Pages

Senin, 17 November 2025

 

Hari/Tanggal : Selasa 18 november 2025

Alat Peraga : Video Pembelajran/PPT

Metode Pembelajaran : PKN (tanya jawab) bahasa Indonesia (PBL)

MATERI AJAR : PANCASILA DAN BAHASA INDONESIA


MATERI PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 4

Tema: Hak dan Kewajiban.


Tujuan Pembelajaran : murid dapat memahami perbedaan hak dan kewajiban




📖 Pengertian Hak dan Kewajiban

1. Hak

👉 Hak adalah sesuatu yang kita peroleh atau kita miliki setelah melakukan kewajiban, atau sesuatu yang memang sudah menjadi bagian dari kita.

Contoh hak:

  • Mendapat kasih sayang dari orang tua.

  • Mendapat pendidikan di sekolah.

  • Mendapat rasa aman di lingkungan tempat tinggal.


2. Kewajiban

👉 Kewajiban adalah sesuatu yang harus kita lakukan dengan penuh tanggung jawab agar hak dapat terpenuhi.

Contoh kewajiban:

  • Belajar dengan sungguh-sungguh.

  • Mematuhi aturan sekolah.

  • Menjaga kebersihan lingkungan.


3. Hubungan Hak dan Kewajiban

Hak dan kewajiban harus berjalan seimbang.
Jika hanya menuntut hak tanpa melakukan kewajiban, maka akan timbul ketidakadilan dan kekacauan.

Contoh:

  • Kita berhak mendapatkan lingkungan bersih, tetapi kita juga wajib menjaga kebersihan.

  • Kita berhak mendapat pelajaran dari guru, tetapi wajib menghormati dan menaati peraturan sekolah.

 

🏠 Contoh Hak dan Kewajiban di Berbagai Lingkungan

LingkunganHakKewajiban
RumahMendapat kasih sayang dari orang tuaMembantu orang tua dan menaati peraturan rumah
SekolahMendapat pelajaran dari guruBelajar dengan rajin dan disiplin
MasyarakatMendapat rasa amanMenjaga kebersihan dan ketertiban lingkungan
NegaraMendapat perlindungan hukumMenjaga persatuan dan menaati peraturan negara

💡 Mengapa Kita Harus Melaksanakan Kewajiban?

Karena:

  1. Menjalankan kewajiban menunjukkan sikap tanggung jawab dan disiplin.

  2. Jika semua orang melaksanakan kewajiban, maka hak semua orang akan terpenuhi.

  3. Kehidupan menjadi tertib, damai, dan adil.


💬 Sikap yang Mencerminkan Pelaksanaan Hak dan Kewajiban

  • Membantu orang tua tanpa disuruh.

  • Membuang sampah pada tempatnya.

  • Menghormati guru dan teman di sekolah.

  • Menepati janji dan berkata jujur.

  • Tidak menuntut hak secara berlebihan.


🧩 Aktivitas Belajar

  1. Diskusi:
    Sebutkan tiga contoh hak dan kewajiban di rumah!

  2. Tugas Kelompok:
    Buat poster bertema “Hak dan Kewajiban Harus Seimbang”.

  3. Refleksi Diri:
    Tuliskan satu kewajiban yang sudah kamu lakukan hari ini.

  1. Hak adalah …
    a. Sesuatu yang harus dilakukan
    b. Sesuatu yang kita peroleh setelah melaksanakan kewajiban ✅
    c. Sesuatu yang tidak penting
    d. Hukuman yang harus diterima

  2. Berikut ini yang termasuk kewajiban di sekolah adalah …
    a. Mendapat pelajaran dari guru
    b. Datang terlambat ke sekolah
    c. Menjaga kebersihan kelas ✅
    d. Bermain di kelas saat belajar

  3. Jika kita ingin mendapatkan lingkungan bersih, maka kita harus …
    a. Menunggu petugas kebersihan
    b. Membiarkan sampah berserakan
    c. Menjaga kebersihan lingkungan ✅
    d. Tidak peduli dengan sampah

2. Isian Singkat

  1. Hak dan kewajiban harus berjalan secara ________.

  2. Kewajiban utama seorang siswa adalah ________.

  3. Kita berhak hidup aman, tetapi juga wajib ________.



MATERI BAHASA INDONESIA KELAS 4

Materi: Deskripsi


CP : 

1. Menyimak

murid mampu memahami dan menanggapi informasi faktual dan rinci dari teks deskripsi yang didengar atau dibacakan tentang objek di sekitar mereka (sekolah, rumah, benda, tempat wisata).

