Pages

Kamis, 03 Oktober 2024

 


  •  Hari / Tanggal : kamis / 3 oktober 2024

    Kelas / Fase : 5 / C

    Mata Pelajaran : IPAS, B.indonesia

    👉👉Tujuan Pembelajaran (TP) :

    Tujuan Pembelajaran :

    1.Siswa dapat memahami unsur-unsur dalam cover buku

    3. Siswa dapat memahami tentang jaring-jaring makanan

  • Media yang digunakan

  • LCD proyektor

  • Assalamualaikum wr.wb

    Apa kabar anak sholih/Sholihah?
    Sudah siap belajar hari ini ?

    Sebelum kita belajar jangan lupa berdoa terlebih dahulu yaa..

    IPAS

    Capaian Pembelajaran IPAS

    Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya; hubungan antar komponen biotik dan abiotik serta pengaruhnya terhadap ekosistem; siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air; gelombang bunyi dan cahaya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari; krisis energi dan upaya penghematan energi serta pemanfaatan sumber energi alternatif dari sumber daya yang ada di sekitarnya; sistem tata surya dan kaitannya dengan rotasi dan revolusi bumi; letak dan kondisi geografis negara Indonesia melalui peta konvensional/digital; sejarah di provinsi tempat tinggalnya; keragaman budaya nasional yang dikaitkan dengan konteks kebinekaan berdasarkan pemahamannya terhadap nilai-nilai kearifan lokal yang berlaku di wilayahnya; serta kegiatan ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif di lingkungan sekitar

    Capaian Pembelajaran Matematika

    apaian Pembelajaran : Pada akhir fase C, peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang.
    Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB.
    Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma)
    Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat melakukan operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000


    pendidikan pancasila

    Peserta didik mampu memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara.

    Ekosistem adalah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem terdiri dari 2 komponen, yaitu komponen biotik yang beranggotakan makhluk hidup dan komponen abiotik yang isinya makhluk tidak hidup. Contoh : ekosistem sawah, ekosistem pantai, ekosistem air tawar, ekosistem padang rumput, dll.
















    L      LATIHAN 

             1. Makhluk hidup yang memperoleh energi dari cahaya matahari dalam jaring-jaring makanan yaitu ....

    A.      A. produsen        B. konsumen tingkat 1        C. konsumen tingkat 2        D. pengurai 

             2. Perhatikan gambar di bawah!

          Pada piramida makanan di atas, makhluk hidup yang menerima paling sedikit energi ditunjukkan oleh nomor....
          A. 1                  B. 2            C. 3            D. 4
                  
           3.  Komponen rantai makanan berikut yang tidak terdapat pada piramida makanan yaitu ....

              A. produsen            B. konsumen tingkat 1            C. konsumen tingkat 2    D. dekomposer 

            4.   Siswa kelas 5 melaksanakan percobaan agar lebih mudah memahami transfer energi pada jaring-jaring makanan. Berdasarkan gambar di atas, banyaknya batu pada toples yang berlabelkan konsumen 1 yaitu....
           A. 10                B. 12                C. 14                D. 15 
    Bahasa indonesia

    Materi Dasar tentang Cover Buku

    Cover buku adalah bagian terluar dari sebuah buku yang berfungsi sebagai pelindung dan sekaligus sebagai identitas buku tersebut. Pada cover buku Kurikulum Merdeka Bahasa Indonesia kelas 5, umumnya terdapat beberapa elemen penting, yaitu:

    • Judul Buku: Nama lengkap buku, biasanya dicetak dengan font yang mencolok dan ukuran yang besar.
    • Nama Pengarang: Nama penulis buku atau tim penulis.
    • Penerbit: Lembaga yang bertanggung jawab menerbitkan buku.
    • Ilustrasi: Gambar atau desain yang menarik untuk menarik perhatian pembaca.
    • Logo Kurikulum Merdeka: Logo khas yang menunjukkan bahwa buku tersebut menggunakan Kurikulum Merdeka.
    • Kelas dan Mata Pelajaran: Informasi tentang kelas dan mata pelajaran yang dituju, dalam hal ini kelas 5 dan Bahasa Indonesia.

    5 Soal tentang Cover Buku Kurikulum Merdeka Bahasa Indonesia Kelas 5

    1. Apa fungsi utama dari cover buku?
      • Jawaban: Cover buku berfungsi sebagai pelindung buku dan sebagai identitas buku tersebut.
    2. Elemen apa saja yang biasanya terdapat pada cover buku Kurikulum Merdeka Bahasa Indonesia kelas 5?
      • Jawaban: Judul buku, nama pengarang, penerbit, ilustrasi, logo Kurikulum Merdeka, kelas, dan mata pelajaran.
    3. Mengapa ilustrasi pada cover buku penting?
      • Jawaban: Ilustrasi pada cover buku berfungsi untuk menarik perhatian pembaca, memberikan gambaran singkat tentang isi buku, dan membuat buku terlihat lebih menarik.
    4. Apa yang dimaksud dengan logo Kurikulum Merdeka pada cover buku?
      • Jawaban: Logo Kurikulum Merdeka adalah simbol yang menunjukkan bahwa buku tersebut menggunakan Kurikulum Merdeka, sebuah kurikulum yang lebih fleksibel dan berpusat pada siswa.
    5. Bagaimana cara memilih buku yang sesuai berdasarkan covernya?
      • Jawaban: Saat memilih buku, perhatikan judul, ilustrasi, dan informasi lainnya pada cover. Pastikan buku tersebut sesuai dengan minat dan level pemahaman siswa.

  • B
    b   


     

    KESIMPULAN

  • Penutup
  • Demikian lah pembelajaran hari ini semoga solehsoleha sudah memahami pembelajaran kita hari ini
  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Materi : pts hari keempat, rabu,16 oktober 2024

      PENILAIAN TENGAH SEMESTER Kelas/Semester : 5/ 1 SD AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG Assalamualaikum wr wb Good morning my students.  How are you ...