Pages

Minggu, 12 Mei 2024

 


  

Tema 9        : Benda –benda di Sekitar Kita

Subtema 2     : Benda dalam Kegiatan Ekonomi

Pembelajaran        : 6

Muatan               : Bahasa Indonesia, PPKn,  SBDP

1. Apersepsi 

Alhamdulillah kita kemarin sudah belajar tentang iklan elektronik, nah hari ini kita akan belajar tentang bahasa iklan dan persatuan kesatuan bangsa Indonesia

Mari perhatikan video pembelajaran berikut ini

2. Tujuan Pembelajaran 

Tujuan Pembelajaran : 

1. Dengan membaca dan menyimak materi di blog peserta didik dapat memahami dan membuat iklan elektronik

2. Dengan menyimak materi di blog guru peserta  didik dapat memberi mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari -hari

3. Dengan membaca dan menyimak materi di blog peserta didik dapat memahami pola lantai pada tari kecak Bali


3. Materi Ajar

Bahasa Indonesia 
Menyimpulkan Iklan Media Elektonik
Untuk dapat menyimpulkan sebuah iklan media elektronik, kita perlu cermati misi iklan tersebut dengan baik. Sebelumnya kita telah mempelajari cara memahami isi iklan elektronik dengan cara seperti berikut :
1. Iklan pada media radio : Cara memahami isi iklan radio, yaitu dengan mendengarkan semua informasi yang disampaikan secara seksama.

2. Iklan pada media televisi : Cara memahami isi iklan televisi, yaitu dengan cara melihat, mendengar, dan membaca teks yang disajikan dengan seksama.

3.Iklan pada media internet dan reklame elektronik : Cara memahami iklan pada media ini sama seperti iklan televisi. Namun, ada beberapa iklan pada media ini yang hanya menyajikan tampilan visual atau audionya saja.

Karena iklan elektronik memiliki durasi waktu waktu yang cukup singkat, maka sebaiknya setelah menyimak iklan, kita menuliskan isi iklan dalam sebuah catatan kecil, jika tidak menyimaknya secara berulang ulang. Setelah mengetahui isi iklan, maka kita dapat membuat kesimpulan dari iklan tersebut. Kesimpulan dapat di buat dengan cara menyusun catatan yang telah kita buat tentang informasi isi iklan. Kesimpulan di buar dengan bahasa yang ringkas, padat dan jelas sehingga mudah dipahami diri sendiri atau orang lain yang membacanya. 


PPKn
Mewujudkan Kerukunan dalam Kegiatan di Lingkungan Sekitar
Sebagai makhluk sisial, manusia tidak dapat hidup seorang diri. Bantuan dari orang lain sering kali kita perlukan dalam berbagai kegiatan yang kita lakukan sehari hari. Oleh sebab itu, kita perlu menjaga hubungan baik dengan orang lain. Hal itu sangat bermanfaat untuk menjaga kerukunan di lingkungan masyarakat. Manfaat menjaga kerukunan dalam masyarakat: 
1. menjaga perdamaian
2. mengkuatkan tali persaudaran
3.menciptakan keadaan harmonis
4. memiliki banyak teman 
5.menghasilkan komunikasi dgn baik

Meningkatkan Toleransi Antar Sesama
Toleransi dibutuhkan pada sesama masyarakat Indonesia agar bisa saling membantu satu sama lainnya tanpa memandang suku,agama, ras dan antar golongan. Toleransi merupakan sikap untuk mengerti, memahami dan menerima perbedaan antar individu. Sikap ini tanpa paksaan dan tidak ingin memaksakan orang lain untuk melakukan hal yang sama. Hidup rukun dan toleransi adalah dua hal yang harus diperhatikan agar hidup harmonis ditengah keberagaman masyarakat.

Mampu Menerima Perbedaan Antar Sesama
Manusia memandang dan menyikapi apa yang terdapat dalam alam semesta bersumber dari beberapa faktor yang dominan dalam kehidupannya. Faktor itu boleh jadi berasal dari kebudayaan, filsafat, agama, kepercayaan, tatanilai masyarakat atau lainnya. Luasnya pandangan manusia tergantung pada faktor dominan yang mempengaruhinya. Menghargai perbedaan dilakukan sesuai norma dan hukum yang berlaku di masyakat dan negara. Bila ada perbedaan, musyawarah untuk mencapai mufakat adalah jalan terbaik. Sudah seharusnya, sesama masyarakat saling menjalin keberagaman Indonesia. Jangan sampai, keberagaman yang sudah dibangun sejak dahulu menjadi rusak. Mulailah dengan beberapa hal diatas untuk tetap menjaga keberagaman di Indonesia.

Manfaat Hidup Rukun Agar Peduli Terhadap Lingkungan 
Manusia tidak lepas dari gejala alam dan kehidupan lingkungan. Alam dan manusia akan saling mempengaruhi. Namun, sebagai subjek kehidupan, manusia perlu memperlakukan alam secara baik sehingga akan memberikan manfaat bagi kesejahteraan hidupnya. Hidup rukun membuat kita menjadi lebih pekaan terhadap lingkungan budaya, sehingga mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru.  