TUJUAN PEMBELAJARAN :


Murid dapat mengidentifikasi objek yang dideskripsikan dalam teks yang dibaca atau didengar (tempat, benda, atau orang).

1. Pengertian Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan suatu objek (tempat, benda, hewan, atau orang) secara jelas dan rinci sehingga pembaca seolah-olah dapat melihat atau merasakan objek tersebut.

2. Tujuan Teks Deskripsi

  • Memberi gambaran yang jelas tentang suatu objek.

  • Membuat pembaca seakan-akan melihat, mendengar, atau merasakan apa yang digambarkan.

3. Ciri-ciri Teks Deskripsi

  • Menggambarkan bentuk, warna, ukuran, atau keadaan suatu objek.

  • Menggunakan kata sifat (indah, bagus, tinggi, wangi, bersih).

  • Banyak menggunakan pancaindra (melihat, mencium, mendengar, meraba).

  • Isi teks bersifat nyata dan konkret.

4. Struktur Teks Deskripsi

  1. Identifikasi / Gambaran umum
    Pengenalan tentang objek yang dideskripsikan.

  2. Deskripsi bagian
    Penjelasan bagian-bagian objek secara rinci.

  3. Simpulan / Penutup (opsional)
    Pendapat atau kesan penulis tentang objek.


Contoh Teks Deskripsi

"Taman Sekolahku"

Taman sekolahku terletak di samping ruang guru. Taman ini tidak terlalu besar, tetapi sangat indah dan rapi.

Di dalam taman terdapat berbagai jenis tanaman, seperti bunga mawar, melati, dan anggrek. Bunga-bunga itu ditanam berjajar sehingga terlihat sangat tertata. Warnanya yang beragam membuat taman tampak cerah. Di tengah taman terdapat kolam kecil dengan air yang jernih. Beberapa ikan berwarna oranye berenang ke sana ke mari.

Taman sekolahku menjadi tempat favoritku untuk beristirahat karena suasananya sejuk dan menenangkan.


Latihan Soal

A. Pilihan Ganda

  1. Teks deskripsi bertujuan untuk….
    a. Menghibur pembaca
    b. Menggambarkan suatu objek
    c. Menceritakan kejadian berurutan
    d. Menjelaskan cara membuat sesuatu

  2. Bagian teks deskripsi yang berisi penjelasan rinci tentang objek adalah….
    a. Identifikasi
    b. Deskripsi bagian
    c. Penutup
    d. Orientasi

  3. Ciri teks deskripsi adalah….
    a. Menggunakan kata kerja perintah
    b. Mengandung dialog
    c. Menggunakan banyak kata sifat
    d. Mengandung urutan waktu

  4. Berikut ini yang termasuk kata sifat adalah….
    a. Berlari
    b. Tinggi
    c. Duduk
    d. Membaca

  5. Penggambaran objek dalam teks deskripsi biasanya menggunakan….
    a. Imajinasi liar
    b. Pancaindra
    c. Angka-angka
    d. Rumus


B. Isian

  1. Teks deskripsi menggambarkan suatu objek secara ________.

  2. Struktur teks deskripsi terdiri atas identifikasi dan ________.

  3. Taman, sekolah, hewan, dan benda dapat dijadikan objek ________.

  4. Kata “harum”, “indah”, dan “lebar” termasuk kata ________.

  5. Penggunaan pancaindra membantu membuat teks deskripsi menjadi lebih ________.


C. Tugas Menulis

Tulislah sebuah teks deskripsi minimal 2 paragraf tentang:
“Hewan kesayanganku”
Gambarkan ciri fisik, warna, kebiasaan, dan alasan kamu menyukainya.


KESIMPULAN / PENUTUP :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  Hari/Tanggal : Rabu, 26 November 2025 Mata Pelajaran :  Seni Rupa dan IPAS Alat Peraga : Video Pembelajaran, bahan - bahan untuk membuat E...