Pages

Kamis, 04 September 2025

 

Hari/Tanggal : Kamis, 4 september 2025

Alat Peraga : Video Pembelajaran/PPT

Metode Pembelajaran :  Penugasan (Matematika), PBL ( IPAS)

MATERI AJAR : MATEMATIKA  DAN IPAS

MATERI IPAS

GAYA DAN JENIS-JENIS GAYA

Capaian Pembelajaran IPAS :Peserta didik menganalisis hubungan antara bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (panca indra). Peserta didik dapat membuat simulasi menggunakan bagan/alat bantu sederhana tentang siklus hidup makhluk hidup. Peserta didik dapat mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam di lingkungan sekitarnya dan kaitannya dengan upaya pelestarian makhluk hidup.

Tujuan pembelajaran : murid dapat memahami jenis -jenis gaya yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari

perhatian vidio ini



Gaya adalah tarikan atau dorongan yang dapat mengubah gerak atau bentuk suatu bendaJenis-jenis gaya yang dipelajari di kelas 4 SD antara lain Gaya Otot (dorongan/tarikan menggunakan tenaga otot), Gaya Pegas (tarikan/dorongan dari benda elastis), Gaya Magnet (tarikan magnet pada benda besi/baja), Gaya Gravitasi (tarikan bumi), Gaya Gesek (muncul saat dua benda bergesekan), dan Gaya Listrik (yang berasal dari muatan listrik). 
Pengertian Gaya
Gaya adalah interaksi berupa dorongan atau tarikan yang diberikan pada suatu benda dan dapat menyebabkan benda tersebut mengalami perubahan. Perubahan yang bisa terjadi adalah: 
  • Benda diam menjadi bergerak: Contohnya, mendorong meja yang diam menjadi bergerak. 
  • Benda bergerak menjadi diam: Contohnya, mengerem sepeda yang sedang melaju. 
  • Perubahan bentuk benda: Contohnya, memencet kaleng sehingga bentuknya berubah. 
  • Perubahan arah benda: Contohnya, menyundul bola yang meluncur ke arah lain. 
Jenis-Jenis Gaya Kelas 4 SD
Berikut adalah jenis-jenis gaya yang sering dipelajari di tingkat kelas 4 SD:
  1. 1. Gaya Otot:
    Dorongan atau tarikan yang berasal dari tenaga manusia atau hewan, seperti saat seseorang mengucek baju. 
  2. 2. Gaya Pegas:
    Gaya yang dihasilkan oleh benda-benda yang memiliki sifat elastis atau lentur, misalnya yang terjadi pada pegas di motor atau mainan pegas. 
  3. 3. Gaya Magnet:
    Gaya yang dihasilkan oleh magnet untuk menarik atau menolak benda-benda yang terbuat dari logam seperti besi dan baja. 
  4. 4. Gaya Gravitasi:
    Gaya tarik bumi yang membuat semua benda di bumi tidak melayang, seperti apel yang jatuh dari pohon. 
  5. 5. Gaya Gesek:
    Gaya yang muncul ketika dua permukaan benda saling bersentuhan dan bergesekan, misalnya saat mendorong kotak di lantai. 
  6. 6. Gaya Listrik:
    Gaya yang muncul ketika ada benda yang memiliki muatan listrik, seperti yang digunakan pada berbagai alat elektronik. 
Latihan : 
1. Benda apa yang bisa bergerak karena gaya otot?
2. Apa yang terjadi jika tidak ada gaya gesek pada benda yang bergerak?" (Benda tersebut akan terus bergerak dan tidak berhenti) 
3.Mengapa buah yang jatuh dari pohon akan selalu menuju ke bawah?" (Karena adanya gaya gravitasi)
4.Sebutkan dua benda yang menggunakan menggunakan prinsip gaya magnet!" (Contoh: Kompas dan pengeras suara) 

5. Bahan-bahan yang ada di bawah ini adalah bahan untuk membuat traktor pegas, kecuali…


MATEMATIKA

Perhatikan vidio dibawah ini :




Tujuan Pembelajaran :

Murid dapat menyelesaikan  masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.

