Rabu, 24 April 2024

Materi Ajar : Kamis 25 Maret 2024

 



 Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung 

Tema 9 : Benda-Benda Di Sekitar Kita          

Subtema 1 : Benda Tunggal Dan Campuran  

Pembelajaran : 1                                     

Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia (KD 3.4 dan 4.4), IPA (KD 3.9 dan 4.9)


Tujuan Pembelajaran :

1. Setelah membaca materi di blog siswa mengamati iklan dalam media cetak, siswa dapat menjelaskan isi iklan, pengertian iklan, serta menemukan arti kata-kata asing dalam iklan dengan tepat.

2. Setelah membaca materi di blog siswa mengamati berbagai gambar benda termasuk dalam zat tunggal, siswa dapat menuliskan pengertian zat tunggal dan mengidentifikasi contoh benda termasuk zat tunggal di lingkungan sekitar dengan benar

3. Setelah membaca materi di blog siswa mengamati berbagai benda pada tabel, siswa dapat menjelaskan ciri-ciri zat tunggal dan zat campuran dalam kehidupan sehari-hari.


1. Apersepsi 

Alhamdulillah kita kemarin sudah belajar materi ditema 8 subtema 3 tentang usaha pelestarian lingkungan, saat ini kita akan membahas materi di tema 9 Subtema 1 pembelajaran yang pertama tentang macam-macam benda tunggal dan campuran 

Sebelum masuk ke pembelajaran simak terlebih dahulu video dibawah ini ya nak 🤗


2. Materi Ajar


MUATAN BAHASA INDONESIA (KD 3.4 dan 4.4)


MENJELASKAN ISI IKLAN DALAM MEDIA CETAK


Iklan adalah informasi untuk mendorong, membujuk, atau memberikan pengaruh kepada pembaca agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan. Iklan disampaikan dalam bentuk kalimat ajakan dan disajikan dalam bentuk media cetak dan media elektronik.


Iklan media cetak adalah iklan yang ditulis atau dicetak. Contoh media cetak, yaitu Koran, majalah, tabloid, brosur, atau baliho. Tampilan iklan di media cetak pun bervariasi. Ada yang menggunakan kombinasi aneka warna, dan menggunakan tinta hitam dan putih. Selain itu ada iklan yang menggunakan gambar dan tulisan, dan juga hanya menggunakan tulisan.


Contoh iklan media cetak :


MENJELASKAN UNSUR-UNSUR IKLAN MEDIA CETAK

Iklan merupakan salah satu cara sesorang, lembaga, atau perusahaan dalam menyampaikan informasi atau pesan kepada mayarakat. Iklan menawarkan produk baik berupa barang maupun jasa. Iklan harus disajikan dengan bahasa yang komutattif, informative, mudah dimengerti dan diingat masyarakat, serta menarik perhatian. Iklan dalam media cetak memiliki unsur-unsur sebagai berikut : 

dalam media cetak memiliki unsur-unsur sebagai berikut : 

1. Judul  iklan, merupakan bagian paling penting dalam iklan. Judul iklan berisi nama produk dan ditulis dengan huruh lebih besar. Tujuannya agar pembaca tidak salah jika ingin membeli barang tersebut. 

2. Isi iklan, merupakan bagian yang berisi keunggulan produk yang ditawarkan dan biasanya menggunakan jenis huruf yang lebih kecil darin judul iklan. 

3. Sumber iklan, berupa nama penjual, lembaga, atau perusahaan yang menawarkan produk. 

4. Deskripsi produk, yaitu penjelasan tentang produk yang diiklankan yang mencakup keunggulan produk dan harga produk. Deskripsi juga dapat disertai foto atau gambar agar terliaht menarik. 

