Pages

Senin, 09 September 2024

 


 Hari / Tanggal : SENIN / 9 september 2024

Kelas / Fase : 5/C

Mata Pelajaran : 

Pendidikan Pancasila

MATEMATIKA

👉👉Tujuan Pembelajaran (TP) :

Peserta didik dapat memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila

Peserta didik dapat meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat

Peserta didik dapat memahami bilangan cacah sampai denfan 100.000

Peserta didik dapat menerapkan penambahan fan pengurangan bilangan cacah dikehidupan sehari-hari

APERSEPSI

Assalamualaikum soleh soleha hari ini kita akan mempelajari tentang lahirnya pancasila dan bilangan cacah.

Sebelumnya simak vidio dibawah ini ya



MATERI

PENDIDIKAN PANCASILA

Tentu, dengan senang hati aku akan bantu buatkan rangkuman materi kelas 5 Kurikulum Merdeka tentang sejarah Pancasila. Berikut rangkuman yang bisa kamu pelajari:

Apa itu Pancasila?

Pancasila adalah dasar negara Indonesia. Istilah ini berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu "Panca" yang berarti lima dan "Sila" yang berarti asas atau prinsip. Jadi, Pancasila adalah lima asas atau prinsip dasar negara kita.


Sejarah Lahirnya Pancasila

Pancasila lahir dalam situasi Indonesia yang sedang berjuang merebut kemerdekaan dari penjajah. Pada tanggal 1 Juni 1945, Bung Karno menyampaikan pidato penting yang berisi gagasan-gagasan awal tentang Pancasila.


Perumusan Pancasila: Setelah itu, para tokoh bangsa seperti Bung Karno dan Mohammad Hatta bersama anggota BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) merumuskan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Penetapan Pancasila: Pancasila kemudian ditetapkan sebagai dasar negara Indonesia dalam sidang PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945.

Isi dari Pancasila

Pancasila terdiri dari lima sila, yaitu:


Ketuhanan Yang Maha Esa: Mengajarkan kita untuk percaya dan menyembah Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Kemanusiaan yang Adil dan Beradab: Mengajarkan kita untuk menghargai sesama manusia, tanpa memandang perbedaan.

Persatuan Indonesia: Mengajarkan kita untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan: Mengajarkan kita untuk bermusyawarah dalam mengambil keputusan dan memilih pemimpin.   

MATEMATIKA

Pengurangan bilangan cacah


Materi Pengurangan Bilangan Cacah Sampai 100.000

A. Pengenalan Pengurangan

Apa itu pengurangan?

Pengurangan adalah operasi hitung untuk mengurangi suatu bilangan dari bilangan lainnya.

Contoh:

Jika kita punya 10 buah apel, kemudian kita berikan 3 buah kepada teman, maka sisa apel kita adalah 10 - 3 = 7 buah.

Unsur-unsur dalam pengurangan:

Bilangan yang dikurangi: Bilangan yang lebih besar.

Bilangan pengurang: Bilangan yang lebih kecil dan akan dikurangkan.

Selisih: Hasil dari pengurangan.

B. Cara Melakukan Pengurangan

Pengurangan bersusun pendek:


Tuliskan kedua bilangan secara bersusun, dengan bilangan yang lebih besar di atas.

Kurangkan angka satuan, puluhan, ratusan, dan seterusnya dari kanan ke kiri.

Jika angka di atas lebih kecil dari angka di bawahnya, pinjam satu dari bilangan di sebelah kirinya.

Contoh soal:


75.432 - 23.115 = ...

75.432

23.115

52.317

Pengurangan dengan cara menyimpan:


Mirip dengan pengurangan bersusun pendek, tetapi lebih menekankan pada konsep menyimpan.

Ketika meminjam satu dari bilangan di sebelah kirinya, angka di sebelah kiri tersebut berkurang satu.

C. Sifat-Sifat Pengurangan

Pengurangan tidak mempunyai sifat komutatif:

Artinya, urutan bilangan yang dikurangkan akan mempengaruhi hasil.

Contoh: 10 - 5 ≠ 5 - 10

Pengurangan tidak mempunyai sifat assosiatif:

Artinya, pengelompokan bilangan yang dikurangkan akan mempengaruhi hasil.

Contoh: (10 - 5) - 2 ≠ 10 - (5 - 2)

D. Penerapan Pengurangan dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh soal cerita:

Bu Ani membeli 50 buah telur. Kemudian, 15 buah telur pecah. Berapa sisa telur Bu Ani?

Sebuah bus membawa 60 penumpang. Di halte pertama turun 25 penumpang. Berapa sisa penumpang di dalam bus


KESIMPULAN

Alhamdulillah kelas 5A dengan jumlah siswa 17 orang, sebagian besar sudah memahami tentang sejarah lahirnya pancasila. 

PENUTUP

Bagaimana sudah paham dengan pembelajaran hari ini? Apakah anak sholeh sholehah senang belajar hari ini? Alhamdulillah kalau sudah paham semua, Miss Puji akhiri pembelajaran hari ini.


Wassalamualaikum wr wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi : pts hari keempat, rabu,16 oktober 2024

  PENILAIAN TENGAH SEMESTER Kelas/Semester : 5/ 1 SD AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG Assalamualaikum wr wb Good morning my students.  How are you ...