Penjumlahan Tanpa Teknik Menyimpan

Apa itu Penjumlahan Tanpa Teknik Menyimpan?

Penjumlahan tanpa teknik menyimpan adalah cara menjumlahkan bilangan di mana hasil dari setiap kolom (satuan, puluhan, ratusan, dan seterusnya) tidak pernah lebih dari 9. Karena hasilnya tidak lebih dari 9, kita tidak perlu "menyimpan" angka ke kolom di sebelahnya.


Cara Melakukan Penjumlahan Tanpa Teknik Menyimpan

Ada dua cara utama yang bisa kita gunakan:

  1. Cara Bersusun Pendek

  2. Cara Bersusun Panjang

1. Cara Bersusun Pendek

Cara ini paling sering digunakan karena lebih cepat. Langkah-langkahnya:

  1. Susun bilangan secara vertikal (ke bawah), pastikan nilai tempatnya sejajar (satuan dengan satuan, puluhan dengan puluhan, dll.).

  2. Mulai menjumlahkan dari kolom paling kanan, yaitu kolom satuan.

  3. Lanjutkan menjumlahkan ke kolom berikutnya di sebelah kiri (puluhan, ratusan, dan seterusnya) sampai semua kolom selesai dijumlahkan.

Contoh Soal: Hitunglah .

Penyelesaian:

  243
  125
  --- +
  368
  • Langkah 1 (Satuan): Jumlahkan angka di kolom satuan: . Tulis angka 8 di bawah kolom satuan.

  • Langkah 2 (Puluhan): Jumlahkan angka di kolom puluhan: . Tulis angka 6 di bawah kolom puluhan.

  • Langkah 3 (Ratusan): Jumlahkan angka di kolom ratusan: . Tulis angka 3 di bawah kolom ratusan.

Jadi, hasil dari  adalah 368.


2. Cara Bersusun Panjang

Cara ini membantu kita memahami nilai tempat setiap angka. Langkah-langkahnya:

  1. Uraikan setiap bilangan ke dalam nilai tempatnya (ratusan, puluhan, dan satuan).

  2. Jumlahkan setiap nilai tempat secara terpisah.

  3. Jumlahkan kembali semua hasilnya.

Contoh Soal: Hitunglah .

Penyelesaian:

  • Langkah 1: Uraikan kedua bilangan.  

  • Langkah 2: Jumlahkan masing-masing nilai tempat.

    • Satuan: 

    • Puluhan: 

    • Ratusan: 

  • Langkah 3: Gabungkan semua hasil penjumlahan. 

Jadi, hasil dari  adalah 368.


Penting untuk Diingat!

Penjumlahan tanpa teknik menyimpan adalah dasar sebelum kita belajar tentang penjumlahan dengan teknik menyimpan. Kunci utamanya adalah menjumlahkan angka dari kanan ke kiri dan memastikan setiap kolom hasilnya tidak lebih dari 9. Dengan terus berlatih, kalian pasti bisa!

Baiklah sholeh sholeha bu guru demikian materi kita pada hari ini semoga anak-anak dapat memahami materi hari ini dengan baik jangan lupa laksanakan sholat lima waktu dan selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada papa dan mama. Bu guru akhiri Wassalamualaikum wr.wb 🥰🙏🥰

REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN : 

Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini  sebagian murid mampu memahami dan menyelesaikan  masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan.
. Namun masih ada murid yg belum mampu memahami bagaimana menyelesaikan masalah yang berkaitan menggunakan ribuan sebagai satuan. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru melakukan penjelasan ulang materi tersebut serta murid diberi latihan kembali.
Alhamdulillah pembelajaran berjalan lancar dengan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi ajar: PTS rabu 15 oktober 2025

  SUMATIF TENGAH SEMESTER (STS)  Kelas/Semester : 4/ 1 SD AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG Tujuan Pembelajaran :Siswa dapat menjawab soal dengan ba...