Hari/Tanggal : jumat, 26 September 2025
Mata Pelajaran : IPAS (problem based learning)
Alat Peraga : PPT, gambar, vidio ajar
Metode Pembelajaran : Penugasan
CP IPAS
Capaian Pembelajaran: Peserta didik memahami bentuk dan fungsi pancaindra; siklus hidup makhluk hidup dan upaya pelestariannya; masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam sebagai upaya mitigasi perubahan iklim; proses perubahan wujud benda dan perubahan bentuk energi 2.
Tujuan Pembelajaran:
Murid memahami proses perubahan wujud benda dan perubahan energi
TP MATEMATIKA
Murid dapat menyelesaikan operasi hitung bilangan cacah
IPAS
Perhatikan vidio dibawah ini
Wujud benda adalah keadaan suatu benda yang memiliki massa dan dapat menempati ruang, umumnya terbagi menjadi tiga jenis utama: padat, cair, dan gas, masing-masing dengan sifat dan karakteristik yang berbeda terkait bentuk, volume, dan kemampuan mengalir.
1. Benda Padat
- Bentuk: Bentuknya tetap dan tidak mudah berubah.
- Volume: Memiliki volume yang tetap.
- Partikel: Partikel-partikel penyusunnya sangat rapat dan terikat kuat.
- Contoh: Kayu, batu, logam, dan mainan balok.
2. Benda Cair
- Bentuk: Bentuknya tidak tetap dan akan mengikuti bentuk wadah tempatnya.
- Volume: Memiliki volume yang tetap, tetapi tidak memiliki bentuk yang tetap.
- Partikel: Partikel-partikelnya lebih renggang dibandingkan benda padat dan dapat bergerak bebas.
- Contoh: Air, jus, dan minyak.
3. Benda Gas
- Bentuk: Bentuknya tidak tetap dan akan memenuhi seluruh ruang yang ditempatinya.
- Volume: Volume dan bentuknya tidak tetap.
- Partikel: Partikel-partikelnya sangat renggang dan bergerak sangat bebas.
- Contoh: Udara, asap, dan uap air.
Mengapa Ada Wujud yang Berbeda?
Perbedaan wujud benda ini disebabkan oleh susunan partikel-partikel penyusunnya dan jarak antar partikel tersebut. Perubahan wujud benda (misalnya dari padat menjadi cair) terjadi karena adanya perubahan suhu atau energi, seperti saat es batu meleleh menjadi air.
ReFLEKSI dan Kesimpulan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar