperlancar bahasa Indonesianya. Ayah Hana juga membantu agar Hana dapat lebih cepat akrab dengan teman-temannya. 

  • Contoh soal:
  • Sebutkan 5 unsur intristik suatu cerita?
  • Jawab:
  • 1.tokoh
  • 2.penokohan
  • 3.latar
  • 4.alur
  • 5.amanat



  •  

    KESIMPULAN
  • Alhamdulillah siswa siswi sudah paham dalam pembelaaran hari ini

  • Bagaimana sudah paham dengan pembelajaran hari ini? Apakah anak sholeh sholehah senang belajar hari ini? Alhamdulillah kalau sudah paham semua, Miss Puji akhiri pembelajaran hari ini.
  • Wassalamualaikum wr wb

  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Materi : pts hari keempat, rabu,16 oktober 2024

      PENILAIAN TENGAH SEMESTER Kelas/Semester : 5/ 1 SD AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG Assalamualaikum wr wb Good morning my students.  How are you ...