Pages

Jumat, 26 September 2025

 

Hari/Tanggal : jumat, 26 September 2025

Mata Pelajaran :  IPAS (problem based learning)

Alat Peraga : PPT, gambar, vidio ajar

Metode Pembelajaran : Penugasan


CP IPAS

Capaian Pembelajaran: Peserta didik memahami bentuk dan fungsi pancaindra; siklus hidup makhluk hidup dan upaya pelestariannya; masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam sebagai upaya mitigasi perubahan iklim; proses perubahan wujud benda dan perubahan bentuk energi 2.

 Tujuan Pembelajaran: 

Murid  memahami proses perubahan wujud benda dan perubahan energi


TP MATEMATIKA
Murid dapat menyelesaikan operasi hitung bilangan cacah


IPAS



Perhatikan vidio dibawah ini


Wujud benda adalah keadaan suatu benda yang memiliki massa dan dapat menempati ruang, umumnya terbagi menjadi tiga jenis utama: padat, cair, dan gas, masing-masing dengan sifat dan karakteristik yang berbeda terkait bentuk, volume, dan kemampuan mengalir. 
1. Benda Padat 
  • Bentuk: Bentuknya tetap dan tidak mudah berubah.
  • Volume: Memiliki volume yang tetap.
  • Partikel: Partikel-partikel penyusunnya sangat rapat dan terikat kuat.
  • Contoh: Kayu, batu, logam, dan mainan balok.
2. Benda Cair 
  • Bentuk: Bentuknya tidak tetap dan akan mengikuti bentuk wadah tempatnya.
  • Volume: Memiliki volume yang tetap, tetapi tidak memiliki bentuk yang tetap.
  • Partikel: Partikel-partikelnya lebih renggang dibandingkan benda padat dan dapat bergerak bebas.
  • Contoh: Air, jus, dan minyak.
3. Benda Gas 
  • Bentuk: Bentuknya tidak tetap dan akan memenuhi seluruh ruang yang ditempatinya.
  • Volume: Volume dan bentuknya tidak tetap.
  • Partikel: Partikel-partikelnya sangat renggang dan bergerak sangat bebas.
  • Contoh: Udara, asap, dan uap air.
Mengapa Ada Wujud yang Berbeda?

Perbedaan wujud benda ini disebabkan oleh susunan partikel-partikel penyusunnya dan jarak antar partikel tersebut. Perubahan wujud benda (misalnya dari padat menjadi cair) terjadi karena adanya perubahan suhu atau energi, seperti saat es batu meleleh menjadi air. 
ReFLEKSI dan Kesimpulan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  Hari/Tanggal : Kamis, 2 oktober 2025 Mata Pelajaran : Seni Rupa (diskusi) , IPAS (problem based learning), Matematika (penugasan) Alat Per...