5. Alamat dan nomor kontak sumber. Hal ini berguna untuk membantu pembaca mencari informasi lebih rinci dari iklan.


MUATAN IPA (KD 3.9 dan 4.9)

BENDA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Di sekitar kita banyak terdapat benda. Ada benda cair, benda padat, dan benda gas. Benda-benda itu menempati ruang dan memiliki massa. Artinya benda-benda itu bias diukur volumenya dan bias ditimbang massanya. Segala sesuatu yang memiliki massa  dan yang menempati ruang disebut materi.

Contohnya :


Gambar balon di atas menunjukkan kalau balon menempati ruang dan memiliki massa.

 

Gambar di atas menunjukkan air menempati ruang dan memiliki massa

Masih banyak contoh materi yang ada dalam kehidupan sehari-hari, seperti kecap, gula, susu kental manis, garam termasuk materi.

MENJELASKAN CIRI-CIRI ZAT TUNGGAL dan CAMPURAN dalam KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Pada pelajaran sdebelumnya, kita sudah belajar tentang materi. Berdasarkan komposisi penyusunnya, materi dibedakan menjadi zat tunggal dan campuran, yaitu : 

1. Zat tunggal adalah materi yang hanya tersusun atas satu jenis zat. Benda-benda yang termasuk zat tunggal yaitu : emas murni, perak murni, besi, gula, kayu, garam dapur, dan kapur.

Contoh gambar :

2. Campuran adalah materi berupa kumpulan dari dua zat atau lebih zat. Dalam campuran, sifat-sifat zat asal masih tetap tampak. Contohnya : air teh manis dan gula pasir. Rasa manis di dalam air the manis tergantung dari jumlah gula yang dicampurkan di dalamnya. Semakin banyak gula yang dilarutkan, maka air teh akan semakin manis.

      Contoh gambar :

Silahkan ananda simak video di bawah ini semoga ananda memahaminya :

 


3. Contoh soal 
1. Ada berapa jenis macam iklan media cetak ?
Jawab : Koran, majalah, tabloid, brosur, atau baliho.

2. Sebutkan dan jelaskan unsur-unsur iklan media cetak !
Jawab : 
1. Judul  iklan, merupakan bagian paling penting dalam iklan. Judul iklan berisi nama produk dan ditulis dengan huruh lebih besar. Tujuannya agar pembaca tidak salah jika ingin membeli barang tersebut. 

2. Isi iklan, merupakan bagian yang berisi keunggulan produk yang ditawarkan dan biasanya menggunakan jenis huruf yang lebih kecil darin judul iklan. 

3. Sumber iklan, berupa nama penjual, lembaga, atau perusahaan yang menawarkan produk. 

4. Deskripsi produk, yaitu penjelasan tentang produk yang diiklankan yang mencakup keunggulan produk dan harga produk. Deskripsi juga dapat disertai foto atau gambar agar terliaht menarik. 

5. Alamat dan nomor kontak sumber. Hal ini berguna untuk membantu pembaca mencari informasi lebih rinci dari iklan.


3. Sebutkan berapa banyak jenis benda yang dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari ?
Jawab : Benda cair, benda padat, dan benda gas. Benda-benda itu menempati ruang dan memiliki massa. Artinya benda-benda itu bias diukur volumenya dan bias ditimbang massanya. Segala sesuatu yang memiliki massa  dan yang menempati ruang disebut materi.


4. TUGAS LATIHAN
Vidio yang dibuat mohon Tah ke Miss puji instagram @pujirahmawatiningsih dan SD alazhar 3



5. Penutup

Demikian pembelajaran hari ini tentang syarat air bersih semoga ananda sholeh sholehah memahami penjelasan dari ibu/bapak guru, besok masuk ke pembelajaran 2. Apabila ada pertanyaan bisa langsung ditanyakan ke ibu/bapak guru ya..
Wassalamualaikum.wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  MATERI AJAR JUM'AT, 03 MEI 2024    Tema 9                  : Benda –benda di Sekitar Kita Pembelajaran        :  6 Muatan             ...