SBDP
Hidup rukun artinya saling menghormati, saling membantu, dan saling menyayangi. Hidup rukun hendaknya dilakukan baik di lingkungan rumah, sekolah, maupun di lingkungan masyarakat. Contohnya saling menghormati mengenai kebudayaan tarian di Indonesia salah satu nya Tari Kecak yang berasal dari Bali. 

Tari Kecak merupakan tarian adat Bali. Tari Kecak dimainkan oleh puluhan laki-laki yang duduk berbaris melingkar. Menyerukan kata “Cak” dengan irama tertentu dengan kedua lengan diangkat. Gerakannya serempak dan kompak. Kekompakan gerakan dalam tarian Kecak mengandung ritual agama. Selain itu juga mencerminkan kebersamaan dan kerukunan. Kebersamaan dan kerukunan tidak hanya dalam tari Kecak. Akan tetapi, juga dalam kehidupan di keluarga, sekolah, masyarakat, dan bangsa. Kebersamaan dan kerukunan penting dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.


Gerakan pada tarian Kecak duduk melingkar di tempat. Berdasarkan gerakan tari kecak tersebut, pola lantai tarian Kecak adalah pola lantai garis melengkung yang membentuk garis lingkaran. 

4. Contoh Soal 
Televisi adalah media elektronik yang sangat efektif dalam menayangkan iklan, hal itu karena televisi mampu menyajikan....
Jawaban : suara, gambar dan video

5. Latihan Soal 
1) Alat di bawah ini yang termasuk media untuk menampilkan iklan elektronik adalah ….
a. Spanduk
b. Majalah
c. Koran
d. Radio

2) Kemajuan zaman telah membuat manusia banyak berinteraksi di dunia internet, sehingga banyak iklan pula yang ditampilkan di internet. Iklan di internet dapat dimuat atau disisipkan dalam banyak konten, kecuali ….
a. Tulisan di blog
b. Konten video
c. Berita online
d. Keyboard komputer

3) Iklan elektronik harus dibuat dengan baik, agar orang yang melihat atau mendengarnya menjadi tertarik. Berikut ini adalah unsur-unsur iklan elektronik sehingga terlihat menarik, kecuali ….
a. Dapat membuat orang menjadi berminat dengan produk yang diiklankan
b. Dapat membuat orang menjadi percaya dengan produk yang diiklankan
c. Dapat membuat orang mencari kelemahan produk yang diiklankan
d. Dapat membuat orang ingin mengkonsumsi produk yang diiklankan

4) Kalimat Iklan Indomie
Ciri-ciri bahasa iklan pada gambar di atas adalah ….
a. Lucu, unik dan menghibur yang membaca
b. Singkat, menarik dan memberikan sugesti
c. Jelas, logis dan disertai fakta tambahan
d. Sopan, jelas dan membuat hati bahagia

5) Salah satu perbuatan yang bisa menjaga persatuan dan kesatuan di masyarakat seperti ….
a. Bergotong royong membersihkan lingkungan
b. Hidup bersih dan sehat di rumah
c. Bekerja keras siang dan malam
d. Belajar dengan rajin agar pintar

6) Contoh bentuk sikap toleransi dalam menjaga kerukunan di sekolah seperti ….
a. Memaksa teman sependapat dengan kita
b. Mempersilakan teman berdoa sesuai keyakinannya
c. Membanding-bandingkan asal daerah dan suku
d. Suka berdebat membahas hobi teman

7) Contoh kegiatan berikut ini yang menampakkan kerukunan keluarga di rumah adalah ….
a. Mengerjakan PR di kamar
b. Berkelahi dengan adik berebut mainan
c. Bangun pagi tepat waktu
d. Menonton televisi bersama-sama
8) Manfaat adanya pola lantai dalam tarian antara lain adalah ….
a. Membuat penari menjadi tambah cepat gerakannya
b. Menciptakan kekompakan antar penari
c. Menjadikan penari bisa saling bersaing
d. Membuat suara penari menjadi semakin merdu

9) Tari Kecak berasal dari daerah ….
a. Jawa Barat
b. Jawa Tengah
c. Bali 
d. Jakarta

10) Tari Kecak adalah salah satu tarian daerah yang mempunyai pola lantai ….
a. Melingkar
b. Melengkung
c. Diagonal
d. Horizontal

6. Penutup 
Demikian pembelajaran hari ini tentang iklan, persatuan dan kesatuan dalam tari daerah semoga ananda sholeh sholehah memahami penjelasan dari ibu/bapak guru, besok masuk ke tema 9 subtema 3 pembelajaran 1 tentang iklan elektronik dan zat tunggal serta campuran, apabila ada pertanyaan bisa langsung ditanyakan ke ibu guru ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi : pts hari keempat, rabu,16 oktober 2024

  PENILAIAN TENGAH SEMESTER Kelas/Semester : 5/ 1 SD AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG Assalamualaikum wr wb Good morning my students.  How are you ...