Senin, 19 September 2022

Materi ajar : Selasa, 20 September 2022


Tema 3           : Makanan Sehat 

Subtema 2      : Pentingnya Makanan Sehat bagi Tubuh

Pembelajaran   : 3

Muatan pelajaran:                                                                                                          

 Muatan Pelajaran :

 PPKn (KD 3.3, 4.3), 

Bahasa Indonesia (KD 3. 4, 4.4)

Hari /tanggal : 20 September 2022

 1. Sapaan 



Hello, how are you my lovely student?
semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin Yarobbalamin 
jangan lupa untuk mengerjakan solat duha dan murojaah ya nak...

2. Apersepsi 
adakah yang masih ingat materi yang kemarin? ..... iya betul minggu kemarin kita sudah membahas materi 
terkait ciri-ciri iklan elektronik, hari ini kita akan belajar terkait perbedaan iklan media cetak dan media elektronik 

lets start our lesson today
Sebelumnya silahkan simak vidio pembelajaran dibawah ini ya..




3. Tujuan pembelajaran

1. Peserta didik mampu menceritakan dan memberikan contoh keanekaragaman adat istiadat di lingkungan sekitarnya.

v  2. peserta didik mampu  mengidentifikasikan ciri-ciri bahasa iklan elektronik

                                                                       

 4. Materi Ajar 

Keragaman Adat IstiadatAdat istiadat adalah perilaku masyarakat yang menjadi ciri khas suatu daerah tertentu. Adat istiadat diterapkan secara turun temurun sehingga menjadi sebuah kebiasaan dalam kehidupan masyarakatnya.

Adat istiadat dibedakan menjadi 2 jenis :

1.   Tertulis (peraturan atau dokumen)

2.   Tidak tertulis (ceritarakyat, tarian daerah, dan upacara adat)

 

Contoh adat istiadat : Ngaben(Bali), Tabuik (Sumatera Barat), Dugderan (Semarang), dan Lompat Batu Fahombo (Nias)


Makna Semboyan Bhineka Tunggal Ika

 


Kita harus saling menghormati dan menghargai yang dapat terwujud melalui kerja sama.

Bahasa Indonesia (KD 3. 4, 4.4)

Perbedaan Bahasa Iklan Media Cetak dan Elektronik

Iklan media cetak

ü Iklan disampaikan tertulis, sehingga dapat dibaca kapan saja.

Iklan media elektronik

ü Iklan dilihat, didengar, dan dibaca teksnya

ü Iklan hanya ditampilkan dalam waktu singkat

ü Bahasa yang digunakan dapat berupa formal maupun nonformal

Persamaannya, sama-sama dibuat untuk meyakinkan dan memengaruhi pembaca atau pendengarnya.

Isi pada Iklan Media ElektronikUntuk dapat memahami isi iklan pada radio, dengarkanlah iklan dengan seksama. Sedangkan pada televisi, lihat, dengar, dan bacalah teks yang disajikan dengan seksama.Kita perlu mengingat kata kunci yang terdapat pada iklan elektonik karena biasanya disampaikan dalam waktu yang singkat. Kata kunci pada iklan dapat ditemukan pada slogan serta kalimat persuasif yang ada pada iklan tersebut.

5. Evaluasi
 Kegiatan hari ini, ananda soleh soleha memahami perbedaan iklan media cetak dan media elektronik

6. Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu laksanakan sholat 5 waktu ya nak
 
Wassalamualaikum.wr.wb.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar: Selasa, 21 Mei 2024

  Tema 9                              Sub Tema 3                : Manusia dan Benda di Lingkungan Pembelajaranke-       : 5  MuatanTerpadu  ...