Pages

Rabu, 01 Oktober 2025

 

Hari/Tanggal : Rabu, 1 oktober 2025

Mata Pelajaran : Seni Rupa (diskusi) , IPAS (problem based learning), Matematika (penugasan)

Alat Peraga : PPT, gambar, vidio ajar, dadu

Metode Pembelajaran : Penugasan


SENI RUPA 

Tujuan Pembelajaran

Menyimpulkan Hasil Pengamatan Terhadap Unsur Rupa dan Prinsip Desain

CP IPAS

Capaian Pembelajaran: Peserta didik memahami bentuk dan fungsi pancaindra; siklus hidup makhluk hidup dan upaya pelestariannya; masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam sebagai upaya mitigasi perubahan iklim; proses perubahan wujud benda dan perubahan bentuk energi 2.

 Tujuan Pembelajaran: 

Murid  memahami proses perubahan wujud benda dan perubahan energi


TP MATEMATIKA
Murid dapat menyelesaikan operasi hitung bilangan cacah

1. Pengertian Unsur Rupa dan Prinsip Desain

Unsur Rupa adalah bagian-bagian yang membangun sebuah karya seni. Contohnya:

  • Garis
  • Bentuk
  • Warna
  • Tekstur
  • Ruang

Prinsip Desain adalah aturan atau cara untuk menyusun unsur rupa agar karya seni menjadi menarik dan rapi. Contohnya:

  • Keseimbangan
  • Irama
  • Kesatuan
  • Kontras
  • Penekanan

2. Cara Mengamati Unsur Rupa dan Prinsip Desain

Ketika kamu mengamati sebuah gambar, lukisan, atau benda seni, perhatikan:

  • Apa saja unsur rupa yang terlihat? Misalnya, apakah ada garis-garis yang jelas?
  • Bagaimana warna yang digunakan? Cerah atau gelap?
  • Apakah benda seni itu terlihat seimbang atau berat sebelah?
  • Apakah ada pola atau pengulangan yang menarik?

3. Menyimpulkan Hasil Pengamatan

Setelah mengamati, kamu bisa menyimpulkan dengan cara:

Lisan:
“Dalam gambar ini, saya melihat ada banyak garis lengkung yang membuat bentuknya terlihat halus. Warna-warnanya cerah, seperti merah dan kuning, sehingga terasa ceria. Desainnya seimbang karena bentuk dan warnanya merata di seluruh gambar.”

Tulisan:
“Gambar tersebut menggunakan unsur rupa garis, bentuk, dan warna yang cerah. Prinsip desain yang tampak adalah keseimbangan karena elemen di kanan dan kiri gambar hampir sama. Selain itu, ada penekanan pada bagian tengah gambar yang menggunakan warna merah lebih mencolok.”

Tugas :

Amatilah sebuah karya dan berikanlah komentarmu


IPAS



Perhatikan vidio dibawah ini


Wujud benda adalah keadaan suatu benda yang memiliki massa dan dapat menempati ruang, umumnya terbagi menjadi tiga jenis utama: padat, cair, dan gas, masing-masing dengan sifat dan karakteristik yang berbeda terkait bentuk, volume, dan kemampuan mengalir. 
1. Benda Padat 
  • Bentuk: Bentuknya tetap dan tidak mudah berubah.
  • Volume: Memiliki volume yang tetap.
  • Partikel: Partikel-partikel penyusunnya sangat rapat dan terikat kuat.
  • Contoh: Kayu, batu, logam, dan mainan balok.
2. Benda Cair 
  • Bentuk: Bentuknya tidak tetap dan akan mengikuti bentuk wadah tempatnya.
  • Volume: Memiliki volume yang tetap, tetapi tidak memiliki bentuk yang tetap.
  • Partikel: Partikel-partikelnya lebih renggang dibandingkan benda padat dan dapat bergerak bebas.
  • Contoh: Air, jus, dan minyak.
3. Benda Gas 
  • Bentuk: Bentuknya tidak tetap dan akan memenuhi seluruh ruang yang ditempatinya.
  • Volume: Volume dan bentuknya tidak tetap.
  • Partikel: Partikel-partikelnya sangat renggang dan bergerak sangat bebas.
  • Contoh: Udara, asap, dan uap air.
Mengapa Ada Wujud yang Berbeda?

Perbedaan wujud benda ini disebabkan oleh susunan partikel-partikel penyusunnya dan jarak antar partikel tersebut. Perubahan wujud benda (misalnya dari padat menjadi cair) terjadi karena adanya perubahan suhu atau energi, seperti saat es batu meleleh menjadi air. 

MATERI AJAR MATEMATIKA

PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN CAMPURAN (SOAL CERITA)

1. Pengertian Operasi Campuran Penjumlahan dan Pengurangan

Operasi campuran adalah soal yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan dalam satu soal.

Contoh operasi campuran sederhana:

  • 250 + 150 – 100 = 300

  • 1.200 – 500 + 100 = 800

 Urutan mengerjakan:
Kerjakan dari kiri ke kanan (jika hanya ada penjumlahan dan pengurangan).


2. Langkah-langkah Menyelesaikan Soal Cerita

  1. Baca dan pahami soal cerita dengan teliti.

  2. Tentukan informasi yang diketahui dan yang ditanyakan.

  3. Tentukan operasi yang digunakan (penjumlahan/pengurangan atau keduanya).

  4. Hitung langkah demi langkah.

  5. Tulis jawaban lengkap dengan satuan.


3. Contoh Soal Cerita dan Pembahasannya

 Contoh 1:
Dina memiliki 350 kelereng. Ia membeli lagi 120 kelereng, lalu memberi 100 kelereng kepada adiknya.
Berapa kelereng yang dimiliki Dina sekarang?

Contoh 2:
Sebuah perpustakaan memiliki 1.500 buku. Dalam satu bulan, mereka menerima sumbangan 300 buku dan membuang 100 buku yang rusak.
Berapa jumlah buku sekarang?

Penyelesaian:

  • Awal: 1.500

  • Sumbangan: +300 → 1.500 + 300 = 1.800

  • Dibuang: –100 → 1.800 – 100 = 1.700

 Jawaban: Sekarang ada 1.700 buku di perpustakaan.

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 
alhamdulillah soleh soleha sudah menguasai pembelajaran hari ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  Hari/Tanggal : Kamis, 2 oktober 2025 Mata Pelajaran : Seni Rupa (diskusi) , IPAS (problem based learning), Matematika (penugasan) Alat Per...