Hari / Tanggal : rabu / 27 Mei 2025
Kelas / Fase : 5/C
MATERI : SAS PKN
MEDIA : Lembar soal
METODE : Penugasan
Capaian Pembelajaran Matematika
Elemen
Pada akhir fase C, peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya. Mereka dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut.
Elemen
Pada akhir fase C, peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, dan segibanyak) serta gabungannya. Mereka dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut.
Tujuan pembelajaran : siswa dapat mengerjakan soal dengan baik
Apa kabar anak sholih sholihah.........
semoga hari ini semua dalam keadaan sehat wal'afiyah ....
Yuk simak vidio rangkuman dibawah ini
1. Luas Daerah Bangun Datar
A. Konsep Luas Derah Bangun Datar
Tujuan
- Mengenali situasi soal (konteks) yang melibatkan luas daerah bangun datar.
- menemukan konsep luas daerah bangun datar sebagai ukuran besar kecilnya area yang dibatasi oleh bangun datar.
B. Luas Daerah Bangun Datar
Tujuan
- Menemukan luas daerah persegi panjang.
- Menggunakan konsep luas daerah persegi panjang untuk menemukan luas daerah persegi, segitiga, jajargenjang, belah ketupat, dan layang-layang.
- Menggunakan konsep luas daerah jajargenjang untuk menemukan luas daerah trapesium.
C. Mengenali Hubungan Keliling dan Luas Daerah Bangun Datar
Tujuan
- Mengenali hubungan keliling dan luas daerah bangun datar dengan menentukan ukuran bangun datar yang paling luas jika diketahui kelilingnya.
Metode dan Aktivitas: Ekplorasi, penemuan terbimbing, tanya jawab, diskusi berkelompk.berpasangan.
2. Sudut
A. Sudut Siku-Siku
Tujuan:
- Menemkan sudut siku-siku di lingkungan sekitar.
B. Pengertian Sudut
Tujuan
- Memahami bagian-bagian sudut.
- Menyebutkan jenis-jenis sudut.
- Mengelompokkan sudut berdasarkan ciri-cirinya.
C. Mengukur dan Membandingkan Sudut
Tujuan
- Mengukur besar sudut dengan menggunakan busur derajat.
- Membandingkan besar sudut.
D. Melukis Sudut
Tujuan
- Melukis sudut dengan ukuran tertentu
- Memecahkan masalah yang berkaitan dengansudut.
- Membuat rancangan peta kota dengan menggunakan konsep sudut.
3. Membandingkan Ciri-Ciri Bangun Datar
A. Membandingkan Ciri-Ciri Segitiga
Tujuan
- Menemukan syarat tiga ruas garis yang dapat membentuk segitiga.
- Membandingkan karakteristik segitiga berdasarkan besar sudutnya.
- Menemukan jumlah sudut-sudut dalam sebuah segitiga.
- Membandingkan karakteristik segitiga.
B. Membandingkan Ciri-Ciri Segi Empat
Tujuan
- Mengingat kembali karakteristik trapesium.
- Membandingkan karakteristik jajargenjang dan trapesium.
- Membandingkan karakteristik persegi panjang dan jajargenjang.
- Membandingkan karakteristik belah ketupat dan jajargenjang.
- Membandingkan karakteristik persegi dan belah ketupat.
- Membandingkan karakteristik persegi dan persegi panjang.
- Membandingkan karakteristik layang-layang dna belah ketupat.
Metode dan Aktivitas: Eksplorasi, penemuan terbimbing, tanya jawab, diskusi berkelompok/pasangan.
4. Data
A. Mengumpulkan Data
Tujuan
- Mengumpulkan data sederhana dari lingkungan sekitar.
- Menyajikan hasil pengumpulan data menggunakan tabel frekuensi sederhana.
B. Piktogram
Tujuan
- Membaca data dari piktogram.
- Menganalisis data dari piktogram.
C. Diagram Batang
Tujuan
- Membuat diagram batang vertikal.
- Membuat diagram batang ganda.
- Membaca data dari diagram batang.
- Menganalisis data dari diagram batang.
Metode dan Aktivitas: Problem Based Learning, Project Based Learning (saat mengumpulkan data), penemuan terbimbing, eksplorasi, tanya jawab, diskusi kelompok.
5. Bilangan Cacah sampai 1.000.000
A. Membaca dan Menulis Bilangan Cacah sampai 1.000.000 dan Menentukan Nilai Tempatnya
Tujuan
- Membaca bilangan cacah sampai 1.000.0000.
- Menulis bilangan cacah sampai 1.000.000
- Menentukan nilai tempat bilangan cacah sampai 1.000.000
B. Mengurutkan dan Membandingkan Bilangan sampai 1.000.000
Tujuan
- Membandingkan bilangan cacah sampai 1.000.000.
- Mengurutkan bilangan sampai 1.000.000
C. Komposisi dan Dekomposisi Bilangan sampai 100.000
Tujuan
- Menentukan komposisi bilangan sampai 1.000.000
- Menentukan dekomposisi bilangan sampai 1.000.000
Kesimpulan
Alhamdulillah seluruh peserta didik kelas 5a dapat mengerjakan soal dengan baik
Penutup
Bagaimana sudah paham dengan pembelajaran hari ini? Apakah anak sholeh paham pembelajaran hari ini? Alhamdulillah kalau sudah paham semua, Miss Puji akhiri pembelajaran hari ini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar